8 Tips Untuk Membuat Dapur Agar Terlihat Minimalis dan Cantik

dapur minimalis
Foto: www.pexels.com

Minimalis masih menjadi konsep yang digemari oleh banyak orang. Selain menarik, gaya yang satu ini juga memberikan kesan yang simpel namun tetap elegan. Salah satu area rumah yang dapat kamu aplikasikan dengan konsep ini adalah dengan memiliki dapur minimalis.

Jika kamu tertarik untuk merenovasi dan membuat dapur dengan konsep ini, maka kamu berada di lama yang tepat karena LIMONE telah merangkum tips dan inspirasi dapur minimalis yang bisa kamu tiru.

Tips Membuat Dapur Minimalis

dapur minimalis
Foto: www.freepik.com

Berikut 8 cara mengatur dapur agar tetap simpel dan elegan.

Memilih perlengkapan dapur

Peralatan dapur memang merupakan suatu hal yang menarik, tak hanya memiliki bentuk yang unik namun desain serta warnanya juga beragam, sehingga membuat sebagian orang memiliki kebiasaan impulsif ketika membeli peralatan dapur. Namun perlu diingat untuk mementingkan fungsi dari alat yang akan kamu pilih dan pastikan barang tersebut memang menjadi hal yang dibutuhkan.

Minimalisir jumlah alat makan

Kunci dari minimalis adalah memiliki barang yang tidak terlalu banyak, terlebih jika kamu hanya tinggal berdua atau bahkan sendiri. Pasalnya, peralatan makan dalam jumlah berlebih dapat membuat dapurmu terlihat berantakan.

Jika kamu sudah terlanjur memiliki alat makan yang berlebih maka kamu dapat menyimpannya ke dalam laci atau rak yang tertutup sehingga terlihat rapi dan tidak berantakan.

Manfaatkan peralatan multifungsi

Memiliki peralatan yang beragam dan profesional pastinya menjadi dambaan bagi siapapun, terlebih bagi kamu yang memiliki hobi memasak. Namun hal ini dapat kamu siasati dengan memilih peralatan multifungsi yang dapat membuat dapurmu terlihat lebih rapi. Seperti menggunakan oven untuk memanaskan pasta yang sekaligus bisa digunakan untuk memanggang kue.

Siapkan tempat penyimpanan

Trik berbenah ala Marie Kondo ternyata juga bisa kamu aplikasikan pada dapur minimalis. Untuk itu kamu bisa menggunakan tempat penyimpanan untuk beragam benda, seperti alat makan, alat memasak, bumbu dapur, bahan makanan, hingga bumbu dapur. Susunlah dengan rapi dan sejajar agar memudahkanmu ketika ingin mengambilnya.

Hindari peralatan berukuran besar

Tak hanya jumlah, namun ukuran dari peralatan dapur juga perlu kamu perhatikan. Untuk itu pilihlah peralatan yang berukuran kecil dan sedang, terlebih jika kamu yang tidak terlalu sering memasak. Karena peralatan yang sedang akan lebih mudah dibersihkan dan dapat menghemat ruang penyimpanan.

Memilih perpaduan warna

Hal penting yang dapat menunjang dapur minimalismu adalah warna. Untuk membuat dapur terlihat lebih luas, maka kamu dapat memilih warna putih atau warna netral lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memadukannya dengan peralatan dapur dengan warna yang kontras.

Memastikan sirkulasi udara

Sirkulasi udara merupakan hal paling utama yang perlu kamu perhatikan. Udara yang segar dalam dapur minimalis dapat membantu menjaga peralatan makan dan masak agar tetap steril dan higienis.

Usahakan dapurmu memiliki banyak jendela agar sirkulasi udara berjalan dengan baik dan biarkan cahaya matahari masuk ke dalam dapur untuk menjaga kelembapan ruangan.

Tambahkan dekorasi

Meski minimalis, kamu tetap perlu menambahkan dekorasi sederhana yang dapat mempercantik ruangan. Cobalah untuk menaruh tanaman hias atau rangkaian bunga yang dapat membuat dapur menjadi lebih hidup dan segar.

Inspirasi Dapur Minimalis

Foto: www.unsplash.com

Berikut inspirasi dapur minimalis yang bisa kamu tiru:

Dapur dengan nuansa rustic

Foto: www.pinterest.com

Nuansa rustic juga bisa kamu aplikasikan pada dapur dengan menambahkan hiasan dan aksesoris yang khas dengan rumah tua. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan aksen kayu pada dapurmu, seperti menggunakan meja kayu.

Dapur dengan sentuhan abu-abu

dapur minimalis
Foto: www.pinterest.com

Gabungan dari warna hitam dan putih ini memang identik dengan kesan modern dan kamu dapat mengaplikasikannya pada dapur minimalis. Cobalah untuk meletakan kabinet atas dan bawah dengan warna abu-abu, jangan lupa untuk memilih peralatan makan dan memasak dengan warna serupa.

Dapur dengan konsep kontemporer

Foto: www.pinterest.com

Biasanya dapur dengan konsep ini memiliki furnitur yang menggunakan material stainless steel yang mudah dibersihkan dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, konsep ini umumnya memiliki kabinet, kitchen island, dan meja dapur yang berada dalam satu ruangan.

Dapur dengan model skandinavia

dapur minimalis
Foto: www.pinterest.com

Model dapur yang satu ini mengutamakan kebersihan, fungsi, dan ramah lingkungan. Biasanya ruangan ini akan didominasi dengan warna putih, mulai dari meja, kursi, rak, bahkan peralatan makan dan memasak.

Selain itu dapur ini juga memiliki pencahayaan yang terang, baik didapatkan dari lampu maupun sinar matahari dan jendela yang berukuran besar.

Dapur dengan nuansa industrial

dapur minimalis
Foto: www.pinterest.com

Pada umumnya, konsep industrial akan menonjolkan penggunaan lampu besar, dinding yang terbuat dari bata atau beton, serta adanya furnitur besi. Selain itu, bagian lantai pada dapur ini juga dibiarkan tanpa material penutup seperti keramik.

Dapur dengan konsep tradisional

Foto: www.pinterest.com

Konsep tradisional juga bisa kamu terapkan pada dapur minimalis. Ruangan dengan konsep ini biasanya akan didominasi dengan warna cokelat dan furnitur yang terbuat dari kayu, mulai dari meja, lantai, bahkan hingga peralatan makan dan memasak.

Dapur dengan model vintage

dapur minimalis
Foto: www.pinterest.com

Ruangan dengan nuansa ini biasanya memiliki warna-warna usang, seperti pink pastel, hijau pastel, atau krem.  Furnitur yang digunakan juga umumnya terbuat dari kayu yang memiliki pintu kaca.

Sementara peralatan makan dari konsep ini kebanyakan terbuat dari keramik dengan motif bunga atau ayam jago yang masih populer hingga saat ini.