Terlalu Banyak Garam Bisa Melemahkan Imun, Kata Sebuah Studi

konsumsi garam
Foto: www.gettyimages.com

Pasti kamu sudah tahu bahwa salah satu cara untuk memastikan mencegah terinfeksi COVID-19 adalah menjaga sistem kekebalan tubuh. Dan sebuah penelitian baru dari University Hospital Bonn di Jerman mengingatkan bahwa satu faktor penting yang mempengaruhi imunitasmu adalah asupan garam.

Yep, seperti kita tahu mengonsumsi terlalu banyak garam bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, yang pada akhirnya meningkatkan risiko serangan jantung dan serangan otak. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri merekomendasikan asupan garam tidak lebih dari 5g setiap hari. Dan juga mengatakan salah satu cara efektif meningkatkan kesehatan adalah mengurangi porsi garam.

Akan tetapi studi terbaru ini merupakan penelitian yang pertama yang membuktikan bahwa konsumsi garam yang berlebihan memperlemah sistem imunitas.

Untuk mendapatkan hasil ini, para ilmuwan melakukan penelitian pada hewan (tikus) dan manusia. Pada tikus, diet tinggi garam mengakibatkan infeksi bakteri yang parah. Dan di penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh ilmuwan yang sama pada tikus, porsi garam yang tinggi juga memperburuk kesehatan tikus (menderita penyakit yang disebabkan oleh patogen). Dengan kata lain, hasil penelitian konsumsi garam berlebih pada hewan konsisten.

Sementara pada manusia, orang-orang yang mengonsumsi 6g ekstra garam setiap hari, mengalami penurunan imunitas.

Bahkan setelah satu minggu mengonsumsi garam berlebih, sampel darah manusia memperlihatkan performa sel-sel imunitas dalam memerangi bakteri sangat menurun dibandingkan dengan saat memiliki pola makan normal. Seperti yang dijelaskan oleh para peneliti ini, terlalu banyak garam bisa mempengaruhi ginjal dan mendorong penumpukan glucocorticoids (sebuah hormon) di dalam tubuh. FYI, hormon ini mengganggu sel-sel imun di dalam darah, seperti granulocytes, dan membuatnya semakin sulit memerangi bakteri secara efektif.

Eits, bukan berarti tidak boleh makan garam sama sekali, ya. Pasalnya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mengapa garam bisa mempengaruhi sistem imun tubuh. Untuk sekarang, sepertinya kita perlu menerapkan aturan 5g garam per hari.

Selanjutnya: nikmati dan konsumi makanan sehat ini karena terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan kekebalan tubuh .

podcast button