Mengenal Pengobatan Ayurveda Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

ayurveda
Foto: www.unsplash.com

Pernahkah kamu mendengar Ayurveda? Metode pengobatan tertua di dunia ini mengajak manusia untuk hidup lebih sehat.

Menariknya metode ini dapat diterapkan dengan mudah, yakni mengaplikasikan pola makan dan gaya hidup sehat.

Apa Itu Ayurveda?

ayurveda
Foto: www.unsplash.com

Ayurveda merupakan salah satu bentuk pengobatan tertua di dunia yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Pengobatan ini menggabungkan kesehatan fisik, psikologis, dan spiritual.

Ayurveda berfokus pada penyembuhan seluruh tubuh dan menyatakan bahwa dosha atau tiga pasang energi seseorang dipengaruhi oleh keseimbangan tubuh, pikiran, dan jiwa manusia itu sendiri.

Ayurveda dan Doshas

ayurveda
Foto: www.unsplash.com

Pengobatan ini didasarkan pada gagasan bahwa dunia terdiri dari lima elemen, yakni aakash (ruang), jala (air), prithvi (bumi), teja (api), dan vayu (udara).

Kombinasi dari setiap elemen ini menghasilkan tiga pasangan energi (dosha) yang dikenal sebagai vata, kapha, dan pitta. Doshas ini diyakini bertanggung jawab atas kesehatan fisiologis, mental, dan emosional seseorang.

Setiap orang dikatakan memiliki rasio unik dari setiap dosha, biasanya terdapat salah satu pasangan energi yang lebih menonjol dibanding yang lainnya. Misalnya, seseorang mungkin sebagian besar pitta, sementara yang lain mungkin sebagian besarnya vata.

Vata

Vata sebagian besar terdiri dari dua elemen udara dan ruang. Umumnya digambarkan sebagai dingin, ringan, kering, kasar, mengalir, dan luas. Musim gugur mewakili vata karena hari-harinya yang sejuk dan segar.

Mereka yang memiliki vata dosha biasanya digambarkan sebagai pribadi yang bersemangat dan kreatif. Tak hanya itu, mereka juga dikenal karena sering out of the box tetapi dapat dengan mudah terganggu.

Terlebih lagi, suasana hati mereka sangat tergantung pada cuaca, orang-orang di sekitar, dan makanan yang dimakan.

Menurut Ayurveda, untuk kesehatan yang optimal orang yang dominan vata harus mengikuti rutinitas harian yang teratur. Dengan mengelola stress melalui meditasi dan kegiatan lainnya.

Serta menjaga suhu tubuh yang hangat dengan menghindari cuaca dingin dan mengonsumsi makanan dan minuman yang hangat.

Kapha

Kapha didasarkan pada bumi dan air. Hal ini dapat digambarkan sebagai stabil, berat, lambat, dingin, dan lembut. Musim semi dikenal sebagai musim kapha karena banyak yang perlahan-lahan keluar dari hibernasi.

Seseorang dengan dosha ini digambarkan sangat kuat, bertulang tebal, dan peduli. Mereka dikenal karena dapat menjaga segala sesuatunya agar tetap bersama, dan menjadi sistem pendukung bagi orang lain.

Orang yang dominan kapha, biasanya jarang merasa kesal, berpikir sebelum bertindak, dan menjalani hidup dengan lambat serta hati-hati.

Untuk kesehatan yang baik, orang yang dominan kapha harus fokus pada olahraga yang teratur, diet sehat, serta menjaga suhu tubuh yang hangat dengan duduk di sauna atau makan makanan hangat. Selain itu bisa juga dengan membangun rutinitas tidur yang teratur.

Pitta

Didasarkan pada api dan air, pitta dosha dikenal dengan kepribadian yang ulet. Biasanya digambarkan sebagai panas, ringan, tajam, berminyak, dan cair. Musim panas dikenal sebagai musim pitta karena hari-harinya yang cerah dan panas.

Biasanya orang dengan pitta dikatakan memiliki tubuh yang berotot, atletis, dan berfungsi sebagai pemimpin yang kuat. Mereka sangat termotivasi, berorientasi pada tujuan, dan kompetitif.

Namun sifat agresif dan ulet mereka dapat membuat beberapa orang tidak nyaman, bahkan mungkin bisa menyebabkan konflik.

Mereka yang memiliki dosha dominan pitta, harus fokus pada keseimbangan kehidupan kerja dan menghindari panas yang ekstrem, seperti cuaca dan makanan yang pedas.

Cara Mempraktikkan Ayurveda

cara mempraktikkan ayurveda | | Mengenal Pengobatan Ayurveda Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan
Foto: www.freepik.com

Ayurveda percaya bahwa pengobatan ini mampu mencapai keseimbangan dan harmoni. Untuk setiap dosha, ada makanan yang direkomendasikan, olahraga, dan praktik gaya hidup untuk mencapai keseimbangan.  

