Dapatkan Manfaat Vitamin E Dengan Mengonsumsi 17 Sumber Makanan Ini

sumber vitamin E
Foto: www.canva.com

Ternyata kekurangan vitamin E juga bisa memberikan dampak yang negatif, sebab nutrisi ini memiliki peran yang penting untuk tubuh. Namun untungnya terdapat banyak sumber vitamin E yang berasal dari makanan.

Ketika tubuh mengonsumsi sumber vitamin E dan mendapatkan kadar yang cukup, hal ini bisa mencegahmu untuk mengalami defisiensi nutrisi yang satu ini.

Apa Itu Vitamin E?

apa itu vitamin E | | Dapatkan Manfaat Vitamin E Dengan Mengonsumsi 17 Sumber Makanan Ini
Foto: www.canva.com

Vitamin E ternyata terdiri dari delapan senyawa yang larut dalam lemak dengan efek antioksidan yang sangat kuat. Umumnya, vitamin yang satu ini secara alami terkandung dalam berbagai makanan tertentu, mulai dari biji-bijian hingga sayur-sayuran.

Karena dikenal memiliki efek antioksidan yang tinggi, membuat vitamin E memiliki banyak peran penting di dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika kamu tidak mendapatkan asupan yang cukup, mungkin akan mengalami beberapa gangguan kesehatan.

Untungnya, terdapat sumber vitamin E yang bisa diperoleh secara langsung dari makanan. Sehingga kamu tidak akan mengalami kekurangan gizi kecuali jika penyerapan nutrisi terganggu.  

Asupan Vitamin E yang Disarankan

sumber vitamin E
Foto: www.canva.com

Sesungguhnya, kekurangan vitamin E pada individu yang sehat sangatlah jarang terjadi. Karena kebanyakan dari kita akan mendapatkan kadar yang cukup dari makanan yang dikonsumsi.

Untuk mendapatkan asupan vitamin E yang cukup, direkomendasikan untuk mengonsumsinya sebanyak 15 mg pada pria maupun wanita. Sementara pada anak-anak dan remaja, disarankan untuk mengonsumsinya sebesar 4-11 mg per hari.

Untungnya ketika tubuh mendapatkan asupan vitamin E yang berlebihan, hal ini tidak akan menyebabkan overdosis.

Namun jika kamu mengonsumsi terlalu banyak nutrisi ini melalui suplemen, hal tersebut dapat menimbulkan efek samping yang negatif bagi kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa suplemen vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker prostat pada pria yang sehat. Selain itu, suplemen yang dikonsumsi dalam kadar yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko perdarahan.

Menurut sebuah studi, tubuh dapat mentoleransi vitamin E hingga 1000 mg per hari. Akan tetapi beberapa masalah kesehatan, termasuk kemungkinan risiko kematian, sering kali dikaitkan dengan dosis yang jauh lebih rendah dibanding kadar toleransi tersebut.

Fungsi Vitamin E untuk Tubuh

fungsi vitamin E untuk tubuh | | Dapatkan Manfaat Vitamin E Dengan Mengonsumsi 17 Sumber Makanan Ini
Foto: www.xframe.io

Vitamin E merupakan sumber antioksidan terbaik yang dapat melindungi sel dari radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan. Jika dibiarkan, radikal bebas ini dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti jantung dan kanker.

Selain itu, penelitian juga telah membuktikan bahwa asupan vitamin E dapat melindungi penglihatan yang sering dikaitkan dengan usia. Tidak jarang, nutrisi penting ini juga ditambahkan ke dalam produk perawatan kulit.

Hal ini berkat kandungan antioksidan yang ada di dalamnya, yang dapat membantu menunda munculnya kerutan. Serta mampu menghaluskan kulit yang kering.

Ketika sedang menstruasi, vitamin E juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri yang parah pada bagian panggul atau kram perut. Sebuah studi menunjukkan bahwa kadar vitamin E yang cukup dapat meredakan nyeri haid dengan efektif.

