Suka Ngemil? Ini Olahan Kacang Tanah Yang Mudah Dibuat Dan Kaya Akan Nutrisi

kacang tanah
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Kacang tanah atau yang memiliki nama ilmiah Arachis hypogaea adalah tanaman yang termasuk ke dalam keluarga lentil, kedelai, dan kacang-kacangan.

Biasanya kacang ini jarang dimakan dalam keadaan mentah, karena kebanyakan orang akan mengolahnya dengan cara dipanggang atau ditambahkan ke dalam masakan.

Kaya akan protein, lemak, dan nutrisi sehat lainnya, kacang tanah pun memiliki manfaat yang baik ketika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Selain itu, tanaman ini juga sangat mudah untuk ditemukan, sehingga kamu bisa membuat banyak variasi untuk memakannya.

Kandungan Nutrisi Kacang Tanah

kacang tanah
Foto: www.canva.com

Kacang mengandung lemak sehat dan protein dengan kualitas tinggi, selain itu tumbuhan ini juga mengandung kalori yang banyak. Berikut fakta nutrisi yang terkandung dalam 100 gram kacang tanah:

  • Kalori: 585
  • Protein: 23.7 gram
  • Karbohidrat 21.5 gram
  • Serat: 8.0 gram
  • Lemak: 416 gram
  • Lemak jenuh: 6.9 gram
  • Tak jenuh tunggal: 24.6 gram
  • Tak jenuh ganda: 15.7 gram
  • Omega 6:15.69 gram

Lemak dalam kacang

Kacang tanah sendiri mengandung lemak yang cukup tinggi, bahkan mereka diklasifikasikan sebagai minyak sayur. Ketika panen, sebagian besar tanaman ini digunakan untuk membuat minyak kacang tanah atau minyak arachis.

Kandungan lemak yang ada di dalam tanaman ini berkisar antara 44-56% dan sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Di mana terdapat asam oleat dan linoleat di dalamnya.

Protein dalam kacang

Tanaman ini merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Sebab kandungan proteinnya berkisar antara 22-30% dari total kalori, sehingga menjadikan kacang sebagai sumber protein nabati yang kuat.

Namun perlu diketahi bahwa protein yang paling melimpah dalam kacang tanah ialah arachin dan conarachin, di mana bisa menyebabkan alergi yang parah bagi beberapa orang. Sehingga bisa menyebabkan reaksi yang mengancam jiwa.

Karbohidrat

Keunggulan dari kacang-kacangan ini adalah rendah akan karbohidrat namun tinggi protein, lemak, dan serat. Hal ini membuat indeks glikemik (GI) menjadi sangat rendah, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Vitamin dan mineral

Kacang tanah juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Di dalamnya mengandung:

  • Biotin yang memiliki peran penting selama kehamilan
  • Niacin yang memiliki fungsi penting dan sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung
  • Folat atau vitamin B9 yang penting selama kehamilan
  • Vitamin E yang menjadi antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas
  • Tiamin atau vitamin B1 yang membantu mengubah karbohidrat menjadi energi dan sangat penting untuk fungsi jantung, otot, dan sistem saraf
  • Tembaga yang dapat menjaga kesehatan jantung
  • Magnesium yang dapat melindungi tubuh terhadap penyakit jantung

Senyawa lain

Selain nutrisi di atas, tanaman ini juga mengandung beberapa senyawa tanaman bioaktif dan antioksidan. Berikut beberapa senyawa lain yang terkandung di dalam kacang:

  • Asam p-coumaric, polifenol ini merupakan antioksidan utama yang ada di dalam kacang
  • Resveratrol atau antioksidan kuat yang mampu mengurangi risiko kanker serta penyakit jantung
  • Isoflavon yang sering dikaitkan dengan berbagai efek kesehatan
  • Asam fitat yang bisa mengganggu penyerapan zat besi dan seng ketika dikonsumsi dengan makanan lain dalam waktu bersamaan
  • Fitosterol yang terkandung di minyak kacang tanah

Manfaat Kacang Tanah

Foto: www.freepik.com

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi kacang-kacangan ini dapat membantu menjaga berat badan agar tetap sehat. Serta mengurangi risiko obesitas.

