16 Rekomendasi Buku Cerita Non Fiksi Terbaik Sepanjang Masa

cerita non fiksi
Foto: Istimewa

Anggapan “buku merupakan jendela dunia” memang bukan hal yang salah. Pasalnya, dengan membaca buku ternyata kita dapat terbawa ke dalam dunia baru yang penuh dengan kejutan. Tak hanya kisah roman, buku dengan cerita non fiksi yang berisi kisah nyata pun kini banyak digemari oleh pembaca.

Jika kamu tertarik untuk mulai membacanya, maka berikut 16 rekomendasi cerita non fiksi terbaik sepanjang masa.

The Devil in the White City | Erik Larson

cerita non fiksi
Foto: www.amazon.com

Kisah menarik, mengejutkan, dan memikat tentang peristiwa Pameran Dunia 1893 ini merupakan bagian dari sejarah. Menceritakan tentang kepala arsitek Daniel Hudson Burnham dan seorang dokter muda bernama Henry H. Holmes yang dianggap sebagai pembunuh berantai pertama di Amerika.

H. Holmes membangun Hotel Pameran Dunia tepat di sebelah barat tempat pameran yang lengkap dengan meja pembedahan dan kamar gas.

A Short History of Nearly Everything | Bill Bryson

Madilog | Tan Malaka

cerita non fiksi
Foto: www.goodreads.com

Madilog merupakan sebuah akronim dari materialism, dialektika, dan logika yang menjadi titik pokok dari cerita non fiksi ini. Materialisme dalam buku ini merupakan peninggalan pikiran dari Karl Marx dan Friedrich Engels. Dan Madilog mengajak kita menelusuri bagaimana Tan Malaka mengenal prinsip-prinsip logika dasar.

I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki | Baek Se Hee

Foto: www.goodreads.com

Buku ini berkisah tentang perjalanan seseorang yang sedang mengalami distimia. Ia selalu merasa tidak percaya diri dalam menjalani hidupnya, baik itu masalah pekerjaan maupun percintaan. Penulis juga menemukan dirinya terjebak antara keinginan untuk bunuh diri atau makan tteokpokki.

Berbentuk esai dan percakapan antara penulis dengan psikeater, pembaca akan menemukan beragam kalimat yang bisa membantu mengevaluasi dirinya.

Joy at Work | Marie Kondo & Scott Sonenshein

cerita non fiksi
Foto: www.goodreads.com

Dalam buku ini, Marie Kondo dan Scott Sonenshein mengungkap rahasia untuk merasakan kebahagiaan selama di tempat kerja, baik itu di rumah maupun di kantor. Tentunya hal ini bisa kamu lakukan dengan menerapkan strategi membenahi lingkungan fisik dan psikis kita.

Pasalnya siapa yang tidak merasa stres setelah rapat berlarut-larut, tumpukan kertas yang tidak teratur, email yang tidak pernah habis, dan tugas yang selalu datang. Namun Joy at Work akan membantu kita mengatasi tantangan kekacauan dan menikmati kebahagiaan di tempat kerja.

Outliers: The Story of Success | Malcolm Gladwell

The Immortal Life of Henrietta Lacks | Rebecca Skloot

cerita non fiksi
Foto: www.amazon.com

Pada tahun 1951, Henrietta Lack meninggal karena kanker yang dideritanya. Sel dari kanker yang dimilikinya diambil oleh para ilmuwan dan tumbuh subur di laboratorium seluruh dunia.

Sel-selnya telah memengaruhi kehidupan orang-orang di seluruh dunia. Namun hingga saat ini, masih sedikit yang mengetahui sosok Henrietta.

Perjuangan Kita | Sutan Sjahrir

Foto: www.lazada.co.id

Dalam buku ini, terdapat kumpulan surat-surat Sjahrir yang ditujukan kepada istrinya, berisikan tentang situasi awal kemerdekaan, hingga keinginannya agar Indonesia menghargai kemanusiaan.

