5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Tes Kesehatan

tes kesehatan
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh memang menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan. Soalnya tes kesehatan ini akan membantumu mendeteksi penyakit atau gangguan kesehatan sejak dini.

Bahkan tak jarang, tes kesehatan juga menjadi salah satu proses yang harus dilakukan ketika melamar pekerjaan. Mulai dari pemeriksaan riwayat kesehatan, tanda vital, hingga kondisi fisik, terdapat berbagai rangkaian yang akan dijalani selama pemeriksaan. 

Jika kamu berniat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, maka berikut beberapa hal yang harus diketahui sebelum dan sesudah melakukan medical check up.

Manfaat Tes Kesehatan

manfaat tes kesehatan | | 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Tes Kesehatan
Foto: www.freepik.com

Tes kesehatan merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk memeriksa kesehatan secara keseluruhan. Pemeriksaan kesehatan ini bisa dilakukan kapan pun, sehingga tidak perlu menunggu sakit untuk melakukannya.

Pemeriksaan fisik ini bisa dilakukan secara rutin untuk mendeteksi penyakit yang ada di dalam tubuh. Ini juga menjadi langkah yang tepat ketika kamu mengalami sebuah perubahan atau terjadinya masalah pada tubuh.

Dengan mendeteksi secara dini, maka kamu bisa mendapatkan perawatan dengan waktu yang tepat. Terdapat berbagai tes yang akan dilakukan selama pemeriksaan ini, hal tersebut akan bergantung pada usia, riwayat medis, atau riwayat keluarga.

Pemeriksaan fisik ini sendiri dianjurkan untuk dilakukan setidaknya satu tahun sekali, terutama pada orang yang berusia di atas 50 tahun.

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Pemeriksaan Kesehatan

hal yang perlu dipersiapkan dalam pemeriksaan kesehatan | | 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Tes Kesehatan
Foto: www.freepik.com

Sebelum melakukan medical check up, terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan, di antaranya menyiapkan hal berikut:

  • Membuat daftar obat yang sedang digunakan, termasuk suplemen dan produk herbal
  • Menginformasikan gejala atau keluhan yang tengah dialami
  • Menyiapkan riwayat kesehatan, riwayat operasi, hasil tes, dan perawatan lainnya
  • Menginformasikan diet yang sedang dilakukan
  • Siapkan pertanyaan yag ingin diajukan kepada dokter

Jika kamu memiliki perangkat yang ditanam dalam tubuh seperti alat pacu jantung, bawalah salinan bagian depan dan belakang kartu perangkat sebagai bukti.

Biasanya sebelum melakukan pemeriksaan fisik, pasien akan diminta untuk membawa data medis dari hasil pemeriksaan kesehatan yang pernah dilakukan. Selain itu, biasanya pasien juga perlu menjawab beberapa pertanyaan terkait kondisi kesehatan.

Disarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan melepas perhiasan atau aksesoris lain yang dapat menghambar proses pemeriksaan.

Prosedur Pemeriksaan Kesehatan

tes kesehatan
Foto: www.freepik.com

Karena pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tubuh dan mendeteksi penyakit sejak dini. Oleh karenanya terdapat beberapa tes yang akan dilakukan, di antaranya adalah:

Riwayat kesehatan

Di tahap awal, dokter akan menanyakan terkait keluhan kesehatan yang tengah dialami oleh pasien, serta riwayat kesehatan pasien dan keluarga.

Selain itu, sebagai pasien kamu juga perlu menginformasikan terkait gaya hidup, mulai dari pola makan, intensitas olahraga, kebiasaan merokok, dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Tanda vital

Selanjutnya, pemeriksaan tanda vital juga akan dilakukan, yakni:

  • Frekuensi denyut jantung, yang mana normalnya sekitar 60-100 kali per menit
  • Frekuensi pernapasan, yang normal berkisar antara 12-20 kali per menit
  • Suhu tubuh yang sehat berkisar antara 36-37 derajat Celcius
  • Tekanan darah, yang normal sekitar 90/50-120/80 mmHg

Pemeriksaan fisik

Biasanya pasien akan diminta untuk berdiri, duduk, atau berbaring, tergantung dari bagian tubuh mana yang akan diperiksa.

Pemeriksaan fisik dimulai dengan mengukur tinggi dan berat badan, yang bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi kekurangan atau kelebihan berat badan.

Setelahnya, dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh, mula dari kepala hingga kaki. Ini bertujuan untuk melihat adanya kelainan pada kulit, rambut, atau kuku, dan biasanya akan dilakukan penekanan pada bagian tubuh tertentu.

Ketika muncul rasa nyeri saat terjadinya penekanan, maka disarankan untuk menginformasikan ke dokter. Selanjutnya, bagian mata, hidung, telinga, hingga organ dalam tubuh juga akan ikut diperiksa.

Biasanya dokter akan menggunakan alat otoskop untuk memeriksa telinga dan stetoskop untuk mendengarkan paru-paru, jantung, dan saluran pencernaan yang dilakukan saat kamu mengambil napas secara dalam.

Tak berhenti sampai di situ, pemeriksaan kekuatan otot, kondisi kelamin, prostat, beberapa organ reproduksi juga akan diperiksa untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan.

Sedangkan untuk tumor dan kondisi kelenjar getah bening, dokter juga akan meraba untuk memeriksa ada atau tidaknya benjolan tersebut.

Pemeriksaan lanjutan

Selain tes tersebut, terdapat beberapa pemeriksaan penunjang yang akan dilakukan untuk memperkuat diagnosis. Mulai dari pemeriksaan laboratorium dengan mengambil sampel darah, urine, atau tinja yang berguna untuk mengetahui kadar sel darah, kolesterol, gula darah, atau zat kimia lain.

USG dan foto rontgen juga akan dapat dilakukan guna melihat kondisi organ dalam tubuh secara jelas. Kemudian, pemeriksaan rekam jantung atau EKG juga akan dilakukan.

Dan untuk wanita berusia 21 tahun serta pernah melakukan hubungan seksual, disarankan untuk melakukan pap smear yang bertujuan untuk mendeteksi dini adanya kanker serviks.

Hal yang Harus Diperhatikan Setelah Pemeriksaan Kesehatan

hal yang harus diperhatikan setelah pemeriksaan kesehatan | | 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Tes Kesehatan
Foto: www.canva.com

Setelah selesai melakukan pemeriksaan kesehatan, biasanya dokter akan menyarankan agar pasien menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, berolahraga secara rutin, dan berhenti untuk merokok.

Namun bila ditemukan adanya kelainan pada hasil tes maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap kelainan tersebut. Sehingga bisa diatasi dengan cepat dan tepat.

Kesimpulan

tes kesehatan
Foto: www.freepik.com

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu langkah terbaik untuk mendeteksi penyakit sejak dini. Dengan dilakukannya pendeteksian penyakit lebih awal, maka kamu bisa mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat.

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan ini secara rutin yakni satu tahun sekali. Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa hal guna membantu dokter dalam mendeteksi penyakit.

error: Konten dilindungi !!