14 Rekomendasi Kado Natal Terbaik Untuk Anak-anak

kado natal untuk anak
Foto: www.freepik.com

Menjelang perayaan Natal, biasanya menjadi momen yang paling dinantikan oleh anak-anak. Agar tidak membuatnya kecewa, maka kamu perlu menyiapkan hadiah yang dapat membuatnya merasa senang. Pastikan barang tersebut aman untuk digunakan dan bisa dimanfaatkan dengan baik. Berikut 14 rekomendasi kado Natal untuk anak yang bisa menjadi inspirasimu.

Tips Memberikan Hadiah Natal

kado natal untuk anak
Foto: www.xframe.io

Ingin memberikan hadiah untuk anak di hari Natal? Ini tipsnya.

Sesuaikan dengan usia

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat akan memberikan hadiah Natal adalah menyesuaikannya dengan usia anak. Untuk usia di bawah satu tahun, maka bisa memberikan boneka atau mainan yang lunak.

Sementara untuk usia di atas tiga tahun, cobalah untuk memberikan mainan Lego atau puzzle yang bisa membantu meningkatkan perkembangan otaknya.

Berikan hadiah yang berbeda tiap tahunnya

Karena Natal dirayakan setiap tahunnya, maka cobalah untuk memberikan hadiah yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika kamu telah menghadiahinya mainan di tahun lalu, maka cobalah untuk membeli pakaian di tahun ini.

Sesuaikan dengan hobi

Ingin memberikan hadiah yang bermanfaat? Kamu bisa meberikan kado Natal untuk anak yang sesuai dengan hobi atau kegemarannya.

Berkat hal tersebut, buah hati pun merasa didukung oleh orang tua untuk melakukan hal tersebut. 

Pastikan hadiahnya aman

Saat memilih kado Natal untuk anak, pastikan kamu memilih hadiah secara teliti dengan memerhatikan bahan yang digunakan. Hal ini bisa kamu terapkan saat akan membeli mainan, pakaian, sepatu, atau barang lainnya.

Tujuannya agar anak merasa nyaman dan aman saat menggunakannya.

Rekomendasi Kado Natal

Foto: www.unsplash.com

Berikut 14 rekomendasi kado Natal untuk anak.

Pakaian anak

Sebagai orang tua pasti ingin anaknya tampil dengan menawan di hari yang spesial. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menghadiahi buah hati dengan pakaian baru yang bisa ia gunakan saat Natal.

Cobalah untuk memilih potongan atasan dan bawahan secara teliti dengan memerhatikan bahan yang digunakan.

Hal ini untuk memastikan bahwa anak akan merasa nyaman saat menggunakannya. Bungkuslah kado Natal untuk anak ini dengan rapi, kemudian tambahkan kartu ucapan yang ditulis dengan penuh kasih sayang. 

Alat tulis

Memberikan hadiah alat tulis merupakan ide yang menarik. Soalnya anak-anak memang membutuhkan peralatan tersebut  untuk menyambut tahun ajaran baru.

Kamu bisa memberikan satu set alat tulis yang terdiri dari pensil, pulpen, hingga krayon yang dapat menunjang mereka untuk belajar.

Mainan masak-masakan

Selain menyenangkan, bermain juga bisa menjadi salah satu cara terbaik bagi anak untuk belajar. Permainan masak-masakan pun bisa menjadi cara untuk mengembangkan kecerdasan akademi, kognitif, dan sosial anak.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu ingin memberikan mainan tersebut sebagai kado Natal untuk anak. Soalnya permainan favorit kebanyakan anak ini dapat berfungsi untuk membantu tumbuh kembangnya.

Aksesoris

Agar anak tampil semakin menawan ketika Natal, maka kamu bisa memberikan hadiah berupa aksesoris lucu. Mulai dari jepit rambut, gelang, topi, hingga tas, barang-barang tersebut bisa membuat penampilannya semakin sempurna.

Kamu juga bisa memilih aksesoris berwarna hijau, merah, atau putih yang identik dengan suasana hari raya ini.

Lego

Bermain menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi anak. Menjelang Natal, orang tua pun bisa memberikan kado dalam bentuk mainan yang bermanfaat. Misalnya seperti Lego yang bisa meningkatkan daya kreativitas buah hati.

Nantinya buah hati bisa menyusun sekumpulan balok plastik tersebut menjadi berbagai bentuk sesuai dengan instruksinya. Orang tua juga bisa menemani dan membantu jika anak merasa kesulitan saat menyusunnya.

