7 Cara Memakai Bio Oil untuk Mendapat Berbagai Manfaatnya bagi Kesehatan Kulit

cara pakai bio oil
Foto: www.gettyimages.com

Pemerhati kesehatan kulit atau beauty enthusiasts pasti sudah sering mendengar tentang produk ini: Bio Oil. Untuk menyegarkan ingatan, produk Bio Oil merupakan minyak yang mengandung perpaduan vitamin dan ekstrak tumbuhan alami. Produk kecantikan ini mengandung vitamin A dan E, minyak lavender, chamomile, rosemary, dan calendula, serta mengandung purcelling oil, yang dapat membantu memudahkan bahan lain untuk terserap dalam kulit wajah. Dan ada banyak cara pakai Bio Oil untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

Bahan-bahan yang terkandung dalam Bio Oil ternyata dapat menghasilkan beberapa manfaat bagi wajah. Sebut saja vitamin A dan E memiliki kemampuan untuk meningkatkan pergantian sel kulit serta minyak calendula dan lavender yang dapat membantu menenangkan. Namun hal ini harus dilakukan dengan rutin agar mendapatkan hasil maksimal. 

Mau tahu bagaimana cara pakai Bio Oil agar segala manfaatnya dinikmati kulit? Baca terus artikel ini sampai habis.

Mengurangi Kerutan di Wajah

Bio Oil mengandung vitamin A yang berasal dari retinol, untuk itu produk ini dapat menghaluskan kerutan dan mengobati jerawat. Minyak nabati yang digunakan dalam kandungan Bio Oil bersifat dehidrasi yang dapat membuat kulit menjadi kenyal dan mengurangi munculnya kerutan pada wajah.

Cara pakai Bio Oil untuk mengurangi kerutan pada wajah yakni dengan menuangkan 2 tetes cairannya ke telapak tangan kemudian oles ke area wajah yang rentan akan kerutan seperti di area bibir. Untuk hasil yang maksimal, kamu perlu melakukan dengan rutin sebanyak 2 kali dalam sehari dan dalam jangka waktu 2-3 bulan. 

Menyamarkan Bekas Jerawat

Ketika jerawat muncul di wajah, hal yang paling menjadi masalah adalah bekas jerawat. Bio Oil dapat membantu menyamarkan bekas jerawat, terlebih ketika adanya bekas jerawat baru. Bekas jerawat dibagi menjadi empat kategori yakni,

  • Pockmark. Pockmark atau biasa disebut bopeng, merupakan bekas jerawat yang sulit hilang. Dengan berbentuk cekung seperti lubang atau lekukan yang terjadi akibat lapisan kulit wajah mengalami kerusakan akibat jerawat.
  • Ice Pick Scars. Jenis jerawat yang lebih dalam bahkan bisa mencapai lapisan epidermis. Ice pick scars berbentuk seperti bekas lubang yang dihasilkan oleh alat pemecah es. Jenis jerawat ini sering ditemui di area pipi, dagu, dan rahang.
  • Rolling scars. Bekas jerawat ini merupakan akibat dari jerawat yang meradang dalam jangka waktu yang cukup lama dan berbentuk lebih dangkal. Jenis bekas jerawat ini membuat tekstur kulit tidak rata dan terasa kasar. 
  • Boxcar scars. Bekas jerawat ini memiliki bentuk yang melebar dan cukup dalam. Batas-batas bekas jerawat yang terkesan seperti box ini terjadi karena kerusakan kolagen akibat jerawat yang meradang. 
Baca Juga :  Lakukan Perawatan Tubuh dengan 8 Rekomendasi Body Scrub Ini

Bio Oil dapat digunakan pada keempat kategori bekas jerawat tersebut, namun jika kulitmu pecah-pecah dan berdarah, maka tidak disarankan untuk menggunakan produk ini.

Kandungan vitamin A dalam Bio Oil dapat membantu pengelupasan kulit dan mendorong pembentukan sel-sel kulit baru, untuk itu dapat mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat. Selain itu dengan adanya kandungan vitamin E dalam Bio Oil, maka dapat mengurangi munculnya bekas luka. 

Cara pakai Bio Oil untuk menyamarkan bekas jerawat adalah dengan mencuci tangan terlebih dahulu untuk menjaga wajah supaya terhindar dari kotoran, kemudian tuangkan 2 tetes ke telapak tangan. Lalu oleskan Bio Oil ke area yang terdapat bekas jerawat.

Kamu bisa mengoleskan sambil memijat secara lembut searah jarum jam sehingga minyak ini dapat meresap pada kulit wajah. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali dalam sehari dan dalam waktu 3 bulan untuk melihat hasilnya. 

Mengurangi Flek Hitam

Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa Bio Oil dapat mengatasi hiperpigmentasi atau yang biasa dikenal flek hitam yang disebabkan oleh genetika atau paparan sinar ultraviolet (UV). Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa 86 persen orang yang menggunakan Bio Oil selama 12 minggu menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penampilan warna kulit yang tidak merata.

Mengurangi flek hitam dengan menggunakan Bio Oil dapat dilakukan dengan cara menuangkan Bio Oil ke telapak tangan dan oleskan serta tepuk dengan lembut ke area yang terdapat flek hitam. Coba gunakan 2 kali sehari secara rutin selama 2 bulan untuk mengetahui hasilnya. 

Mengatasi Rambut Bercabang

Dengan penggunaan Bio Oil secara rutin dapat membantu melembutkan rambut. Karena minyak yang terkandung dalam produk ini dapat membantu menguatkan helaian rambut, sehingga dapat mengurangi rambut bercabang. 

Baca Juga :  Tanya Ahli: Bagaimana Cara Memilih Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil?

Cara pakai Bio Oil untuk mengurangi rambut bercabang adalah dengan menuangkan 2-3 tetes ke telapak tangan, kemudian usap-usap kedua tanganmu lalu sisirkan ke rambut.  Kamu bisa melakukan perawatan ini minimal sehari sekali terutama setelah mandi. 

Makeup Remover

Seperti penggunaan oil cleanser yang berfungsi untuk menghapus makeup di wajah, ternyata Bio Oil dapat juga berfungsi sebagai oil cleanser. Kamu bisa menuangkan 2 tetes Bio Oil ke atas kapas kemudian usapkan kapas ke seluruh area wajah yang terkena makeup. Setelah menggunakan produk ini, jangan lupa untuk membilas wajah dengan cleanser untuk mengangkat sisa minyak di wajah.

Menghaluskan Kutikula Kuku

Ternyata kamu bisa menggunakan Bio Oil untuk membantu menghaluskan kutikula kukumu. Cara pakai Bio Oil untuk menghaluskan kutikula kuku dengan menuang 1 tetes minyak ini pada masing-masing kuku kemudian usap dan pijat secara lembut. Hal ini akan mencegah kutikula kuku menjadi kering, pecah, ataupun retak. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa melakukan perawatan ini setiap hari setelah mandi. 

Menyamarkan Mata Panda

Memiliki waktu tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata atau yang biasa dikenal dengan mata panda. Bio Oil dapat membantu mengurangi tampilan lingkaran mata panda dengan cara mengoleskan 1-2 tetes minyak ini kemudian pijat lembut mata panda selama 2 kali sehari. Untuk melihat hasilnya, kamu harus menggunakannya secara rutin selama 3 bulan.

Selanjutnya: 13 Rekomendasi Clay Mask untuk Wajah Berminyak.