Surat-surat ini ia tulis ketika ia ditahan di penjara Cipinang (1934), sampai diasingkan ke Boven Digul (1935) dan Banda Neira (1935-1942) bersama Muhammad Hatta.

Man’s Search for Meaning | Viktor E. Frankl

Foto: www.goodreads.com

Cerita non fiksi ini merupakan catatan dari berbagai pengalaman pribadinya yang menjadi tawanan Nazi. Frankl merasakan berbagai ketidakadilan, penyiksaan, dan penderitaan. Menurutnya, kita tidak dapat menghindari penderitaan, namun kita dapat memilih cara untuk mengatasinya, menemukan makna di dalamnya, dan melangkah maju.

Panggil Aku Kartini Saja | Pramoedya Ananta Toer

cerita non fiksi
Foto: www.goodreads.com

Ketika semua orang menyebutnya Raden Ajeng Kartini, namun pemilik nama ini justru meminta untuk memanggilnya tanpa gelar kebangsawanan. Dalam buku ini banyak memaparkan sisi Kartini yang belum diketahui oleh masyarakat. Pergolakan batin yang dialami Kartini membuatnya berbentrokan dengan kondisi lingkungannya saat itu.

Catatan Pinggir 1 | Goenawan Mohamad

Foto: www.goodreads.com

Caping – begitu orang-orang sering menyebut rubrik Catatan Pinggir yang selalu dinanti pembaca Tempo di setiap pekan. Setelah sekian lama, akhirnya diputuskan untuk diterbitkan dalam bentuk buku. Cerita non fiksi ini berisi kegelisahan penulis atau hanya berbagi pandangan terhadap sesuatu yang khusus dibagikan untuk para pembaca,

A Brief History of Time | Stephen Hawking

On Writing: A Memoir of the Craft | Stephen King

Foto: www.amazon.com

Cerita non fiksi ini dibagi menjadi empat bagian. Bab pertama merupakan kehidupan dari raja horor yang satu ini, mulai dari masa kecil hingga pertarungannya dengan alkohol dan momen-momen penting dalam hidupnya. Di bab kedua, King berperan sebagai guru bahasa Inggris dan berpendapat bahwa setiap penulis perlu mengetahui beberapa tools penting yang harus dikuasai.

Sementara pada bab ketiga, ia membeberkan terkait pentingnya kebiasaan menulis dan membaca yang teratur. Dan pada bagian terakhir, ia menceritakan bagaimana menulis bisa membuka jalan bagi kehidupannya.

Atomic Habits | James Clear

cerita non fiksi
Foto: www.goodreads.com

Setiap orang pasti ingin melakukan perubahaan di hidupnya. Melalui buku ini, James Clear memberikan informasi bahwa perubahan besar dalam hidup akan dimulai dari perubahan kecil yang terlihat tidak penting. Misalnya seperti bangun lebih pagi, meditasi, dan lainnya.

Cerita non fiksi ini merupakan hasil dari studi yang dilakukan selama bertahun-tahun tentang kebiasaan. Setelah membaca Atomic Habits, dijamin kamu ingin segera melakukan perubahan dalam hidupmu.

Dari Penjara ke Penjara | Tan Malaka

Foto: www.gramedia.com

Buku Dari Penjara ke Penjara merupakan sejarah hidup Tan Malaka. Awalnya Tan Malaka enggan untuk menulis kisah tentang dirinya sendiri, namun akhirnya para kolega pun memaksanya. Judul Dari Penjara ke Penjara dipilih karena sesuai dengan tokoh revolusioner ini, ia berpindah dari satu penjara ke penjara lain, mulai dari Indonesia, Belanda, Hingkong, dan Filipina.

Jalan Raya Pos, Jalan Daendels | Pramoedya Ananta Toer

cerita non fiksi
Foto: www.goodreads.com

Jalan Raya Pos, Jalan Daendels menceritakan tentang kesaksian peristiwa genosida kemanusiaan yang paling mengerikan di balik pembangunan Jalan Raya Pos atau yang dikenal dengan Jalan Daendels – jalan yang membentang 1000 kilometer dari Anyer hingga Panarukan.