Harvard Bilang Ini 5 Olahraga Paling Efektif

Foto: www.unsplash.com

Menurutmu, olahraga apa yang paling efektif? Terutama bagi yang suka malas ke gim? Para ahli dari Harvard Health baru-baru ini mengeluarkan daftar olahraga paling efektif. Dan menariknya, jenisnya berbeda-beda sehingga bisa kamu pilih sesuai selera. Entah itu kamu pecinta kardio, suka mengangkat beban berat atau tertarik dengan olahraga yang bisa menjernihkan pikiran. Berikut lima olahraga terbaik menurut Harvard Health.

#1. Jalan

Yuhuuu… asyik! Ternyata olahraga paling sehat itu tidak membutuhkan modal banyak, kecuali niat dan sepatu yang nyaman. Menurut para ahli di Harvard, jalan meski hanya 30 menit bisa meningkatkan fungsi imun tubuh. Itu, plus mengurangi nyeri tulang sendi.

“Mulai dengan berjalan kira-kira 10 sampai 15 menit. Seiring berjalannya waktu, berjalanlah lebih jauh dan lebih cepat, sampai akhirnya kamu berjalan 30 sampai 60 menit,” kata para ahli di sana. Ohya, lakukan secara teratur ya. Cara paling simpel memperoleh menit tersebut? Misalnya, jalan kaki dari kantor sampai halte bus atau stasiun kereta api terdekat.

#2. Renang

Dengan berenang, kamu mendapatkan semua manfaat kardio tanpa menyakiti tulang-tulang sendi (seperti yang kita lakukan saat berlari). Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik (mengurangi nyeri sendi, menguatkan paru-paru), tapi juga berguna untuk kesehatan mental. Jadi, sempatkan berenang minggu ini, ya!

#3. Olahraga Kegel

Foto: www.shutterstock.com

Siapa sangka kalau olahraga simpel dan rendah hati ini berada di posisi teratas. Menurut ahli Harvard, baik laki-laki dan perempuan perlu mempraktikkan Kegel untuk menjaga kekuatan dasar panggul. Pasalnya, dasar panggul yang kuat bisa mencegah inkontinensia.

Dan berita baiknya, gerakan ini bisa dilakukan di mana pun: di mobil, saat duduk di meja kantor, atau nongkrong di kafe sambil menyeruput kopi. Jadi, squeeze terus!

#4. Latihan Kekuatan

“Jika ototmu tidak digunakan, lama-lama kekuatannya akan hilang,” kata I-Min Lee, MD, seorang profesor kesehatan di Harvard Medical School. “Semakin banyak otot yang kamu punya, semakin banyak kalori yang kamu bakar, sehingga lebih mudah menjaga berat badan.”

#5. Tai Chi

Martial art dari Cina ini bisa meningkatan kekuatan bagian tubuh bawah dan atas, serta menjaga keseimbangan dan fleksibiltasnya. Tipe olahraga ini juga sangat cocok untuk orang tua karena “keseimbangan merupakan komponen penting kebugaran tubuh, dan keseimbangan adalah sesuatu yang hilang seiring bertambah usia,” kata Dr Lee.

Jadwalkan joging minggu ini, karena meski sebentar manfaatnya sangat luar biasa. Iya, cuma selama ini juga cukup kok.

podcast button