Sumber Vitamin E

sumber vitamin E
Foto: www.canva.com

Untuk mendapatkan asupan yang cukup, terdapat berbagai sumber vitamin E yang berasal dari makanan. Berikut 17 makanan yang tinggi akan nutrisi yang satu ini:

  1. Minyak biji gandum, mengandung 20 mg per satu sendok makan atau 149 mg per 100 gram
  2. Biji bunga matahari, terdapat 10 mg per satu ons atau 35 mg per 100 gram
  3. Almond, menyajikan sebanyak 7.3 mg per satu ons atau 26 mg per 100 gram
  4. Minyak kacang hazelnut, menyediakan 6.4 mg per satu sendok makan atau 47 mg per 100 gram
  5. Mamey sapote, mengandung 5.9 mg per setengah buah atau 2.1 mg per 100 gram
  6. Minyak biji bunga matahari, terdapat 5.9 mg per satu sendok atau 41 mg per 100 gram
  7. Minyak almond, menyajikan 5.3 mg per satu sendok makan atau 39 mg per 100 gram
  8. Kacang hazelnut, menyediakan 4.3 mg per satu ons atau 15 mg per 100 gram
  9. Abalon mengandung, 3.4 mg per tiga ons atau 4.0 mg per 100 gram
  10. Kacang pinus menyajikan, 2.7 mg per ons atau 9.3 mg per 100 gram
  11. Daging angsa, mengandung 2.4 mg per satu cangkir atau 1.7 mg per 100 gram
  12. Kacang, menyediakan 2.4 mg per satu ons atau 8.3 mg per 100 gram
  13. Salmon Atlantis, menyajikan 2.0 mg per setengah porsi atau 1.1 mg per 100 gram
  14. Alpukat, mengandung 2.1 mg per setengah buah
  15. Ikan trout, mengandung 2.0 mg per satu ekor dan 2.8 mg per 100 gram
  16. Mangga, menyajikan sebesar 1.5 mg per setengah buah
  17. Buah kiwi, mengandung 1.0 mg per satu buah berukuran sedang dan 1.5 mg per 100 gram

Selain itu, masih banyak sayuran hijau yang tinggi akan kandungan vitamin E. Seperti bayam, asparagus, sawi, brokoli, dan lainnya.

Kekurangan Vitamin E

kekurangan vitamin E | | Dapatkan Manfaat Vitamin E Dengan Mengonsumsi 17 Sumber Makanan Ini
Foto: www.canva.com

Kekurangan vitamin E biasanya jarang terjadi. Namun ini bisa saja dialami oleh beberapa orang. Seperti misalnya dengan kondisi medis yang terkait dengan malabsorpsi lemak.

Selain itu, mereka yang memiliki penyakit bawaan langka tertentu. Seperti abetalipoproteinemia (penyakit yang memengaruhi penyerapan lemak makanan), vitamin, dan kolesterol—kemungkinan juga akan meningkatkan risiko defisiensi vitamin E.

Seseorang dengan asupan makanan yang tidak tercukupi, seperti anak-anak yang tinggal di negara berkembang juga dapat mengalami kekurangan vitamin E. Hal ini disebabkan karena mengalami malnutrisi.

Untuk menghindari terjadinya defisiensi nutrisi yang satu ini, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti menambahkan biji bunga matahari atau almond ke dalam makanan.

Kesimpulan

sumber vitamin E
Foto: www.freepik.com

Vitamin E merupakan nutrisi penting yang larut di dalam lemak. Ini juga menjadi antioksidan kuat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untungnya terdapat banyak makanan yang mengandung vitamin ini, sehingga kamu tidak perlu khawatir mengalami kekurangan nutrisi.

Selalu konsultasikan dengan dokter jika ingin mengonsumsi suplemen vitamin E. Karena jika berlebihan, maka nantinya bisa menimbulkan gejala yang kurang baik untuk kesehatan.