Kebiasaan Kecil Ini Ampuh Menjaga Kesehatan Otak

Foto: www.gettyimages.com

Mungkin dalam beberapa jam belakangan kamu sering kali mendengar kata “penyakit otak” dan “kesehatan otak”. Untuk memastikan tubuh tetap sehat, dalam hal termasuk otak, ada beberapa kebiasaan kecil yang bisa kamu lakukan dari sekarang untuk memastikan bagian tubuh super penting itu dalam keadaan sehat dari sekarang dan sampai kamu tua. Daniel Amen, M.D., seorang psikiater neurosains klinis menuliskan di Mind Body Green tentang beberapa cara untuk menjaga kesehatan otak. Berikut di antaranya.

Lindungi Kepala dari Risiko Cedera

kesehatan otak
Foto: www.istockphoto.com

“Melindungi otak dari cedera, polusi dan stres adalah langkah pertama untuk mengoptimasi fungsi otak,” tulisnya. Menurutnya, otak lembut dan kulit kepala keras yang di dalamnya terdapat banyak ujung-ujung tulang yang tajam. Dan ini menyebabkan otak sangat rentan terhadap trauma, terutama bagian memori, pembelajaran dan stabilitas suasana hati. Oleh sebab itu, pastikan kamu melindungi kepala, dengan melakukan hal-hal sederhana seperti memakai helm saat berkendara roda dua, atau memakai seat belt di mobil. Pastikan anak dan anggota keluarga lawan juga melakukan hal yang sama, terutama jika suka dengan olahraga seperti sepak bola.

Pastikan Tubuh Terhidrasi

kesehatan otak

Ah, siapa yang sangka air putih yang murah dan rendah hati memiliki fungsi yang besar dalam menjaga kesehatan otak. “Bahkan dehidrasi kecil saja bisa meningkatkan hormon stres, yang bisa merusak otak jika sering dilakukan,” tulisnya.

Jadi, minum air cukup (ahli ini menyarankannya sebanyak ini). Dan hindari minuman mengandung gula, kafein, dan alkohol. Teh juga bagus untuk kesehatan otak, terutama teh hijau.

Konsumsi Protein saat Sarapan, Makan Siang dan Malam

kesehatan otak
Foto: www.istockphoto.com

Lean protein, karbo kompleks dan makanan kaya omega-3 (sebut saja tuna, salmon, walnut, minyak zaitun) sangat penting untuk menjaga kesehatan fungsi otak. Oleh karenanya, usahakan sarapan, makan siang, dan makan malammu mengandung protein, baik itu dalam bentuk telur, lean meat, dan produk susu.

Konsumsi Suplemen Omega-3

kesehatan otak
Foto: www.gettyimages.com

“DHA, satu bentuk dari asam lemak omega-3 yang ditemukan di dalam ikan, terdapat dalam porsi besar di dalamotak. Lemak di dalam otak membentuk sel-sel membran dan memainkan peran penting dalam menjaga fungsi otak,” tulisnya. Selain itu, saraf juga dipenuhi dengan asam lemak omega-3, dan DHA terdapat di retina. Dengan kata lain, kamu sangat perlu mengonsumsi makanan dan suplemen yang mengandung asam lemak ini.

Tidur yang Cukup (7 Jam Sehari)

Foto: www.gettyimages.com

Tidur yang cukup wajib dan harus. Pasalnya, saat tidur ada banyak hal yang terjadi. Semua sel-sel di dalam tubuh diremajakan. Sel otak diperbaiki. Racun-racun di dalam tubuh dibersihkan. jadi, ketika tidak tidur, kamu sedang bertindak tidak adil atas tubuhmu.

Seperti kita tahu, kurang tidur bisa mengurangi fungsi otak dan membuat kita susah belajar, mengingat dan berkonsentrasi. “Memiliki masalah tidur sering terjadi pada mereka yang memiliki banyak pikiran dan emosi. Hal ini juga bisa menyebabkan risiko kesehatan lainnya seperti diabetes tipe 2, kecemasan, serangan otak, Alzheimer, dan Parkinson. Mendapatkan tidur yang cukup adalah sangat penting untuk fungsi otak,” tegasnya. Jadi, pastikan kamu tidur setidaknya tujuh jam setiap hari dan tidurlah serta bangunlah pada waktu yang sama, bahkan saat akhir pekan. “Hindari tidur siang karena bisa mengganggu siklus tidur malam dan pastikan temperatur udara di dalam kamar tidak terlalu panas, atau terlalu dingin dan pastikan kondisi kamar segelap mungkin saat tidur,” anjurnya.

Selanjutnya: dan menu warteg ini ternyata baik untuk kesehatan jantung.

podcast button