10 Buku Cerita Horor yang Akan Membuat Kuduk Merinding

cerita horor
Foto: Istimewa
Last updated:

Siapa di sini yang senang membaca buku? Menurut riset, literasi membaca di Indonesia masih tergolong rendah. Untuk mengembangkannya, kamu bisa mulai membaca buku yang menarik perhatianmu, buku cerita horor misalnya. 

Cerita horor memang selalu terlihat menarik untuk diikuti. Terlebih ketika alur ceritanya membuatmu penasaran, membuat kuduk merinding, bahkan mungkin takut tidur sendirian. Penasaran buku dengan cerita horor apa yang wajib kamu baca saat sedang ingin adrenali terpacu? Berikut rekomendasi buku cerita horror yang dapat kamu baca.

The Vampire Chronicle: Interview With The Vampire | Anne Rice

cerita horor
Foto: www.goodreads.com

Cerita horor ini mengisahkan tentang perjalanan Louis menjadi vampire di tangan Lestat, seorang bangsawan dari Prancis. Louis pun menemukan seorang gadis bernama Claudia. Awalnya Louis ingin menghibur Claudia, namun karena pengaruh dari pikirannya, akhirnya Louis menjadikan Claudia vampire. Louis dan Claudia pun berkelana menuju Prancis untuk membuat aliansi dan membalaskan dendam kepada Lestat.

Novel ini akhirnya diangkat menjadi sebuah film yang berhasil masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Art Direction dan Best Original Score.

House of Leaves | Mark Z. Danielewski

Foto: www.amazon.com

Cerita horor yang satu ini mengisahkan keluarga muda, Will (sang suami) dan Karen (sang istri), dan anaknya, yang pindah ke sebuah rumah kecil. Mereka menyadari bahwa ada hal aneh dengan rumah tersebutt, yakni rumah ini lebih besar di dalam dibanding ketika dilihat dari luar. Will dan Karen bingung dengan kondisi ini.

Lebih hebohnya lagi, pada hari kedua setelah mereka tinggal, sang anak bercerita tentang hal-hal yang semakin mustahil, seperti makhluk kegelapan, adanya jurang di balik pintu lemari, serta geraman-geraman yang akan merobek dinding dan melenyapkan mimpi mereka. 

A Head Full of Ghost | Paul Tremblay

Foto: www.goodreads.com

A Head Full of Ghost merupakan cerita horor karya Paul Tremblay yang menceritakan kisah masa kecil seorang wanita yang bernama Merry Barrett. Merry kecil memiliki pengalaman yang tidak akan pernah ia lupakan ketika kakak perempuannya, Majorie, bertingkah laku mengerikan.

Konflik keluarganya semakin memanas ketika ayah yang sangat religius tidak setuju dengan ibunya yang menginginkan Majorie dibawa ke psikiater. Pasalnya sang ayah menyangka tingkah laku Majorie akibat kerasukan iblis. Tak hanya itu, hubungan keluarga ini menjadi retak ketika proses penyembuhan Majorie harus ditayangkan di sebuah reality show

The Phantom of the Opera | Gaston Leroux

cerita horor
Foto: www.goodreads.com

Chirstine Daaé dibesarkan di Paris Opera House setelah ayahnya yang merupakan seorang musisi terkenal, meninggal. Sang ayah meninggalkan Christine dengan malaikat pelindung untuk membimbingnya. Setelah beberapa saat, Christine mulai  mendengar suara yang akhirnya mengajarinya cara bernyanyi dengan indah.

Semua berjalan dengan baik sampai Raoul, teman masa kecil Christine mengunjungi opera dan mendengar Christine bernyanyi. Sang suara yang mengajarkan Christine pun cemburu dan melakukan tindakan yang mengerikan. 

The Institute | Stephen King

cerita horor
Foto: www.goodreads.com

Pecinta cerita horor pasti sudah tidak asing dengan nama Stephen King. Di tahun 2019, penulis cerita horor legendaris ini melahirkan kembali karya horornya dengan judul The Institute. Mengisahkan Luke yang diculik setelah kedua orang tuanya dibunuh oleh para penyusup. Saat terbangun, Luke tengah berada di sebuah Institute, ruangan yang tidak memiliki jendela. Ketika membuka pintu ruangan, justru yang terlihat adalah adanya pintu lain.

