Suka Mengonsumsi Cabai? Hidupmu Mungkin Akan Lebih Panjang, Kata Studi Baru

mengonsumsi cabai
Foto: www.gettyimages.com

Pecinta ayam geprek, mi ayam bakso super pedas, sambal dabu-dabu, dan sambal matah? Kamu berada di jalan yang tepat, karena sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa mengonsumsi cabai bisa membuat umurmu lebih panjang.

Untuk yang membutuhkan penyegaran informasi tentang kehebatan cabai: cabai merah memiliki bahan anti-inflamasi, antioksidan, dan pengatur gula darah. Bahkan beberapa studi menyebutkan bahwa makanan ini bisa bermanfaat melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker tertentu. Ini semua berkat komponen aktif yang terkandung di dalamnya, yakni capsaicin, yang juga membuat rasanya pedas.

Penasaran dengan fenomena dan kehebatan cabai, para peneliti mengamati 4.729 studi yang melibatkan lebih dari 570.000 partisipan, yang menganalisa efek orang makan cabai. Dan mereka menemukan bahwa partisipan yang makan cabai mengalami penurunan risiko meninggal karena penyakit kardiovaskular hingga 36%. Dan kanker hingga 23%, dan semua penyebab kematian hingga 25%.

“Kami terkejut menemukan bahwa di dalam studi-studi yang pernah dipublikasikan ini, mengonsumsi cabai secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko semua penyebab, penyakit kardiovaskular, dan kanker,” kata Bo Xu, M.D., penulis utama studi ini. “Ini menekankan bahwa faktor makanan memegang peranan penting dalam kesehatan secara keseluruhan.”

Meski penemuan ini super membahagiakan, para peneliti belum mengetahui dengan jelas mengapa mengonsumsi cabai dikaitkan dengan angka kematian yang lebih rendah. Mereka juga belum yakin berapa banyak, seberapa sering dan jenis cabai seperti apa yang harus dimakan untuk memperoleh manfaat kesehatan ini.

“Oleh sebab itu, mustahil untuk secara pasti mengatakan bahwa mengonsumsi lebih banyak cabai bisa memperpanjang umur atau mengurangi kematian, terutama karena faktor kardiovaskular atau kanker,” tambahnya. Ini artinya, peneliti perlu melakukan lebih banyak studi untuk mengetahui hubungan cabai dan kesehatan.

Well, oleh karena mengonsumsi cabai cenderung tidak berbahaya (dalam batas moderat dan sesuai dengan petunjuk dokter jika kamu memiliki kondisi tertentu), saatnya menambahkannya ke dalam menu yang kamu masak hari ini.

Selanjutnya: Hanya menambahkan olive oil sebanyak ini, jantungmu lebih sehat.