Kuku Kering dan Seram? Atasi dengan 10 Tips Ini

Foto: www.canva.com

Saat ini, tidak hanya dompet yang kering, tapi juga kuku-kukumu. Untungnya, perawatan kuku kering tidak harus menunggu gajian. Sekarang pun—detik ini pun—bisa dilakukan agar kukumu terlihat sehat. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan.

1.      Rendam Kuku Dalam Minyak Zaitun

Gunakanlah minyak zaitun secara rutin agar kukumu akan tumbuh kuat dan halus. Cukup oleskan beberapa tetes minyak zaitun secara rutin pada kuku dan kutikulamu. Bila kuku lemah dan tipis, cobalah merendam kuku di dalam extra virgin olive oil selama 10-15 menit setiap harinya selama sebulan, kemudian dua kali seminggu. Perawatan kuku ini dapat membantu menguatkan kuku yang rusak, lemah, dan terkelupas.

2.      Gunakan Krim/Losion

Apakah kamu tahu, bahwa keadaan kulit di sekitarnya berpengaruh terhadap kesehatan kuku? Jadi, rajinlah mengoleskan losion, karena melembapkan berarti juga membantu melembapkan kuku dan kutikula. Krim kutikel dapat membantu menutrisi kutikel kuku yang kering dan rapuh dengan kandungan vitamin E di dalamnya. Oleskan krim  sekitar kuku setiap malam sebelum tidur.

3.   Gunakan Sarung Tangan

Gunakanlah sarung tangan ketika sedang membersihkan rumah, mencuci piring, dan berkebun. Deterjen dan berbagai produk pembersih dapat berdampak buruk pada kesehatan kuku; menyebabkan kuku kering dan pecah-pecah. Tanah dan berkebun juga dapat membuat kuku menjadi rusak.

4.      Konsumsi Makanan Mengandung Banyak Biotin

Kuku yang kering dan pecah-pecah menandakan bahwa tubuh kekurangan nutrisi. Itu artinya, kamu perlu menambah makanan yang kaya akan nutrisi ke dalam menu harianmu. Pastikan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak biotin seperti hati, telur matang, gandum, kembang kol, dan alpukat. Selain memiliki berbagai dampak positif bagi kesehatan, biotin dapat membantu menguatkan dan menebalkan kuku. Alhasil, kuku keringmu perlahan-lahan akan membaik dan tidak rapuh.

5.      Jangan Menggunakan Kuku Secara Berlebihan

Seberapa sering kamu mengandalkan kuku ketika membuka sesuatu, misalnya tutup botol dan menekan tombol? Jika memungkinkan, kurangi beban hidup kukumu agar tidak rusak. Gunakan peralatan lainnya ketika melakukan berbagai aktivitas serupa.

6.      Konsumsi Vitamin Setiap Hari

Berbagai vitamin menjadi asupan yang penting bagi kesehatan secara keseluruhan dan juga kesehatan kuku. Tahukah kamu, kekurangan vitamin A, C, dan kalsium dapat membuat kuku menjadi kering dan rapuh? Berbagai jenis makanan yang mengandung protein dan kalsium, seperti kacang-kacangan, salmon, sarden, sayuran hijau dan yogurt.

7.      Hindari Pembersih Cat Kuku

Siapa di sini yang punya kuku panjang tapi rapuh? Biasanya salah satu penyebabnya adalah penggunaan pembersih kutek atau cat kuku yang mengandung aseton.  Coba hindari penggunaan pembersih cat kuku lebih dari 1-2 kali setiap bulannya. Pasalnya, cairan aseton membuat kuku menjadi kering dan rusak.

8.      Pijat Daerah Kuku

Sebenarnya tips yang satu ini tidak wajib dilakukan secara rutin, hanya saja dengan memijat kuku dapat menstimulasi aliran darah ke sekitar kuku. Hal ini membantu menguatkan dan kuku tumbuh lebih panjang. Gunakanlah pelembap dan pijatlah tangan, kutikel, dan kukumu sendiri.

9.      Rutin Konsumsi Air Putih

Ah, air putih memang mengandung sejuta (lebih) manfaat. Dan ternyata tidak hanya menghilangkan dahaga, konsumsi air putih bisa membantu kamu memiliki kuku lebih sehat. Mengonsumsi air putih dapat membantu melembapkan kuku, rambut, dan kulit yang kering dan rusak.

10. Lakukan Manikur dan Pedikur (Bila Perlu)

Kuku yang terlalu kering dan pecah harus mendapatkan perawatan ekstra agar tidak menimbulkan dampak yang lebih parah. Lakukanlah manikur dan pedikur sekali sampai dua kali per bulan. Rajinlah memotong dan membersihkan kuku agar tidak menjadi sarang kotoran yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. Perawatan ini dapat membantu kuku dan kulit tangan dan kakimu tampak lebih bersih dan sehat.

Semoga 10 tips ini bermanfaat, ya! Selagi berada di sini, baca juga tips tentang mengatur keuangan saat mempersiapkan pernikahan (agar tidak gulung tikar!).

podcast button