Nikmati Makanan Ini Setiap Hari—Atau Sesering Mungkin agar Sehat, Kata Ahli dari Harvard

makanan sehat yang dikonsumsi
Foto: www.rawpixel.com

Jika kamu memiliki pertanyaan, “adakah makanan sehat yang dikonsumsi tiap hari agar sehat?”—kamu beruntung. Di publikasi Harvard Health Publishing, Teresa Fung, seorang profesor dari departemen nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health menyarankan beberapa jenis makanan sehat yang memiliki kandungan nutrisi sangat baik sehingga sebaiknya dikonsumsi tiap hari—atau sesering mungkin.

Apakah makanan itu? Berikut daftarnya.

Salmon

Tidak hanya kaya protein, tapi asam lemak omega-3, yang baik untuk jantung dan otak. Plus, ikan berwarna merah muda ini memberikan asupan vitamin D yang berguna untuk membangun tulang. Namun, karena ikan ini termasuk mahal (uh-uh, banget), usahakan untuk mengonsumsinya sekali seminggu.

Brussel Sprout

Rasanya memang sedikit pahit, tapi penuh dengan nutrisi dan rendah kalori. Sayuran ini penuh dengan berbagai jenis vitamin (A, C, dan K), potasium, folate, plus senyawa bioaktif (antioksidan yang mencegah kerusakan sel dari dalam tubuh).

Blueberries

Fung mengatakan bahwa buah ini kaya akan antioksidan, terutama vitamin C. Selain itu, merupakan sumber vitamin A dan serat. Apakah sulit menemukan blueberry di areamu? Dia menyarankan untuk menggantinya dengan buah delima atau ceri.

Kacang-kacangan

Tidak hanya mengenyangkan, kacang-kacangan juga dipenuhi dengan minyak sehat, protein dan vitamin E. Namun, perlu diingat bahwa jenis makanan ini mengandung kalori tinggi, sehingga batasi asupan hariannya sehingga kamu bisa mendapatkan manfaatnya, tanpa menambah berat badan.

Silakan pilih kacang kesukaanmu, mulai dari almond, walnut, bahkan kacang tanah (yang secara teknis merupakan tumbuhan polong). Oh, hanya pastikan kacang yang kamu konsumsi bukan yang sudah diasinkan.

Yogurt Tawar

Makanan ini kaya akan probiotik, yang merupakan bakteri baik yang membuat pencernaan kita bekerja dengan sempurna dan membuat tubuh sehat.

Tidak hanya itu, yogurt juga penuh dengan protein, kalsium, magnesium, vitamin B12, dan sejumlah asam lemak lain yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Dan usahakan untuk memilih yogurt polos, tanpa rasa. Pasalnya, “yogurt dengan rasa seringkali mengandung banyak gula,” ujarnya. Dan gula akan menggagalkan banyak manfaat dari yogurt. Jika yogurt tawar tidak cukup menggugah selera, tambahkan topping berupa buah segar atau kacang favoritmu.

Selanjutnya: Butuh informasi makanan sehat lain yang baik dikonsumsi setiap hari? Cek daftar ini.

podcast button