9 Alat  Yang Wajib Disiapkan Saat Ingin Manicure Pedicure Di Rumah

alat manicure pedicure
Foto: www.freepik.com

Selain merawat kulit, pastinya kamu juga tidak boleh lupa untuk melakukan perawatan kuku secara rutin. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan alat manicure pedicure, baik itu dilakukan di salon atau di rumah.

Meski alat manicure pedicure yang digunakan sama, namun arti dan fungsi dari kedua istilah tersebut berbeda. Manicure sendiri dilakukan untuk perawatan kuku tangan, sedangkan pedicure adalah perawatan untuk kuku kaki.

Baca artikel ini sampai habis untuk menemukan perbedaan lebih lanjut antara manicure pedicure dan alat-alat yang diperlukan untuk mempercantik kuku.

Perbedaan Manicure dan Pedicure

alat manicure pedicure
Foto: www.freepik.com

Meski sering dianggap sama, namun pengaplikasian dari manicure dan pedicure sangatlah berbeda.

Manicure

Manikur merupakan perawatan yang ditujukan untuk kuku jari tangan. Ketika melakukan perawatan ini, kuku tangan akan dipotong dan ditata dengan tujuan untuk membuatnya terlihat lebih cantik.

Proses dari manikur sendiri terdiri dari perawatan, pembentukan, hingga menggunakan cat kuku untuk menjadikannya semakin indah. Bahkan terkadang, kamu juga bisa melakukan pembersihan kutikula kuku.

Selain itu, tambahkan juga beberapa pijatan pada bagian ujung jari. Pemberian pijatan ini bisa dimulai dari telapak tangan, ujung jari, hingga area siku.

Sehingga nantinya selain merawat, manicure ini juga bisa menjadi salah satu kegiatan relaksasi yang menyenangkan.

Pedicure

Perbedaan pedicure dengan manicure terletak pada area penerapannya. Pedikur merupakan proses perawatan pada bagian kuku kaki.

Secara khusus pedikur ini membersihkan kuku kaki yang tumbuh ke bagian dalam, kuku yang manggantung, atau kuku yang rapuh. Tujuan dari perawatan ini sendiri adalah untuk membuat jari kaki dan area sekitarnya menjadi lebih sehat.

Apalagi biasanya kaki menjadi bagian yang lebih sering tertutup atau justru terbuka dan bisa menyentuh apa pun. Sehingga kita tetap perlu menjaga kondisinya agar tetap sehat dan higienis.

Proses perawatan yang satu ini di antaranya adalah menyikat kaki, memotong, membersihkan, serta membentuk kuku kaki agar menjadi lebih indah. Serta bisa juga ditambahkan dengan pembersihan kutikula kuku dan pewarnaan kuku.

Kamu juga bisa merendam kaki dengan menggunakan air hangat dan memberikan pijatan lembut untuk memberikan efek relaksasi.

9 Alat Manicure Pedicure

alat manicure pedicure
Foto: www.freepik.com

Berikut perlengkapan penting untuk manikur dan pedikur di rumah:

Eksfoliator

CISTY Alat Penghalus Tumit Kaki Elektrik Penghilang Kapalan | | 9 Alat  Yang Wajib Disiapkan Saat Ingin Manicure Pedicure Di Rumah
CISTY – Alat Penghalus Tumit Kaki Elektrik Penghilang Kapalan

Alat manicure pedicure yang satu ini berfungsi untuk membantu menghilangkan kulit yang kasar dan kering yang biasanya menumpuk di bagian tumit.

Setelah merendam kaki di dalam air hangat selama 15 menit, kamu bisa menggunakan batu apung untuk menggosok kulit mati.

Ini akan menjadi langkah yang penting untuk mendapatkan hasil akhir yang halus dan lembut.

Pendorong kutikula

Distributor Nail Art Cuticle Pusher | | 9 Alat  Yang Wajib Disiapkan Saat Ingin Manicure Pedicure Di Rumah
Distributor Nail Art – Cuticle Pusher

Fungsi dari alat ini adalah untuk membantu menghilangkan kutikula berlebih yang ada di dasar kuku, baik itu di kedua tangan atau kaki. Untuk menggunakannya, sangat disarankan agar tidak memotong kutikula.

Kamu hanya perlu mendorongnya ke belakang dengan cara yang lembut. Untungnya terdapat beberapa jenis alat yang beredar di pasaran.

Mulai dari kutikula berbahan logam, plastik, hingga kayu. Jika kamu memiliki kutikula yang lembut, cobalah untuk menggunakan pendorong kutikula kayu.

Kutikula remover

alat manicure pedicure
modern.lashes – Alat Pembersih Kutikula

Ini merupakan alat opsional yang tidak wajib kamu gunakan. Namun beberapa orang akan menggunakannya sebelum mengaplikasikan alat pendorong kutikula.

Fungsi dari kutikula remover adalah untuk membantu melembutkan kulit di sekitar kuku.

Penjepit kutikula

Solingen Cuticle Nipper | | 9 Alat  Yang Wajib Disiapkan Saat Ingin Manicure Pedicure Di Rumah
Solingen – Cuticle Nipper

Produk yang satu ini memiliki fungsi untuk memastikan ujung kuku yang bersih dan sempurna. Biasanya alat ini digunakan untuk memotong kuku yang tumbuh ke dalam, serta untuk merawat kutikula yang keras dan kulit yang kering.

