Kuku Kaki Terlihat Mengerikan? Ini 7 Langkah Simpel Pedikur di Rumah

pedi manicure
Foto: www.gettyimages.com

Kamu sudah berusaha keras—tapi sepertinya sudah sulit untuk pura-pura tidak tahu dan tidak melihat, terutama saat memakai sandal atau telanjang kaki sepanjang hari di rumah karena social distancing. Uh-uh, kuku kakimu membutuhkan aksi penyelamatan A.S.A.P., alias pedikur. Berhubung salon langgananmu masih tutup dan memang sebaiknya #dirumahsaja, mari melakukan pedikur simpel di rumah. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah pedi manicure simpel di rumah.

Bersihkan kaki

Sebelum menyentuh apapun, bersihkan kakimu dari segala kotoran dan debu yang membuatnya terlihat kusam. Kaki yang bersih membuat proses pedikur ini lebih bebas kuman.

Rendam kaki

Jangan lupa untuk merendam kaki karena ini adalah bagian yang terpenting. Jika kamu tidak mau repot, merendamnya di air selama 10 menit sudah lebih dari cukup. Proses perendaman ini akan membantu kulit-kulit mati lepas dari kaki. Apakah airnya harus hangat? Sesuaikan temperatur sesuai dengan kenyamananmu. Jika kamu suka merendam kaki di air dingin—lakukan. Sebaliknya, jika air hangat adalah favoritmu—silakan saja.

Bersihkan bagian kulit yang kasar

Dengan menggunakan batu gosok atau foot file, bersihkan bagian kulit yang kasar. Ingat untuk tidak menggunakan peralatan tajam untuk membersihkan bagian ini. Sebuah tips untuk mencegah bagian kasar ini menumpuk: bersihkan dengan batu gosok atau foot file satu-dua kali dalam seminggu saat kamu mandi.

Potong kuku secara lurus

Ada baiknya untuk menghindari memotong bagian ujung kuku dalam bentuk membulat untuk mencegah ingrown. Plus, membulatkan bagian ujung akan membuat kuku lebih mudah terpapar jamur. Yikes. Dan jika kamu memiliki ingrown toenails, segeralah meminta bantuan profesional untuk mengatasinya.

Persiapkan segala sesuatunya

Sebelum mengaplikasikan base coat, pastikan permukaan kuku dalam keadaan bersih. Pastikan tidak ada lagi sisa losion atau minyak kutikula yang membuat cat kuku terkelupas terlalu cepat. Caranya: celupkan sebuah tisu atau cotton pad ke dalam nail polish remover dan usapkan ke area kuku kaki. Lalu, pastikan kamu menggunakan toe separator (bisa berupa gumpalan kapas atau tisu) untuk membantu kuku teranginkan dengan baik. Toe separator juga penting untuk memastikan hasil pedikur ini sempurna.

Hias kakimu

Tibalah saatnya menghiasi kuku kaki. Begini urutannya: aplikasikan satu lapis base coat, lalu aplikasikan dua lapis cat kuku berwarna, biarkan mengering selama satu atau dua menit. Terakhir, aplikasan top coat (pastikan pilih produk yang cepat mengering).

Angkat kaki dan rileks

Yep, langkah terakhir ini sama pentingnya dengan proses lain untuk memastikan usaha keras dan karyamu tidak sia-sia. Bahkan mandi beberapa jam setelah pedikur simpel ini bisa merusak warna kuku kakimu yang sudah super cantik itu. Oleh karenanya, persis setelah pedikur, cobalah untuk berdiam diri, angkat kaki, rileks sejenak—dan nyalakan Netflix.

Selanjutnya: Itu panduan pedi manicure, dan ini tips menjaga kuku tetap bersih, sehat dan cantik sepanjang tahun.