12 Rekomendasi Buah Yang Mengandung Vitamin C Tinggi

buah mengandung vitamin C
Foto: www.freepik.com

Vitamin C memang terkenal memiliki antioksidan kuat dan dipercaya dapat memberikan dampak positif pada kesehatan, terutama dalam fungsi kekebalan tubuh. Apalagi terdapat banyak buah mengandung vitamin C yang mudah untuk ditemukan, sehingga tidak ada alasan untuk terlewat mengonsumsinya.

Mengingat bahwa tubuh manusia tidak bisa memproduksi atau menyimpan vitamin C, maka kamu perlu memastikan asupannya tercukupi. Hal ini bisa diperoleh dengan memakan buah mengandung vitamin C.

Kadar vitamin C yang disarankan adalah sebanyak 90 mg per hari. Ketika tubuh mengalami kekurangan nutrisi ini, maka akan memicu timbuhnya gejala defisiensi, yang ditandai dengan gusi berdarah, sering memar, bahkan anemia.

Tak perlu khawatir, kamu bisa mengonsumsi bahan makanan sumber yang mengandung  nutrisi ini. berikut 12 daftar buah yang mengandung vitamin C di dalamnya.

Kakadu Plum

Foto: www.canva.com

Kakadu plum merupakan buah asli Australia yang mengandung vitamin C 100 kali lebih banyak dibanding jeruk. Buah ini memiliki konsentrasi vitamin C tertinggi, hingga 3000 mg per 100 gram.

Buah kakadu plum juga mengandung potassium, vitamin E, dan antioksidan jenis lutein yang dapat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Ceri Acerola

buah mengandung vitamin C
Foto: www.canva.com

Dalam satu setengah cangkir atau setara dengan 49 gram ceri acerola merah yang memiliki nama latin Malpighia emarginata, mengandung 822 mg vitamin C di dalamnya.

Menurut sebuah penelitian, buah mengandung vitamin C ini memiliki sifat melawan kanker, serta mampu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UVB.

Selain itu, ekstrak ceri acerola juga dapat mengurangi kerusakan DNA yang disebabkan oleh pola makan yang buruk.

Meski bermanfaat, namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan efek dari mengonsumsi ceri acerola secara rutin.

Jambu Biji

buah mengandung vitamin C
Foto: www.canva.com

Buah tropis yang memiliki daging warna merah muda dan putih ini juga kaya akan vitamin C di dalamnya. Dalam satu buah jambu biji mengandung 126 mg vitamin C yang disertai dengan antioksidan likopen.

Sebuah penelitian yang dilakukan selama enam minggu menerangkan bahwa mengonsumsi 400 gram jambu biji kupas atau setara dengan makan tujuh buah per hari, secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total dalam tubuh.

Paprika Kuning

Foto: www.canva.com

Kandungan vitamin C dalam buah paprika akan semakin meningkat ketika matang. Dalam satu setengah cangkir (75 gram) paprika kuning menyediakan 137 mg vitamin C, atau sebanyak dua kali lipat dari jumlah yang ditemukan dalam paprika hijau.

Dengan mencukupi asupan vitamin C, hal ini bisa berdampak baik pada kesehatan mata dan mampu melindungi mata dari katarak.

Sebuah studi menemukan fakta bahwa 300 wanita yang memiliki asupan vitamin C lebih tinggi memiliki risiko 33% lebih rendah terkena katara.

Kismis

Foto: www.canva.com

Buah mengandung vitamin C selanjutnya adalah kismis. Dalam setengah cangkir atau setara dengan 56 gramnya mengandung 101 mg vitamin C.

Manfaat dari buah ini ternyata dapat mengurangi kerusakan oksidatif.

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan sumber vitamin C dan antosianin dapat mengurangi kerusakan oksidatif yang terkait dengan penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan neurodegeneratif.

Kiwi

buah mengandung vitamin C
Foto: www.canva.com

Dalam satu buah kiwi berukuran sedang mengandung 71 mg vitamin C. Sebuah studi menunjukkan bahwa buah yang satu ini dapat mengurangi stres oksidatif, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubu.

Sementara penelitian lain yang dilakukan pada 30 orang menemukan fakta bahwa makan dua hingga tiga buah kiwi setiap hari selama 28 hari akan menurunkan kadar trigliserida hingga 15%, sehingga bisa mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke.

Lemon

Foto: www.unsplash.com

Sudah bukan menjadi rahasia umum jika lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Dalam satu lemon mentah utuh menyediakan 83 mg vitamin C, di mana kandungan nutrisi ini berperan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh.

Leci

Foto: www.canva.com

Buah leci juga ternyata mengandung vitamin C yang tinggi, karena dalam satu leci menyediakan hampir tujuh mg vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang bermanfaat bagi otak, jantung, dan pembuluh darah.

Berkat kandungan yang satu ini, maka leci dikenal memiliki peran dalam sintetis kolagen dan mampu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Kesemek

Foto: www.pexels.com

Kesemek merupakan buah berwarna oranye yang hampir mirip dengan tomat. Kabar baiknya, buah ini ternyata mengandung vitamin C yang tinggi.

Dalam satu kesemek Amerika mengandung 16.5 mg vitamin C di dalamnya, yang dipercaya mampu memberikan dampak yang baik untuk kesehatan.

Pepaya

Foto: www.canva.com

Dalam satu cangkir (145 gram) pepaya menyediakan 87 mg vitamin C yang dapat membantu mempertahankan memori dan memiliki efek anti-inflamasi yang kuat pada otak.

Sebuah penelitian mengungkapkan 20 orang yang mengalami Alzheimer akan mengalami penurunan peradangan dan pengurangan stres oksidatif setelah mengonsumsi ekstrak pepaya selama enam bulan.

Stroberi

buah mengandung vitamin C
Foto: www.canva.com

Satu cangkir stroberi (152 gram) menawarkan 89 gram vitamin C yang disertai dengan kandungan flavonoid, mangan, folat, dan antioksidan lainnya yang bermanfaat.

Menurut sebuah studi, berkat kandungan antioksidannya yang tinggi menjadikan buah ini dapat membantu mencegah kanker dan penyakit pembuluh darah.

Selain itu studi lain juga mengungkapkan bahwa stroberi dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Jeruk

buah mengandung vitamin C
Foto: www.canva.com

Buah jeruk yang berukuran sedang ternyata menyediakan 70 mg vitamin C. Ketika semakin banyak dikonsumsi, maka buah ini bisa mencukupi kadar nutrisi yang disarankan.

Karena memiliki banyak jenis, maka kandungan vitamin C di setiap variasi jeruk akan berbeda. Misalnya setengah jeruk bali yang mengandung 44 mg atau jeruk mandarin yang mengandung 24 mg vitamin C.

Kesimpulan

Foto: www.canva.com

Vitamin C merupakan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan, terutama menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan tidak tercukupinya asupan vitamin ini, maka hal tersebut bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Untungnya terdapat berbagai jenis buah mengandung vitamin C, sehingga kamu bisa memenuhi asupannya dengan mudah.

Dengan mengonsumsi sumber makanan alami, diharapkan bahwa tubuh akan tercukupi asupannya, sehingga kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.