Dan ternyata, tak hanya Luke yang ada di Institute, terdapat anak-anak lain dengan memiliki bakat khusus. Suasana Institute begitu mencekam karena anak-anak ini merupakan bahan percobaan dari penggabungan kekuatan telekinesis dan telepati. Luke ingin keluar dari Institute untuk meminta bantuan. Namun sayangnya, tidak ada yang pernah lolos dari Institute.

The Island of Doctor Moreau | H.G. Wells

Foto: www.goodreads.com

Seorang pria bernama Edward Prendick terdampar di pulau yang kemudian diselamatkan oleh pria berambut putih yakni Dr. Moreau. Ia adalah seorang bedah hewan yang terkenal dan meninggalkan Inggris setelah eksperimen mengejutkannya dipublikasikan.

Moreau dikenal kejam dan menyimpan rahasia gelap. Ini membuat Prendick ketakutan dan melarikan diri dari Dr. Moreau. Dalam perjalanannya melarikan diri, ia bertemu dengan manusia kera yang mengajarinya hukum yang tidak memperbolehkan memakan ikan, daging, dan manusia lain. Prendick menduga manusia kera ini ada hubungannya dengan Moreau, sehingga memutuskan untuk melarikan diri dan menenggelamkan diri saking putus asa. Namun sayangnya, ia justru kembali bertemu dengan Moreau. 

The Shining | Stephen king

Foto: www.goodreads.com

The Shining merupakan salah satu cerita horor terbaik karya Stephen King. Menceritakan tentang perjalanan keluarga Jack Torrance yang mengasingkan diri di kawasan terpencil. Selama musim dingin, Jack bekerja menjadi seorang pengurus Hotel Overlook. Manajer hotel menginformasikan bahwa pengurus hotel sebelumnya telah membunuh seluruh keluarganya di dalam hotel. Meski sudah mendengar cerita ini, Jack masih bertekad untuk mengurus hotel ini. Pasalnya, ada sesuatu yang ingin dicapai oleh Jack dengan bekerja di sana.

The Exorcist | William Peter Blatty

cerita horor
Foto: www.goodreads.com

Cerita horor ini merupakan novel terlaris versi The New York Time Bestseller. Meceritakan tentang seorang ibu tunggal, Chris McNeil, yang memiliki anak perempuan bernama Regan yang sering berkomunikasi dengan teman imajinasinya melalui papan Ouija.

Merasa aneh dengan tingkah laku anaknya, Chris kemudian membawa Regan ke dokter untuk menjalani perawatan medis. Namun sayangnya kondisi Regan tak kunjung membaik. Para dokter menyarankan Chris bertemu Pastor Karras untuk melakukan ritual pengusiran setan atau exorcism. Namun sang Pastor bersikeras menganggap bahwa kejadian yang dialami Regan bukan salah satu alasan untuk melakukan eksorsis. 

The Haunting of Hill House | Shirley Jackson

cerita horor
Foto: www.goodreads.com

Cerita horor ini merupakan hasil karya milik Shirley Jackson yang diterbitkan tahun 1959. Hill House merupakan rumah tua yang dirumorkan sebagai sarang hantu. Seorang ahli antropologi dan filsafat bernama Dr. Montague akhirnya mengumpulkan data dan mengundang beberapa tamu untuk tinggal di Hill House, yakni terpilih Eleanor, Theodora, dan Luke.

Saat menginap di sana, Dr. Montague dan teman-temannya mengalami banyak kejadian aneh. Eleanor sering mendengar suara anak-anak yang tertawa bahkan menangis, yang membuatnya kesulitan tidur. Belum lagi, karena Eleanor orang yang introver dan selalu menyendiri, ini menyebabkan banyak pikiran aneh muncul di kepalanya. 

The Girl with All the Gift | M. R. Carey

cerita horor
Foto: www.goodreads.com

The Girl with All the Gift merupakan cerita horor dengan tema zombie. Melanie adalah seorang gadis yang tidak menyadari bahwa terdapat virus zombie di dalam tubuhnya. Setiap pagi ia harus menunggu di sel untuk belajar. Ia sangat senang ketika harus belajar mengeja dan menjumlahkan angka. Ia juga antusias menceritakan kepada gurunya hal apa yag akan ia lakukan ketika beranjak dewasa.

Cerita horor ini berhasil mendapatkan penghargaan Goodreads Choice Award kategori horror pada 2014. Serta di 2015 menjadi kategori horor terbaik dalam British Fantasy Award.

Selanjutnya: Ini daftar novel dengan cerita cinta paling toxic.