Pola makan

Meski terdapat bukti yang terbatas, namun diet Ayurveda yang berdasarkan dosha seseorang diyakini dapat membantu mereka menyeimbangkan pasangan energi dan mencapai kesehatan yang optimal.

Ketika seseorang merasa tidak seimbang, disarankan untuk menghindari makanan yang mirip dengan dosha mereka. Selain itu, mungkin seseorang juga perlu mengubah pola makanannya berdasarkan musim, seperti makan makanan hangat di musim dingin misalnya.

Untuk dosha vata disarankan untuk mengonsumsi makanan hangat dan lembut, seperti pisang, buah peach, sayuran yang telah dimasak, oats, nasi merah, telur, dan produk susu.

Sementara untuk kapha, dianjurkan untuk memakan makanan pedas, asam, dan yang mengenyangkan. Seperti sebagian besar buah, sayuran, biji-bijian, telur, keju rendah lemak, daging yang tidak proses, serta rempah-rempah.

Sedangkan untuk dosha pitta, kamu bisa mengonsumsi makanan ringan, dingin, manis, dan berenergi, seperti buah-buahan, sayuran tanpa tepung, oat, dan telur.

Banyak orang mengklaim bahwa mereka merasa lebih baik dengan diet Ayurveda. Namun tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa hal tersebut dapat membantu menyeimbangkan dosha seseorang atau pencernaan yang berubah berdasarkan waktu dalam setahun.

Sebagian besar makanan yang direkomendasikan dalam diet bisa bermanfaat bagi kesehatan, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan olahan lainnya. Namun sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli untuk menyusun pola dietmu.

Olahraga

Ternyata olahraga yang dipilih juga dapat bergantung pada dosha yang kamu miliki.

Vata

Mereka yang memiliki dosha dominan vata, harus fokus pada aktivitas yang melibatkan gerakan konstan, seperti bersepeda, berlari, berjalan, yoga, atau tai chi.

Kapha

Sementara pada dosha kapha, paling baik dengan fokus pada kombinasi latihan kardio dan ketahanan berat agar tetap tertarik dan termotivasi. Setiap jenis gerakan akan sangat bermanfaat bagi kelompok yang satu ini.

Pitta

Untuk pitta, harus menghindari berolahraga di cuaca yang panas. Olahraga tim menjadi cara terbaik untuk tetap aktif sambil memuaskan daya saing alami dari dosha yang satu ini.

Sebagian besar penelitian tentang olahraga dan Ayurveda mencakup gerakan lambat dan lembut, seperti yoga dan tai chi.

Latihan-latihan ini telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti peningkatan kualitas hidup, kebugaran fisik, dan manajemen stres.

Meski disarankan untuk memilih jenis olahraga tertentu yang sesuai dengan kepribadian dan kepekaan seseorang, namun tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa hal tersebut efektif.

Gaya hidup

Pengobatan Ayurveda mendorong penyembuhan seluruh tubuh yang meliputi kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Ini bisa mencakup praktik seperti yoga, meditasi, makan dengan penuh perhatian, kebersihan tidur. Selain itu, menghabiskan waktu sendiri atau bersama orang lain, dan mengelola keseimbangan kehidupan kerja.

Secara khusus, disarankan untuk memiliki rutinitas harian yang mencakup praktik gaya hidup sehat ini. Dalam Ayurveda, rutinitas ini diyakini dapat membuatmu untuk tetap sinkron dengan elemen dan meningkatkan kesehatan.

Menariknya, satu penelitian menemukan bahwa orang yang dominan vata lebih cenderung mengalami kurang tidur. Sementara orang yang dominan kapha lebih cenderung kesiangan dan tidur siang.

Meski tidak banyak penelitian yang mendukung elemen dan rutinitas Ayurveda, namun rutinitas harian dan perencanaan hari dikaitkan dengan kebiasaan gaya idup yang lebih sehat, seperti berolahraga, makan sehat, dan kualitas tidur yang lebih baik.

Terlebih lagi, menggabungkan perhatian dan meditasi telah terbukti menurunkan stres dan meningkatkan kualitas hidup, kreativitas, dan pengambilan keputusan.

Kesimpulan

keseimbangan yang optimal | | Mengenal Pengobatan Ayurveda Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan
Foto: www.freepik.com

Pengobatan Ayurveda masih banyak digunakan hingga saat ini karena fokus pada penyembuhan seluruh tubuh. Menurut pengobatan yang satu ini, dosha yang tidak seimbang dapat menyebabkan kesehatan dan penyakit yang buruk.

Oleh karena itu, memilih makanan, olahraga, dan kebiasaan gaya hidup berdasarkan dosha diyakini dapat meningkatkan kesehatan dan keseimbangan yang optimal.