Takut Memakai Kuning? Paduan Warna Ini Tidak Akan Membuat Penampilanmu Salah

Foto: www.gettyimages.com

Siapa di sini suka warna kuning? Atau sudah berbulan-bulan lamanya ingin mencoba memakai baju warna kuning, tapi jiper setengah mati karena takut seluruh mata memerhatikan (melirik para introver)? Sebenarnya apa yang bisa dijadikan paduan warna kuning? 

Filosofi Warna Ini

Pertama-tama, ada baiknya mengenal sedikit tentang warna kuning. 

“Secara holistik, kuning mewakili energi sehat yang terdapat di dalam hati kita, yang membantu kita menyeimbangakn level stres. Secara visual kuning bisa membantu kita kembali ke posisi homeostasis, atau keseimbangan,” kata psikoterapis Lisa Skeffington. 

Selain pink, kuning juga disebut-sebut sebagai warna generasi Z. Konon katanya ini berhubungan dengan status sosial-ekonomi sebuah generasi. Awal 2000an merupakan masa yang sejahtera dan positif, sehingga kuning yang dikaitkan dengan harapan dan unsur positif, menjadi refleksi dari tahun mereka lahir.

Satu teori lagi dituliskan The New York Times tentang warna ini: berkat berbagai peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia, kita akan selalu mendengar berita buruk dari sosial media. “Jadi kita menggunakan warna sebagai usaha untuk melarikan diri. Ini adalah sebuah cara untuk ‘menutupi rasa rasun… dengan lapisan gula.”

Oh, oh, warna kuning juga konon katanya mendorong rasa bahagia dan optimisme saat dilihat. Bahkan, kekuatan warna kuning membuat orang lebih semangat lebih besar dibandingkan warna-warna umum lainnya. 

Dan karena dipercaya mempengaruhi bagian kiri otak manusia, kuning bisa mendorong kemampuan berpikir tajam.

Secara psikologis, ada beberapa karakteristik yang sering dikaitkan dengan warna kuning. Berikut di antaranya: 

Pencuri perhatian 

Ah, tidak salah jika orang introver mungkin takut memakai warna ini, karena tidak bisa dipungkiri ini adalah salah satu warna paling mencolok. Tidak hanya mencuri perhatian, tapi warna ini juga warna yang paling mudah mendapatkan perhatian. Itulah sebabnya, kuning sering digunakan di dalam iklan atau rambu-rambu lalu lintas. 

Sulit dibaca 

Kuning juga menjadi orang yang sering membuat mata sakit karena tingginya cahaya yang direfleksikannya. 

Energetik dan Hangat

Warna ini sering dihubungkan dengan energi tingkat tinggi, sehingga sering dipakai untuk situasi atau produk yang memang dimaksudkan untuk menghasilkan energi atau rasa gembira. 

Membuat Frustrasi

Kuning juga bisa menciptakan perasaan frustrasi dan marah. Meski warna ini dianggap sebagai warna yang gembira, tapi orang kemungkinan bisa lebih cepat naik pitam saat berada di dalam ruangan berwarna kuning. Bayi pun cenderung menangis lebih sering di dalam ruangan bernuansa kuning. 

Intinya, warna kuning memiliki kelebihan dan kekurangan, terutama jika dipakai terlalu berlebihan dan dramatis. Meski memang paling mudah menarik perhatian, kuning bisa membuat pemerhatinya gelisah, dan secara visual membuat mata lelah.

Meski begitu, semuanya tergantung budaya dan pengalaman pribadi. Jika kamu pernah terjebak di tengah kemacetan dalam mobil berwarna kuning, mungkin asosiasi yang kamu miliki yang berhubungan dengan warna ini bisa negatif. Sebaliknya, jika hadiah terindah yang kamu dapatkan adalah tas berwarna kuning, maka kuning bisa menjadi warna favoritmu. 

Paduan Warna Kuning

Takut warna kuning? Tidak perlu. Warna ini memiliki banyak “teman” yang ketika di mix and match akan membuat penampilan super duper keren dan chic. Berikut beberapa paduan warna kuning yang bisa kamu terapkan jika besok atau minggu depan ingin memakai warna ini ke kantor atau menghadiri pertemuan penting.

