Trik Sederhana Meluruskan Postur Tubuh, Menurut Ahli dari Harvard

postur tubuh
Foto: www.gettyimages.com

Apa agendamu di Hari Valentine ini? Jika jawabanmu adalah “ehm” atau “eh” atau gerakan meluruskan badan dan mengangkat bahu, bagaimana jika melakukan ini: belajar duduk dan berdiri tegak. Hei, mungkin terdengar membosankan di hari kasih sayang ini, tapi postur tubuh mempengaruhi kesehatanmu secara keseluruhan. Yap, kesehatan, yang merupakan isu terpenting dalam hidup. Bahkan mungkin lebih penting dari cinta? Silakan diperdebatkan.

“Postur tubuh yang salah tidak hanya mempengaruhi penampakan ketika kamu berdiri atau duduk. Hal ini juga bisa mempengaruhi kekuatan, mengganggu keseimbanganmu dan berpotensi menyebabkan isu fisik lain nantinya,” kata Dr. Beth Frates, asisten profesor rehabiliitasi di Harvard Medical School.

Dengan kata lain, postur tubuh yang buruk adalah sebuah reaksi berantai: kondisi ini menarik paksa bagian tubuh lain dari posisinya, sehingga menyebabkan nyeri otot dan masalah-masalah lain.

Banyak aktivitas sehari-hari yang membuat posturmu memburuk. Sebut saja, kegiatan favorit kita bersama: stalking seseorang di media sosial sambil menunduk. Nonton Netflix di ponsel sambil menunduk. Swipe kanan dan kiri di Tinder sambil menunduk selama berjam-jam. Kebiasaan ini bisa mengubah fisik yang membuat kita lebih susah berdiri tegak dan menyebabkan lengkungan di bagian punggung bagian atas—sesuatu yang disebut kyphosis.

Dokter Frates mengatakan bahwa meski ada beberapa alasan medis yang menyebabkan kyphosis (arthritis, cidera, dll), tapi postur tubuh yang buruk akut juga bisa menjadi pemicunya. Akibatnya, otot menjadi kaku dan terlalu lemah untuk menopang tubuh bagian atas dengan baik.

Jadi apa yang bisa kamu lakukan? Kabar baiknya: “kamu bisa menguatkan otot-ototmu dan memperbaiki postur bahkan jika sudah terlihat melengkung,” kata Frates. Caranya:

  • Lakukan yoga atau tai chi. Olahraga ini membantu menguatkan otot dan memperbaiki postur tubuh.
  • Selalu tegakkan badanmu kapan pun kamu menyadari posisimu mulai membungkuk.
  • Jika masalahnya sudah akut, berkonsultasilah dengan terapis fisik.

Dan jika masalahmu saat ini bukanlah postur tubuh, melainkan berat badan yang terus bertambah bahkan setelah rajin olahraga, mungkin ini penyebabnya.