Hanya dengan Menambahkan 1/2 Sendok Makan Olive Oil Jantungmu Makin Sehat

olive oil
Foto: www.gettyimages.com

Jika kamu masih ragu apakah sebaiknya menambahkan olive oil ke dalam makanan—penelitian terbaru ini akan membuat kebingungan tersebut sirna. Buyar.

Sebuah penelitian dari Amerika membuktikan bahwa mengganti margarin, mentega atau mayones dengan olive oil—bahkan jika jumlahnya hanya 5 gram—bisa mengurangi risiko penyakit arteri koroner hingga 7%. Jika memakai sendok, 5 gram ini kira-kira sekitar setengah sendok makan.

Ingat ya, mengganti—bukan hanya menambahkan olive oil ke dalam makanan.

“Jangan hanya menambahkan olive oil ke dalam diet harian. Substitusi merupakan hal penting di sini,” kata Dr. Frank Hu, kepala departemen nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Studi yang dipresentasikan di American Heart Association’s Prevention, Lifestyle and Cardiometabolic Health Scientific Sessions 2020 ini menekankan tentang pentingnya mengurangi seminimal mungkin konsumsi lemak tidak sehat. Dan menggantinya dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun yang bisa menjaga kolesterol, mengurangi radang biomarker dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Hasil penelitian terbaru ini menguatkan studi pada 2013 yang melibatkan 7000 orang. Studi tujuh tahun yang lalu itu menemukan mereka yang mengikuti diet Mediterania dan memakai extra virgin olive oil selama lima tahun memiliki risiko serangan jantung lebih rendah hingga 30%.

“Kita membicarakan perubahan moderat dalam kebiasaan makan,” kata Hu. “Alih-alih mengoleskan roti ke dalam mentega, cobalah mencelupkannya ke olive oil. Alih-alih mengonsumsi dressing salad buatan toko, coba ganti dengan minyak zaitun dan cuka. Perubahan-perubahan kecil ini memiliki manfaat kesehatan yang signifikan untuk jangka panjang,” tegasnya.

Oh, apakah kamu khawatir dengan adanya kabar bahwa ‘minyak zaitun akan mengeluarkan senyawa berbahaya ketika dipanaskan’? FYI, hal tersebut sudah dipatahkan oleh sebuah penelitian di 2018. Studi ini menyimpulkan bahwa extra virgin olive oil (tapi bukan minyak zaitun biasa) akan memproduksi lemak trans level terendah dan senyawa turunan berbahaya lainnya ketika dipanaskan dalam suhu tinggi. Yep, ini termasuk saat menggunakannya untuk deep-frying atau memanggang.

Jadi, silakan menyetok minyak ini di rumah (dan kantor). Dan ini makanan sehat yang sebaiknya selalu dikonsumsi agar imunitas tetap terjaga.

podcast button