Ini 4 Manfaat Utama Dan Cara Pakai Masker Gelatin Yang Aman

cara pakai masker gelatin
Foto: www.canva.com

Masker gelatin menjadi salah satu perawatan kulit yang masih populer hingga saat ini karena dianggap bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Namun pastinya kamu perlu mengetahui cara pakai masker gelatin yang tepat.

Meski aman, namun dengan mengetahui cara pakai masker gelatin yang benar maka kamu bisa mencegah munculnya efek samping dari penggunaannya.

Terus gulir artikel ini sampai habis untuk menemukan beragam manfaat dari masker gelatin yang baik untuk kesehatan kulit.  

Apa Itu Gelatin?

cara pakai masker gelatin
Foto: www.canva.com

Gelatin merupakan protein turunan dari kolagen yang berasal dari hewan, baik itu dari tulang atau tulang rawan. Kolagen sendiri merupakan protein yang paling banyak ditemui dalam tubuh.

Di mana fungsinya adalah menyusun berbagai jaringan, mulai dari kulit, sendi, kuku, rambut, hingga tulang. Salah satu contohnya adalah meningkatkan fleksibilitas kulit dan kekuatan tendon.

Kabar baiknya, kamu bisa memperoleh gelatin dengan cara yang mudah, yakni dengan merebusnya ke dalam air. Selama proses ekstraksi kamu tidak akan melihat adanya gelatin, karena protein ini larut dalam air hangat.

Namun ketika air telah dingin, nantinya akan muncul lapisan yang menyerupai jeli dengan warna yang sedikit keruh.

Manfaat Gelatin untuk Kesehatan Kulit

Foto: www.xframe.io

Tinggi protein

Meski hampir sepenuhnya terbuat dari protein, gelatin merupakan protein yang tidak lengkap. Karena hanya mengandung 98-99% protein dan tidak memiliki semua asam amino esensial.

Namun ini bukanlah sebuah masalah yang besar, karena kamu tidak mungkin hanya mengonsumsi gelatin sebagai sumber protein.

Berikut asam amino yang terkandung di dalam gelatin yang berasal dari mamalia:

  • Glisin: 27%
  • Prolin: 16%
  • Valin: 14%
  • Hidroksiprolin: 14%
  • Asam glutamate: 11%

Komposisi ini akan bervariasi karena bergantung pada jenis jaringan hewan yang digunakan. Namun menariknya, gelatin mengandung glisin yang sangat tinggi, salah satu asam amino yang penting untuk kesehatan.

Melembapkan kulit

Gelatin telah dipercaya dapat memperbaiki penampilan kulit. Sehingga tak jarang protein ini digunakan sebagai salah satu perawatan wajah.

Menurut sebuah penelitian, wanita yang makan sekitar 10 gram kolagen babi atau ikan selama delapan minggu, mengalami peningkatan kelembapan kulit. Perlu diingat bahwa kolagen merupakan komponen utama dari gelatin.

Meningkatkan kepadatan kolagen kulit

Tidak kalah penting, gelatin juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang terdapat di lapisan bawah kulit.

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian, di mana wanita yang makan 10 gram kolagen ikan secara rutin selama 84 hari, memiliki kepadatan kolagen kulit yang meningkat secara signifikan.

Mencegah penuaan dini

Seiring dengan bertambahnya usia, maka produksi kolagen juga akan menurun. Dan hal ini bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan kulit, seperti kerutan wajah, flek hitam, dan keriput.

Baca Juga :  Apa Saja Kegunaan Belerang Untuk Kulit? Ini Penjelasan Dermatolog

Untungnya, gelatin dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Sehingga nantinya wajah akan terasa lebih sehat dan terhindar dari penuaan dini.

Cara Membuat Masker Gelatin

Foto: www.rawpixel.com

Untuk mendapatkan manfaat dari gelatin, maka kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Menariknya, ini bisa dilakukan dengan mudah, karena hanya perlu menyiapkan bubuk gelatin tanpa perasa, pewarna, atau zat tambahan lainnya.

Untuk melarutkan gelatin, kamu bisa menggunakan air hangat. Namun beberapa orang juga menambahkan beberapa bahan, seperti whole milk, madu, atau yoghurt ke dalamnya.

Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan masker gelatin yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Setelah bahan-bahan tercampur rata, masukkan campuran masker ke dalam microwave dan panaskan selama 10 detik. Nantinya masket akan memiliki tekstur yang kental seperti lem.

Cara Pakai Masker Gelatin

cara pakai masker gelatin
Foto: www.freepik.com

Untuk memakai masker gelatin yang aman, pastikan kamu mengaplikasikannya dalam keadaan tidak panas.

Oleh karena itu, setelah dikeluarkan dari microwave, sebaiknya tunggu masker selama beberapa menit hingga suhunya berubah menjadi hangat. Kemudian kamu bisa mulai mengoleskannya pada wajah dengan merata.

Lalu, diamkan masker menempel pada wajah selama beberapa menit. Ketika sudah mengering, kamu bisa mengelupaskannya secara perlahan, seperti mengelupas masker peel off. Dan mulailah melepaskannya dari bagian bawah wajah.

Cara pakai masker gelatin yang aman adalah sebanyak dua kali dalam seminggu. Karena walaupun termasuk ke dalam bahan yang aman, namun dalam beberapa kondisi tertentu bisa saja terjadi efek samping yang tidak diinginkan.

Seperti munculnya reaksi alergi hingga iritasi. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan uji tempel terlebih dahulu untuk melihat reaksinya.

Oleskan sedikit masker gelatin di area punggung tangan atau belakang siku, kemudian tunggu hingga 10 menit. Jika muncul reaksi gatal, kemerahan, dan bengkak, maka jangan gunakan masker ini ke dalam wajah.

Kesimpulan

Foto: www.freepik.com

Gelatin sangat kaya akan protein dan memiliki asam amino unik yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, terutama pada kulit. Tak heran bahwa akhir-akhir ini banyak orang yang menggunakan masker gelatin.

Mulai dari melembapkan hingga mengurangi tanda-tanda penuaan dini, masih banyak dampak baik dari bahan alami yang satu ini.

Jika ingin memperoleh manfaatnya, maka kamu perlu memastikan telah mengetahui cara membuat dan memakai masker gelatin yang tepat. Yang paling penting, lakukan uji coba terlebih dahulu sebelum mengoleskannya ke seluruh area wajah.