Ingin Tekanan Darahmu Menjadi Lebih Rendah? Lakukan Olahraga Ini

manfaat pilates
Foto: www.gettyimages.com

Diperkirakan 1,13 miliar orang di dunia memiliki tekanan darah tinggi. Dan jika kondisi ini tidak dikontrol, maka bisa meningkatkan banyak risiko kesehatan, termasuk serangan jantung sampai gagal jantung. Dan ada begitu banyak pilihan gaya hidup yang bisa kamu pilih dan lakukan untuk membuat jantung sehat. Salah satunya, dengan memiliki tubuh bugar. Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Hypertension, manfaat Pilates ternyata juga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Studi ini menyebutkan bahwa ada sekitar 9 juta orang yang mengikuti Pilates, sehingga dianggap sebagai salah satu olahraga yang paling terkenal. Dan oleh karena perempuan muda yang mengalami obesitas dianggap sebagai demografi yang paling rentan mengalami hipertensi dan komplikasi vaskular dini, para peneliti ini memutuskan untuk melihat sejauh mana manfaat Pilates bisa membuat mereka lebih sehat.

Seperti yang kita tahu, Pilates—khususnya Mat Pilates—adalah jenis olahraga yang memperagakan berbagai gerakan yang menitikberatkan pada kekuatan tubuh, postur, fleksibilitas dan nafas.

Untuk itu, para peneliti meminta perempuan muda berusia 19 sampai 27 tahun dengan tekanan darah tinggi mengikuti kelas Pilates. Sebagai informasi, sebelumnya semua perempuan ini bukan perokok, tidak memiliki penyakit kronis, dan berolahraga kurang dari 90 menit setiap minggu.

Selama 12 minggu, mereka kemudian diminta untuk untuk melakukan tiga jam Pilates setiap sesi setiap minggu. Dan selama waktu itu, intensitas olahraga mereka meningkat.

Dan hasilnya? DI akhir periode tersebut, para partisipan memiliki tekanan darah lebih rendah, ketegangan arteri yang menurun, serta lemak tubuh yang berkurang dibandingkan masa sebelum eksperimen. Peneliti ini mengatakan bahwa, “penemuan ini membuktikan bahwa Pilates mat membuat kardiovaskular lebih sehat.” Dengan kata lain, merupakan alternatif olahraga yang sepertinya cocok untuk mencegah hipertensi dan kardiovaskular.

Selanjutnya: Lakukan ritual peregangan dari atas kasur ini agar pagimu lebih kalem dan semangat. Lalu ini cara sederhana meluruskan postur tubuh. Dan jika kamu ingin mengecilkan betis di masa social distancing, begini cara melakukannya dengan tepat.

podcast button