Cara menggunakannya adalah dengan menggerakannya ke atas. Ini bertujuan untuk mengangkat kulit mati kutikula dan menghindarinya jatuh di area kuku.

Krim kutikula

Mavala Cuticle Cream 15ml | | 9 Alat  Yang Wajib Disiapkan Saat Ingin Manicure Pedicure Di Rumah
MAVALA – Cuticle Cream 15ml

Menggunakan penjepit dan pendorong kutikula, sering kali menyebabkan kulit dan ujung kuku menjadi kering. Oleh karena itu, kamu membutuhkan alat yang satu ini.

Sebab dengan mengoleskan krim kutikula atau minyak zaitun dapat membantu mengunci kelembapan yang hilang. Serta melindungi kulit dari kerusakan dan jaringan di sekitar area tersebut.

Gunting kuku

Locally Blend Nail Clipper Small Type A2 Pink | | 9 Alat  Yang Wajib Disiapkan Saat Ingin Manicure Pedicure Di Rumah
Locally Blend – Nail Clipper Small Type A2 Pink

Barang yang satu ini hampir tersedia di seluruh rumah. Gunting kuku merupakan alat untuk memotong kuku agar terlihat lebih rapi dan bersih.

Alat ini juga bertujuan untuk membuat kuku menjadi lebih sehat.

Pengikir kuku

alat manicure pedicure
Holika Holika – Magic Tool Nail Shining Two Way Buffer

Selanjutnya, jangan sampai kamu melewatkan penggunaan alat pengikir kuku. Sebab produk ini bisa membantmu untuk mendapatkan kuku yang cantik.

Kamu bisa menggunakannya setelah kuku selesai dipotong. Cobalah untuk mengikir kuku secara lurus dan satu arah.

Penghapus cat kuku

Mavala Nail Polish Remover Pad 30pcs | | 9 Alat  Yang Wajib Disiapkan Saat Ingin Manicure Pedicure Di Rumah
MAVALA – Nail Polish Remover Pad 30pcs

Jika kamu sering menggunakan kuteks kuku, maka barang yang satu ini wajib tersedia di lemari. Sebab ini akan membantumu untuk menghapus dan mengangkat pewarna kuku.

Pilihlah penghapus cat kuku yang mengandung bahan-bahan aman. Hindari menggunakan bahan kimia tingkat tinggi karena bisa berbahaya bagi kuku.

Pemisah kuku jari

alat manicure pedicure
mallinmall.id – 2Pcs Pemisah Jari Kaki Bahan Silikon

Mengaplikasikan cat kuku memang menjadi kegiatan yang menyenangkan namun juga melelahkan. Apalagi jika kamu pemula, maka tidak heran jika nantinya akan terlihat berantakan.

Untuk meminimalisirnya, maka cobalah menggunakan alat pemisah kuku. Agar nantinya bisa mempermudahmu untuk menggunakan cat kuku.

Selain itu, pemisah kuku jari ini juga bisa membantu meluruskan kembali persendian atau meluruskan jari kaki yang tertekuk. Bahkan, alat ini juga dapat memperlancar peredaran darah.

Tips Melakukan Manicure Pedicure di Rumah

alat manicure pedicure
Foto: www.canva.com

Tidak selalu harus dilakukan di salon, manicure dan pedicure juga bisa dilakukan di rumah. Apalagi jika kamu telah memiliki peralatan untuk menunjang kegiatan tersebut.

Berikut cara melakukan perawatan kuku tangan dan kaki di rumah:

Bersihkan area kuku

Tips pertama untuk melakukan perawatan kuku di rumah adalah mencuci tangan dan kaki dengan bersih. Jika kamu menggunakan cat kuku, maka cobalah untuk menghapusnya terlebih dahulu dengan cairan pembersih.

Rendam menggunakan air hangat

Setelah dibersihkan, rendam tangan atau kaki di dalam air hangat selama 5-10 menit. Hal ini bertujuan agar nantinya kuku bisa lebih mudah untuk dibentuk.

Gosok perlahan dan gunakan sikat khusus untuk membersihkan kuku. Setelahnya keringkan tangan atau kaki dengan menggunakan handuk.

Gunting kuku

Potonglah kuku dan bersihkan kotoran yang ada di dalam kuku. Karena telah dibasahi oleh air, biasanya kuku akan menjadi lebih lembut dan mudah untuk dipotong.

Pastikan kamu memotongnya secara lurus dan tidak menggunting sudut kuku terlalu pendek. Hal ini bisa menyebabkan ujung kuku tumbuh ke dalam.

Kemudian, gunakan pengikir kuku sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan.

Oleskan krim kutikula

Pada dasar kuku, oleskan krim kutikula dan gosok secara perlahan. Pijat dengan lembut dan dorong kembali kutikula secara melingkar dengan menggunakan pendorong kutikula.

Selain menggunakan krim kutikula, kamu juga bisa menggantinya dengan minyak zaitun.

Bersihkan kuku

Setelah itu, kamu perlu kembali membersihkan kuku untuk mengangkat sisa-sisa kotoran. Selanjutnya, keringkan menggunakan handuk dan pastikan area sela-sela jari juga telah mengering.

Usahakan untuk menggunakan pelembap agar kulit dan kuku bisa terhidrasi dengan baik.

Oleskan kuteks kuku

Langkah terakhir dan opsional adalah memoleskan cat kuku agar membuatnya terlihat lebih indah. Pastikan kamu memilih warna dan jenis kuteks yang sesuai dengan keinginan.