Botol minum

Meski menjadi hadiah yang umum, namun kebanyakan anak-anak memang senang jika diberikan kotak makan dan botol minum dengan gambar karakter kesukaannya. Kado Natal ini pastinya juga akan bermanfaat bagi buah hati, karena bisa ia bawa ke sekolah.

Jika anak menyukai berbagai macam karakter favoritnya, kamu bisa memilih satu hingga dua karakter. Atau cobalah untuk menanyakan secara langsung siapa tokoh yang paling disukai olehnya.

Mainan robot

Biasanya mainan robot-robotan memang identik dengan anak laki-laki, tetapi tak jarang anak perempuan pun banyak yang menyukainya.

Selain hadiah ini nantinya dapat menambah koleksi robot-robotan anak, ternyata juga memiliki manfaat lainnya. Mulai dari meningkatkan imajinasi anak hingga melatih keterampilan motorik halus.

Oleh karena itu, mainan robot pun bisa dijadikan sebagai salah satu inspirasi kado Natal untuk anak yang sangat bermanfaat.

Hewan peliharaan

Jika buah hati sudah cukup besar dan memiliki ketertarikan pada binatang, orang tua pun bisa memberinya hewan peliharaan sambil mengajarkannya untuk bertanggung jawab. Akan tetapi pastikan seluruh anggota keluarga tidak memiliki alergi terhadap hewan tertentu.

Memberikah  hewan peliharaan sebagai kado Natal untuk anak juga dapat membantunya untuk mengelola emosi. Hamster pun bisa menjadi salah satu binatang yang dijadikan hadiah, karena hewan imut tersebut lebih mudah untuk dirawat.

Alat musik

Ketika buah hati memasuki usia tiga sampai lima tahun, kebanyakan orang tua mulai giat untuk menggali potensi anak.

Cara mudah untuk mencobanya adalah dengan memberikan alat musik yang memiliki berbagai manfaat. Tidak hanya membuat anak senang, menghadiahkan alat musik juga dapat meningkatkan kemampuan otak anak.

Penting untuk diingat, orang tua juga perlu memperhatikan ketertarikan dari buah hati terhadap alat musik yang telah diberikan. 

Sepeda

Sebagai orang tua pastinya ingin memberikan segala sesuatu yang baik demi mendukung perkembangan anak. Oleh karena itu, cobalah untuk memberikan sepeda sebagai kado Natal.

Selain dijadikan sebagai hadiah, produk ini juga dapat membantu anak untuk lebih percaya diri dan melatih konsentrasinya.

Jika buah hati belum bisa mengayuh sepeda, maka kamu bisa memberikan balance bike yang memang dirancang tanpa pedal. Nantinya hal ini juga dapat membantu melatih keseimbangan anak.

Bola

Untuk mendukung buah hati agar bergerak aktif, cobalah untuk memberikan bola basket sebagai hadiah. Nantinya energi anak pun akan lebih tersalurkan dengan baik. Selain itu kado tersebut juga menjadi salah satu upaya untuk menyukai olahraga.

Tidak berhenti sampai di sana, memberikan barang tersebut juga bisa sekaligus meningkatkan hubungan anak dengan orang tua. Di mana nantinya ayah dan ibu bisa mengajaknya untuk bermain bersama.

Boneka

Kado Natal untuk anak selanjutnya adalah boneka. Hadiah ini akan cocok untuk semua suasana dan bahkan hampir disukai oleh kebanyakan anak, baik itu perempuan maupun laki-laki. Pastikan kamu memperhatikan kualitas bahan dari boneka tersebut.

Agar semakin membuatnya merasa senang, kamu juga bisa memberikan boneka yang sesuai dengan tokoh kartun kesukaannya.

Liburan bersama

Ingin memberikan hadiah yang berkesan bagi anak di hari Natal? Cobalah untuk mengajaknya berlibur bersama seluruh anggota keluarga.

Orang tua bisa menyiapkan beberapa destinasi pilihan, seperti taman bermain, tempat rekreasi, atau kebun binatang.

Selain itu, kamu juga bisa bertanya kepada buah hati terlebih dahulu terkait tempat apa yang ingin ia kunjungi. Sehingga nantinya acara berlibur ini akan menjadi semakin mengesankan baginya.

Sepatu

Tidak hanya orang dewasa, sepatu juga menjadi benda penting yang wajib dimiliki oleh anak-anak. Jika akhir-akhir ini buah hati mengeluhkan bahwa merasa tidak nyaman memakai alas kakinya, maka ini kesempatan baik untukmu memberikan sepatu sebagai kado untuk Natal.

Jangan pernah lupa untuk memerhatikan kualitas, bahan, serta model sepatu yang akan dijadikan hadiah. Serta pastikan kamu memilih ukuran yang sesuai dengan kaki anak.