Ingin Bergaya Ala 80an? Kamu Wajib Memiliki Semua Item Ini

Seperti yang kamu sudah tahu, gaya retro dan vintage kembali lagi. Dan seakan tidak mau kalah, barang-barang mode dari era style 80s juga ikut mendominasi 2020. Apakah kamu tertarik mencoba gaya dari era saat Cyndi Lauper, Winona Ryder dan Madonna menjadi icon fashion? Jika jawabanmu adalah anggukan penuh semangat, berikut 7 item yang wajib kamu miliki untuk bergaya ala 80an dengan sentuhan modern.

Item Wajib untuk Gaya 80s

Plaid Blazer

Plaid blazer adalah salah satu berkat terbesar dari periode 80an. Tidak heran jika sampai sekarang tipe blazer masih menjadi favorit, karena memang sangat mudah dipadukan dengan apapun. Untuk terlihat feminin, kamu hanya perlu mengombinasikannya dengan turtleneck (pastikan ujungnya sedikit terlihat di garis leher blazer) dan pointy-toe flats. Sementara untuk gaya yang lebih kasual, skinny jeans dan t-shirt plus heels sudah lebih dari cukup.

Atau jika jiwa petualangmu sedang membahana, kamu bisa memadumadankan plaid blazer dengan plaid t-shirt dan plaid skirt. Hanya pastikan ada benang merah di antara ketiga item ini (misalnya sama-sama mengandung warna hitam).

& Other Stories – Wool Blend Plaid Blazer
Mango – Check Structured Blazer

Adidas Continental 80

Continental 80 berasal dari periode akhir 80an (sesuai dengan namanya), tapi beberapa kali diperkenalkan kembali dalam beberapa tahun belakangan (tahun 2014 dan 2019). Itulah sebabnya sneakers ini semakin popular. Percaya-tidak-percaya, sneakers ini lebih nyaman dibandingkan Stan Smith! Padukan dengan apapun yang kamu punya di lemari dan dijamin hasilnya adalah style 80s.

Adidas – Continental 80 Shoes
Adidas – Continental 80 W

Puffy Sleeves

Nuh-uh, fenomena ini sama sekali tidak mengejutkan. Lengan dengan bentuk menggelumbung adalah sebuah tren yang terlihat di mana-mana saat ini—dan memang membuat penampilan keren dan chic. Apalagi jika dipadukan dengan jeans dan pump cantik.

ZARA – Blus Motif Garis
H&M – Puff-sleeved Top

Item Metalik

Dibandingkan item lainnya dari era 80an, item metalik memang masih kalah popular tapi sepertinya hal ini akan berubah. Pasalnya, semakin banyak merek yang mengeluarkan koleksi metalik, mulai dari baju, sepatu, hingga aksesoris. Kalau bisa jujur, style 80s tidak akan lengkap tanpa nuansa metalik.

Stella McCartney – Metallic Asymmetric Skirt
Marks & Spencer – Metallic Soft Stud Backpack Bag

Ruffle Collar Blouse

Penggemar Putri Diana? Atasan-atasan dengan bentuk kerah rimpel adalah salah satu gaya andalannya. Dan sepertinya gaya ini menjadi tren di 2020. Entah dipadukan dengan celana bahan, midi skirt, atau high-wasited jeans, atasan ini akan memberikan kesan super chic. Mix and match dengan flare jeans dan heeled boots untuk nuansa lebih modern.

Dorothy Perkins – Spot Frill Collar Shirt
H&M – Puff-sleeved Smocked Blouse

Chain Necklace

Kalung ini berjaya di era 80an, dan sampai sekarang sepertinya tetap dipakai banyak orang. Dan sekarang, berkat semakin banyak merek high-end (sebut saja Chloé dan Bottega Veneta) mengeluarkan koleksi chain necklace, sekali lagi kalung ini menjadi favorit. Padukan dengan kardigan, atau t-shirt dengan kombinasi blazer.

Pieces – Sariah 2-Pack Necklaces
ILLE LAN – Genderless Combi Chain Necklace

Atasan dengan Bantalan Bahu

Jika kamu sering mengeksplor koleksi berbagai merek mode, kamu akan mendapati bahwa baju berbantalan bahu is back! Ini kabar gembira bagi pecinta retro dan style 80s. Padukan dengan skinny jeans atau rok lipit agar terlihat lebih modis.

ZARA – Blus Lapisan Satin Bantalan Bahu
H&M – Sleeveless Top

Rekomendasi Belanja Style 80s

Style 80s
ZARA – Blazer Oversize Kotak-kotak
Style 80s
Mango – Plaid Blazer
Style 80s
Adidas – Continental 80 Low Top Sneakers
Style 80s
TOPSHOP – Ivory Shirred Long Sleeve Top
Style 80s
ZARA – Gaun Polkadot Bersabuk
Style 80s
H&M – Puff-sleeved Top
Style 80s
Christopher Kane – Paisley Sleeves Knitted Jumper
Style 80s
Fitflop – Sania Metallic Skates Sneaker
Style 80s
KEDS – Ace Metallic Suede
Style 80s
H&M – Shimmering Skirt
Style 80s
Philosophy Di Lorenzo Serafini – Ruffle-collar Floral-print Blouse
Style 80s
Mango – Double Chain Necklace
Style 80s
ZARA – Sweatshirt dengan Bantalan Bahu

Selanjutnya: Ini warna terbaik untuk pemilik kulit gelap.

podcast button