Ingin Memiliki Dapur Bersih dan Kotor? Begini Cara Melakukannya

dapur bersih
Foto: www.freepik.com

Dapur tentunya menjadi ruangan paling penting yang wajib ada pada hunian. Bahkan kebanyakan rumah kini telah memiliki dua dapur yang sering disebut dengan istilah dapur bersih dan dapur kotor.

Selain berbeda nama, ternyata dua ruangan ini juga memiliki fungsi yang berbeda. Simak artikel ini sampai habis untuk menemukan perbedaan dapur bersih dan kotor, serta enam inspirasi model dapur.

Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor

dapur bersih
Foto: www.unsplash.com

Terdapat dua istilah dapur yang sering kali terdapat di dalam rumah, yakni dapur bersih dan dapur kotor.

Dapur bersih

Sesungguhnya dapur bersih biasanya hanya berfungsi sebagai tempat untuk menyiapkan hidangan. Sehingga akan memiliki desain yang lebih rapi, cantik, dan menarik dibandingkan dengan dapur kotor. Jenis dapur ini juga kebanyakan terletak di dekat ruang tamu atau ruang keluarga.

Peralatan yang ada di dalam dapur yang satu ini juga biasanya terbatas, yakni hanya peralatan makan yang telah disusun dengan rapi di atas meja makan. Namun terkadang juga terdapat lemari penyimpanan yang berisi camilan atau makanan cepat saji yang tidak perlu diolah. Di sini juga kamu bisa menyiapkan roti, memotong buah, atau menghangatkan makanan dengan microwave.

Dapur kotor

Sementara dapur kotor merupakan tempat untuk memasak dengan menggunakan banyak bahan dan membutuhkan lebih banyak waktu. Di ruangan yang terletak di bagian belakang dapur bersih atau rumah, kamu bisa melakukan lebih banyak aktivitas, mulai dari mengolah makanan, menyajikan masakan, serta mencuci peralatan dapur.

Dalam dapur kotor, kamu akan menemukan peralatan yang berukuran sedang hingga besar mulai dari piring, gelas, wajan, panci, dan alat makan dan masak lainnya yang berada di dalam lemari penyimpanan.

Tak hanya itu, ruangan ini juga dilengkapi dengan kompor, kulkas, serta oven yang digunakan untuk mengolah makanan. Karena berfungsi untuk melakukan kegiatan memasak, biasanya dapur kotor memiliki area yang lebih luas.

Cara Menjaga Kebersihan Dapur

dapur bersih
Foto: www.rawpixel.com

Baik itu dapur bersih maupun dapur kotor, tentunya kita wajib untuk menjaga kebersihan dari ruangan. Berikut tips menjaga kebersihan dapur:

Cuci semua peralatan setelah digunakan

Setelah menggunakan peralatan memasak atau makan, sebaiknya segera cuci alat-alat tersebut. Pasalnya semakin lama noda kotoran dibiarkan, maka akan semakin sulit untuk dibersihkan. Tentunya peralatan kotor yang dibiarkan menumpuk pun akan membuat dapur terlihat berantakan.

Bersihkan area kompor setelah memasak

Setelah memasak, terkadang area kompor akan dipenuhi dengan cipratan dari minyak maupun bumbu masakan. Untuk itu kamu perlu membersihkannya dengan segera, karena jika dibiarkan maka noda akan semakin menempel dan sulit untuk diangkat.

Selain itu, kamu juga perlu membersihkan area tungku kompor setelah memasak. Karena terkadang terdapat beberapa makanan yang jatuh dan masuk ke dalamnya.

Memastikan sirkulasi udara

Kemudian, hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah memastikan kelancaran dari sirkulasi udara. Jika dapurmu tidak memiliki ventilasi, maka disarankan untuk menambahkan cooker hood yang berfungsi untuk menyerap asap dan aroma makanan serta masakan.

Pasalnya dapur yang bau akan mengurangi semangatmu ketika memasak. Tak hanya itu, aroma yang tidak sedap juga dapat mengganggu seluruh area rumah dan anggota keluarga.

Pisahkan sampah basah dan kering

Terdapat dua jenis sampah yang ada di dapur, yakni basah dan kering. Sampah yang basah biasanya dapat menimbulkan bau yang tidak sedap karena bakteri yang lebih cepat berkembang biak di dalamnya.