Hal ini juga didukung oleh penelitian kecil yang dilakukan selama enam bulan pada wanita sehat, menunjukkan bahwa sumber lemak yang diganti dengan kacang bisa mengurangi berat badan hingga tiga kilogram.

Terdapat beberapa faktor yang dapat membuat kacang tanah bisa menjadi makanan yang bisa menurunkan berat badan.

Di antaranya membuat kenyang lebih lama, kandungan protein dan lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan pembakaran kalori, hingga sumber serat makanan yang tidak larut sehingga menurunkan risiko kenaikan berat badan.

Selain untuk menurunkan berat badan, tanaman ini juga bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung. Hal ini bisa disebabkan karena kandungan nutrisi di dalam kacang yang dapat menyehatkan jantung, mulai dari magnesium, niacin, tembaga, dan antioksidan.

Olahan Kacang Tanah

Foto: www.freepik.com

Karena mengandung nutrisi dan baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, kamu juga bisa mengolah tumbuhan ini menjadi aneka makanan. Bahkan, kacang tanah juga cocok untuk dijadikan cemilan dan disajikan pada perayaan Lebaran.

Salah satu yang resep yang bisa kamu coba adalah membuat kacang bawang daun jeruk. Berikut beberapa bahan yang perlu disiapkan:

  • Kacang kupas sebanyak satu kilogram
  • Bawang putih satu bonggol atau satu bongkah
  • Santan kelapa sebanyak 65 ml
  • Garam sebanyak satu sendok makan
  • Air sekitar 500 ml
  • Daun jeruk sebanyak 10 lembar dan satu bonggol bawang putih

Langkah pertama adalah kamu harus mencuci kacang kupas terlebih dahulu. Kemudian didihkan santan dengan air, dan tambahkan bawang putih serta garam yang sudah dihaluskan, selanjutnya aduk hingga larut dan tercampur rata.

Setelah itu, masukkan kacang kupas dan aduk selama kurang lebih 15 menit. Setelah bumbu meresap, biarkan kacang tetap berada di dalam air rebusan, kemudian matikan kompor dan tunggu hingga dingin.

Jika sudah dingin, maka angkat dan tiriskan kacang. Lalu kamu bisa mengiris bawang putih dan menyobek-nyobek daun jeruk, kemudian panaskan minyak goreng dengan api kecil.

Selanjutnya, goreng bawang putih dan daun jeruk hingga berwarna kuning keemasan, lalu angkat dan tiriskan. Minyak bekas menggoreng bawang putih dan daun jeruk ini bisa kamu gunakan untuk menggoreng kacang yang sudah ditiriskan.

Gorenglah kacang ini dengan bawang putih dan daun jeruk tadi sampai warnanya berubah kekuningan. Siapkan wadah yang sudah dialasi kertas, kemudian diamkan kacang goreng ini hingga uap panasnya hilang.

Disarankan agar menyimpan cemilan ini ke dalam stoples kaca yang kedap udara, agar nantinya tidak melempem.

Selain diolah menjadi kacang goreng, kacang tanah juga bisa kamu buat menjadi selai kacang, kue kacang, dan makanan lainnya.

Kesimpulan

kacang tanah
Foto: www.canva.com

Kacang tanah merupakan sumber protein nabati yang sangat baik dan kaya akan nutrisi. Sehingga kamu tidak perlu ragu untuk menambahkannya ke dalam pengaturan pola makan.

Selain itu, tumbuhan ini juga bisa diolah ke dalam beberapa makanan, mulai dari camilan kacang bawang, kue kacang, hingga selai kacang.