Berat Badan Makin Bertambah Setelah Rajin ke Gim? Mungkin Ini Sebabnya

berat badan bertambah
Foto: www.gettyimages.com

Kamu sudah rajin ke gim, tapi tetap saja berat badan bertambah. Ouch! Pertama, jangan putus asa. Kedua, sekali lagi: jangan patah semangat. Ketiga, dengarkan penjelasan dari Gaby Yuwono Hidayat, salah satu staf Fitness Technology & Nutrition dari suplemenfactory.id dan pelatih di Hustle House.

Faktor Penyebab Berat Badan Bertambah Meski Rajin Datang ke Gim

berat badan bertambah
Foto: www.istockphoto.com

“Bertambahnya berat badan bisa disebabkan oleh beberapa faktor,” jelasnya kepada LIMONE melalui email. Menurutnya faktor penyebab paling umum adalah:

Makan berlebih

Gaby mengingatkan bahwa “meskipun sudah berolahraga, bukan berarti bisa makan sembarangan,: katanya. Apabila ingin turun berat badan, tubuh harus berada dalam sistem kalori defisit. Ini artinya, pembakaran kalori (melalui olahraga maupun aktivitas sehari-hari) lebih banyak daripada asupan kalori (dari makanan). “Apabila tidak terjadi defisit kalori maka berat badan tidak akan turun,” Gaby menekankan.

Bertambahnya massa otot di tubuh

Gaby menjelaskan bahwa otot lebih padat daripada lemak. “Jadi, apabila komposisi tubuh seseorang berubah di mana otot bertambah dan lemak berkurang, maka bisa saja orang tersebut terlihat lebih kurus meskipun berat badannya sama ataupun bertambah.”

Nah, untuk yang terakhir ini bisa jadi hanya “perasaanmu saja”, padahal sebenarnya berat badanmu berkurang. Di sisi lain, kamu juga bisa merasa ‘gendutan’ karena lemak tubuh bertambah, yang biasanya disertai dengan massa otot yang berkurang. “Apabila hal ini terjadi, maka seseorang bisa terlihat gendut meskipun berat badannya tetap,” jelasnya.

Kamu mengonsumsi obat-obatan tertentu

Hm, lalu bagaimana dengan faktor mengonsumsi obat-obatan tertentu? “Hal ini juga bisa menjadi penyebab berat badan bertambah,” tukas Gaby. “Terutama yang terkait dengan hormon. Jadi, apabila seseorang punya kondisi sakit tertentu yang diharuskan untuk mengonsumsi obat oleh dokter, sebaiknya untuk olahraga dan asupan nutrisi dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait,” sarannya.

Ini yang Harus Kamu Lakukan Jika Ingin Menuruni Berat Badan

Foto: www.istockphoto.com

“Semua aktivitas yang membakar kalori termasuk semua jenis olahraga sangat bisa membantu dalam menurunkan berat badan,” papar Gaby. Untuk hasil yang maksimal, Gaby menyarankan untuk melakukan berbagai olahraga yang menaikkan massa “seperti angkat beban, strength training, resistance training agar metabolisme tubuh naik dan pembakaran lemak optimal.”

Akan tetapi, seandainya kamu perlu diingatkan, olahraga saja tidak cukup untuk mengurangi berat badan. Olahraga bisa membantu kamu mencapai tujuan tersebut—tapi bukan usaha satu-satunya. Pasalnya, olahraga memang sangat membantu untuk membakar kalori dalam pencapaian kalori defisit. “Dan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mengubah komposisi tubuh dan menaikkan metabolisme tubuh. Tetapi apabila tanpa disertai dengan asupan nutrisi dan kalori yang sesuai, maka hasil tidak akan maksimal atau bahkan tidak akan terlihat. It’s all 80% kitchen 20% gym,” tegasnya.

Untuk mewujudkan keinginan berat badan berkurang, Gaby kembali menegaskan bahwa gaya hidup sehat yang adalah kuncinya. “Gaya hidup yang sehat yang meliputi makan sehat bernutrisi olahraga teratur, istirahat dan tidur cukup, kurangi stres, jaga kesehatan mental, dan kesehatan sosial,” bebernya.

Berikutnya, olahraga ini sedang trendi banget dan bisa membantu mengurangi berat badan.

podcast button