Untuk itu, pastikan kamu meletakkan kedua jenis sampah tersebut ke dalam tempat yang terpisah. Pilihlah tempat sampah yang memiliki penutup untuk menghindari menyebarnya bau tidak sedap ke seluruh area.

Bersihkan ruangan secara rutin

Terakhir, kamu dapat membersihkan ruangan secara rutin, mulai dari area kompor, meja, hingga lantai. Tak hanya itu, rajin membuang sampah setiap hari dan tidak menunggunya hingga penuh juga dapat membuat dapur menjadi lebih bersih dan sehat.

Inspirasi Model Dapur

Berikut enam inspirasi model dapur yang bisa kamu terapkan.

Model dapur minimalis

Foto: www.pinterest.com/Futurist Architecture

Salah satu model ruang memasak yang sering ditemui pada kebanyakan rumah adalah dapur minimalis. Ruangan ini memiliki ciri khas penggunaan warna netral seperti putih, hitam, dan abu-abu. Biasanya dapur ini terlihat lebih sederhana karena tidak memiliki banyak dekorasi dan peralatan memasak yang dipamerkan.

Agar dapur minimalismu lebih berwarna dan tidak terkesan membosankan, maka cobalah untuk meletakkan vas bunga atau peralatan makan kecil di atas meja.

Model dapur vintage

Foto: www.pinterest.com/It’s My Living

Ingin dapur bersihmu terlihat unik dan cantik? Cobalah aplikasikan model vintage yang identik dengan furnitur jadul. Biasanya warna-warna lembut yang terkesan usang pun sering kali digunakan pada gaya ruangan vintage, mulai dari hijau telur asin, peach, hingga kuning pastel.

Tak hanya itu penggunaan kabinet pada model dapur ini juga kebanyakan terbuat dari kayu yang memiliki pintu kaca, sehingga perabotan yang ada di dalamnya bisa terlihat dari luar. Kebanyakan peralatan makan yang disimpan pada ruangan ini biasanya terbuat dari keramik dengan motif bunga.

Model dapur industrial

Foto: www.pinterest.com/Alyse

Kini, ruangan dengan gaya industrial marak diaplikasikan pada restoran atau kafe. Namun, kamu juga bisa meniru model ini untuk diterapkan pada area dapur. Terdapat beberapa elemen yang menjadi ciri khas dari gaya industrial, yakni lampu berukuran besar, serta dinding yang terbuat dari bata atau beton.

Bagian lantai di dapur ini juga biasanya dibiarkan polos tanpa material penutup seperti keramik atau kayu. Sementara pada furnitur, kebanyakan ruang memasak gaya industrial akan menggunakan meja dan kursi bar yang terbuat dari besi dengan ditambahkan material kayu di atasnya.

Model dapur shabby chic

dapur bersih
Foto: www.pinterest.com/cecilie

Mungkin desain shabby chic memang sering kali digunakan pada ruang keluarga atau kamar tidur. Akan tetapi kamu juga bisa menerapkan model ini pada area dapur dengan cara menambahkan warna-warna pastel yang cerah, mulai dari merah muda atau hijau.

Selain itu, pencahayaan dari dapur ini tidak perlu seterang model minimalis, karena kamu bisa menggunakan lampu dengan cahaya kuning. Satu hal yang tidak boleh ketinggalan dari ciri khas model shabby chic adalah penggunaan material kayu pada beberapa furnitur.

Model dapur kontemporer

Foto: www.pinterest.com/Plan Reforma

Keunikan dari model yang satu ini adalah disesuaikan dengan perkembangan zaman, sehingga furnitur dan konsepnya dapat berubah-ubah. Umumnya, dapur kontemporer akan memamerkan kabinet dan kitchen island.

Sementara untuk peralatan memasak dapat disimpan dalam lemari kabinet agar tertata lebih rapi. Sering kali dapur dengan model ini dibiarkan terbuka dan menyatu dengan ruangan lainnya.

Model dapur tradisional

dapur bersih
Foto: www.pinterest.com/Glitter Guide

Sesuai dengan namanya, model dapur tradisional sering ditemukan pada rumah-rumah zaman dahulu. Kebanyakan dapur dengan gaya ini didominasi dengan warna cokelat dan furnitur yang terbuat dari kayu.

Selain itu, furnitur dari dapur ini kebanyakan memiliki ukuran yang besar. Karena hal tersebut, maka model dapur tradisional akan lebih cocok untuk diterapkan pada area dapur yang luas.