4 Jenis Vitamin Terpenting Untuk Kulit Yang Sehat

jenis vitamin untuk kesehatan kulit
Foto: www.canva.com

Apalagi mengingat bahwa kulit merupakan komponen yang besar di dalam tubuh, sehingga perlu untuk menjaga kesehatannya dengan mengonsumsi vitamin untuk kulit.

Meski banyak yang menyarankan untuk membatasi paparan sinar matahari untuk menjaga kesehatan kulit, akan tetapi tidak selamanya sinar matahari akan memberikan dampak buruk.

Sebab 10-15 paparan sinar matahari dapat membantu memproduksi vitamin D, salah satu vitamin untuk kulit yang terbaik.

Selain vitamin D, masih ada lagi beberapa nutrisi yang perlu kamu cukupi kebutuhannya. Terus gulir artikel ini sampai habis untuk menemukan berbagai vitamin untuk kulit yang wajib dikonsumsi.

Manfaat Vitamin untuk Kulit

jenis vitamin untuk kesehatan kulit
Foto: www.canva.com

Dengan memastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin, hal ini dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan awet muda. Selain itu, berikut beberapa masalah kulit yang bisa diatasi:

  • Noda gelap
  • Kemerahan
  • Keriput
  • Garis halus
  • Kulit kering

Vitamin untuk kulit ini sesungguhnya tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari suplemen hingga yang terkandung di dalam produk perawatan kulit. Selain itu, kamu juga bisa memerolehnya dari berbagai sumber makanan.

Tanda Kulit Kekurangan Vitamin

Foto: www.canva.com

Ketika kulit kekurangan vitamin, hal ini dapat menunjukkan beberapa tanda, di antaranya:

  • Terasa kering
  • Kusam
  • Mudah mengalami peradangan atau iritasi
  • Saat mengalami luka akan sulit sembuh

Tanda dari kekurangan vitamin, secara spesifik akan tergantung pada defisiensi vitamin yang dialami oleh individu.

4 Nutrisi yang Baik Untuk Kulit

jenis vitamin untuk kesehatan kulit
Foto: www.canva.com

Berikut beberapa vitamin untuk kulit yang wajib tercukupi asupannya.

Vitamin D

Vitamin D menjadi salah satu vitamin yang bisa dibuat sendiri oleh tubuh ketika terpapar sinar matahari.

Nutrisi yang satu ini akan diambil oleh hati dan ginjal, kemudian diangkut ke seluruh tubuh untuk menciptakan sel-sel yang sehat, termasuk kulit.

Peran vitamin D untuk kulit adalah membantu proses peradangan dan mendukung beberapa pengobatan penyakit inflamasi atau infeksi.

Selain itu, menurut sebuah studi, calcitriol yang merupakan jenis vitamin D buatan manusia dapat mengobati psoriasis dan mengurangi jumlah peradangan serta iritasi kulit.

Tubuh membutuhkan asupan vitamin D harian sebesar 15 mcg per hari. Untuk meningkatkan asupan vitamin D, hal ini bisa kamu lakukan dengan beberapa cara, yakni:

  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 10 menit
  • Mengonsumsi makanan yang diperkaya seperti serealia, jus jeruk, dan yoghurt
  • Makan sumber vitamin D seperti salmon, tuna, dan minyak ikan

Vitamin C

Banyak dari kita mungkin telah mengetahui bahwa vitamin C merupakan antioksidan terbaik yang memiliki peran penting untuk tubuh. Termasuk melawan kanker dan bekerja untuk produksi kolagen yang mampu menjaga kesehatan kulit.

Berkat hal tersebut, vitamin C pun menjadi salah satu bahan utama yang ditemukan pada banyak produk perawatan kulit anti-penuaan.

Baca Juga :  Sebelum Olahraga Sebaiknya Melakukan Apa? Ini Tahap Yang Harus Kamu Lakukan

Mengonsumsi vitamin C secara oral juga dapat meningkatkan efektivitas tabir surya yang biasa kamu gunakan untuk melindungi tubuh dari paparan sinar UV.

Berkat hal tersebut, maka nutrisi ini dapat mengurangi kerusakan sel dan membantu proses penyembuhan luka.

Kaarena vitamin C tersedia dalam berbagai bentuk, baik itu suplemen, makanan, hingga produk perawatan kulit, maka kekurangan nutrisi ini jarang terjadi. Kadar vitamin yang harus tercukupi oleh tubuh sebesar 75-90 mg per hari.

Kamu bisa memenuhi asupannya dengan makan berbagai sumber vitamin C, seperti:

  • Jeruk
  • Stroberi
  • Brokoli
  • Bayam

Vitamin E

Hampir serupa dengan vitamin C, vitamin E juga merupakan antioksidan yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Nantinya nutrisi ini dapat mencegah munculnya bintik hitam dan kerutan.

Biasanya tubuh akan memproduksi vitamin E melalui sebum atau zat berminyak yang dikeluarkan lewat pori-pori. Jika kadarnya tepat, sebum ini bisa membantu menjaga kondisi kulit dan mencegahnya menjadi kering.

Karena berbagai manfaat tersebut, menjadikan nutrisi ini banyak terkandung di dalam produk perawatan kulit. Tubuh membutuhkan vitamin E sebanyak 15 mg per hari, ini bisa kamu dapatkan dengan cara:

  • Makan lebih banyak kacang dan biji-bijian, seperti biji bunga matahari, almond, dan hazelnut
  • Mengonsumsi suplemen vitamin E
  • Menggunakan produk topikal yang mengandung vitamin E dan vitamin C

Vitamin K

Sebenarnya, vitamin K sangat penting dalam membantu proses pembekuan darah tubuh, di mana memiliki peran untuk menyembuhkan luka, memar, dan area yang terkena operasi.

Pada kulit, nutrisi ini juga dapat mengatasi beberapa kondisi, di antaranya:

  • Stretch mark
  • Bekas luka
  • Noda gelap
  • Lingkaran hitam di bawah mata

Karena manfaat tersebut, tak heran jika kamu menemukan vitamin K yang terkandung dalam beberapa produk perawatan kulit. Tubuh membutuhkan vitamin K sebanyak 90 mcg hingga 120 mcg setiap harinya.

Kamu bisa meningkatkan asupan vitamin K dengan mengonsumsi beberapa sumber makanan, seperti:

  • Kubis
  • Bayam
  • Selada
  • Kacang hijau

Kesimpulan

Foto: www.canva.com

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, maka kamu perlu menjaga asupan vitamin. Apalagi mengingat bahwa kulit memiliki fungsi yang penting dalam tubuh.

Mula dari vitamin C hingga hitamin K, ada banyak nutrisi yang harus tercukupi asupannya. Untungnya, terdapat beragam makanan yang bisa membantumu untuk memenuhi kadar nutrisi tersebut.

Selain dari makanan, kamu juga bisa meningkatkan nutrisi di dalam tubuh dengan mengonsumsi suplemen dan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin di dalamnya.

Selain itu, jika masih ragu untuk memenuhi asupan vitamin, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar mendapatkan informasi dan penanganan yang tepat.