Oh, apakah kamu masih ragu-ragu memakai gaun, rok atau jaket berwarna kuning? Kamu bisa mulai mencoba mecintai warna ini dengan langkah kecil, seperti memakai aksesoris (anting-anting atau sepatu, misalnya) berwarna. Dari situ, kamu bisa pelan-pelan mengenakan sesuatu yang lebih kuning, seperti celana atau coat.

Kuning dan Abu-abu

Jika kamu belum pernah mencoba paduan warna ini (abu-abu dan kuning), sekaranglah waktu yang paling tepat. Apalagi jika kamu ingin memperlihatkan kesan “waktunya ngomongin bisnis”. 

ZALORA WORK – Square Neck Knitted Jumper
Marks & Spencer – Single Button Chuck On Coat
Kuning dan Cokelat

Ingin mengenang gaya 70an ala Diane Keaton atau Goldie Hawn atau Olivia Newton-John? Paduan warna kuning yang tepat adalah cokelat terakota yang cocok dipakai untuk acara akhir pekan. 

ZARA – Blus Motif Bunga-bunga
MARNI – Cropped High Waisted Trousers
Kuning dan Biru

Pastinya, paduan warna ini wajib kamu coba—dan bisa jadi kamu sudah menerapkannya dari jaman pra TikTok? Tetap lakukan karena kombinasi ini tidak akan salah.

Stradivarius – Striped Puff Sleeve Top
ALDO – Gwaulith
Kuning dan Navy

Saudara dekat biru normal, sehingga navy secara logika memang paling cocok dipadukan dengan kuning. Apalagi navy adalah orang warna netral, sehingga paling ciamik jika dipadankan dengan warna kuning paling terang yang ada di koleksi bajumu.

H&M – Oversized T-shirt with a Motif
paduan warna kuning
ZARA – Mantel Ketat Berkancing
Kuning dan Ungu

Siapa sangka bahwa kuning dan ungu ditakdirkan untuk menjadi sahabat erat dan sekutu? Nuansa ungu apapun, mulai dari lilak hingga violet, akan memberikan nuansa edgy dan keren jika dipadankan dengan kuning.

paduan warna kuning
Pull & Bear – Sleeveless Top with Shoulder Pad Detail
paduan warna kuning
Brigitte – Pola Dots Midi Skirts
Kuning dan Hijau

Dua warna yang identik dengan musim semi. Memang, paduan dua warna ini akan membuat penampilanmu super mencolok. Oleh karenanya, memadukannya dengan sedikit warna biru pucat atau putih akan membuatmu terlihat tidak seperti tulip.

paduan warna kuning
& Other Stories – Floral Lace Puff Sleeve Top
paduan warna kuning
ZARA – Jeans Z1975 Authentic Slouchy
Kuning dan Hitam

Ah, paduan warna ini harus ada di sini ‘kan, ya? Untuk yang masih mencoba-coba dan baru saja mulai untuk memasukkan kuning dalam koleksi mereka, paduan warna ini adalah yang paling aman.

H&M – Patterned Dress
Massimo Dutti – Black Lace-up Flat Ankle Boots

Rekomendasi Belanja Warna Kuning

paduan warna kuning
Pomelo – Abstract Floral Collar Bodysuit
paduan warna kuning
Mango – Linen T-shirt
Milliot & Co. – Jenny Top Handle Bag
paduan warna kuning
Tularosa – Noel Dress
Basic By Komma – Ep.02.005 – Top – Yellow
Andamane – Diletta Midi Skirt
paduan warna kuning
VANS – Ua Sid Dx – Yellow
Doris Dorothea – Bitsy Bag – Yellow Curtus
paduan warna kuning
H&M – Motif-front Hoodie
ZARA – Jaket Rajutan Kancing Permata
paduan warna kuning
Blue Bird Shoes – Kasbah 70mm Sandals
paduan warna kuning
Herschel – Mova Mid-volume Backpack

Selanjutnya: Ini 5 tren warna yang akan membuat penampilanmu langsung chic. Dan ini model tas yang wajib kamu miliki di lemari saatu sudah berusia 30an.

podcast button