8 Tanaman Hias Gantung Ini Akan Membuat Rumah Cantik dan Nyaman

tanaman hias gantung
Foto: www.rawpixel.com

Jangan berkecil hati jika interior bukan bakat atau keahlianmu, karena ada satu cara sederhana untuk membuat atmosfer di dalam rumah menyenangkan. Perkenalkan, si rendah tanaman hias di dalam rumah. Berbeda dengan pajangan atau lukisan yang memang terkadang membutuhkan keahlian tersendiri, tanaman hias bisa menyulap rumah menjadi lebih modis, lebih cerah, bahagia dan homy. Oh, ruang di lantai terbatas? Perkenalkan: tanaman hias gantung.

Bagaimana Memilih Tanaman Hias Gantung

Tanaman Hias Gantung
Foto: www.freepik.com

Sama seperti dengan jenis tanaman lain, kamu harus mempertimbangkan berbagai aspek saat ingin menghiasi rumah dengan tanaman hias gantung agar tanaman segar dan tetap hidup. Ini termasuk jumlah cahaya, air yang dibutuhkan dan faktor kelembapan. Sebagian besar tanaman hias lebih menyukai lingkungan yang stabil. Jadi hindari menggantungnya di depan AC, pemanas ruangan, atau jendela terbuka yang bisa menyebabkannya bergoyang-goyang.

Setelah kamu memilih tanaman hias gantung yang akan menghiasi rumah, pertimbangkan juga akses terhadap tanaman. Jangan sampai kamu menggantungnya terlalu tinggi sehingga menyebabkan sulit memerhatikan tanaman.

Jika kamu bisa bebas naik ke kursi atau tangga untuk meraih tanaman, memilih tanaman yang bisa diairi sekali seminggu bukanlah masalah. Namun jika sulit bagimu untuk naik-turun tangga/kursi, kamu mungkin perlu mempertimbangkan memiih tanaman jenis sukulen yang hanya butuh diairi sekali sebulan.

Oh satu hal: sebagian besar pot tidak memiliki lobang drainase. Jadi, ciptakan drainase sendiri dengan meletakkan beberapa batu di dasar pot, sebelum memasukkan tanah dan tanaman ke dalamnya.

Apa tidak ada ruang untuk menggantungnya? Kamu selalu bisa membuat rak atau menaruh meja kecil sebagai tempatnya.

Pilihan Indoor Plants Gantung Terbaik

Tanaman Hias Gantung
Foto: www.gettyimages.com

Sekarang adalah waktunya memilih tanaman hias gantung. Seperti apa tanaman yang cocok untuk rumah dan kamu sebagai orang yang akan merawatnya? Berikut beberapa pilhan tanaman hias gantung yang bisa kamu pertimbangkan.

Tillandsia

Foto: www.shopee.com

Tanaman air ini merupakan salah satu tanaman ideal untuk digantung karena tidak membutuhkan campuran pupuk tertentu untuk tumbuh. Kamu bisa menggantungnya dengan tali atau memasukkannya ke dalam pot; hanya pastikan ada lubang sirkulasi udara. Untuk perawatan, tillandsia membutuhkan cahaya tidak langsung dan disiram setiap minggu. Untuk memastikan kelembapannya tetap tinggi, kamu bisa menyemprotnya di hari di mana tanaman tidak disiram. Tanaman ini juga cocok untuk kamu yang memiliki hewan peliharaan.

Tanaman Paku Sarang Burung

Foto: www.crocus.co.uk

Tanaman paku sarang burung memiliki ciri khas, yaitu daun dengan ujung bergelombang yang tumbuh seperti paku sarang burung. Tanaman hias gantung ini cocok hidup di kondisi pencahayaan sedang hingga sedikit, dan perlu disiram setiap minggu. Oleh karena sangat menyukai lingkungan lembap, tanaman ini cocok banget ditempatkan untuk kamar mandi dengan jendela.

Peperomia

Tanaman Hias Gantung
Foto: www.pinterest.com

Bentuk daging daunnya yang bulat membuat tanaman ini bisa menyimpan air, sehingga bisa bertahan hidup meski kamu lupa menyiramnya selama tiga hari atau lebih. Tanaman yang aman untuk pemilik hewan peliharaan ini membutuhkan sinar cahaya medium secara tidak langsung, tapi juga tetap bisa hidup saat terpapar sedikit sinar.

Scindapsus Pictus

Foto: www.foliacollective.com

Sering juga disebut Philodendron Perak, tanaman hias ini memiliki ciri khas rambatan yang kurus dan daun-daun hijau dengan bintik-bintik perak. Jika kamu sering ke hutan, tanaman ini biasanya ditemui menjalar di tanah hingga ke pohon. Scindapsus pictus akan hidup makmur jika digantung di ruangan dengan cahaya medium, dan disiram setiap minggu.

Marble Pothos

Foto: www.greeneryunlimited.co

Marble pothos terlihat cantik berkat ukuran daunnya yang bervariasi dan batangnya yang menjalar. Oleh karena ini tanaman ini sangat mudah dirawat dan tumbuh (dengan menggunting batangnya), marble pothos merupakan tanaman ideal untuk pemula. Kamu hanya perlu meletakkannya di posisi yang menerima cahaya sedikit hingga medium, dan menyiramnya setiap minggu.

Pakis Tanduk Rusa (Staghorn Fern)

Foto: www.pinterest.com

Pakis tanduk rusa merupakan tanaman epifit, yakni tumbuh di atas permukaan tanaman lain. Bedanya dengan parasit, tanaman ini tidak mengambil nutrisi dari tumbuhan yang menopangnya. Melainkan mengambil nutrisi dari udara, hujan dan tanah kompos di sekitarnya. Cahaya terang akan membuat mereka tumbuh dengan cantik. Tanaman ini cocok untuk dapur dan kamar mandi, plus pilihan tepat untuk yang memiliki hewan peliharaan.

Ceropegia Woodii

Foto: www.crocus.co.uk

Kamu mungkin sering melihat tanaman ini di Instagram, karena well… memang sangat Insta-worthy. Dan sesuai dengan namanya, tanaman ini mirip untaian hati! Dibandingkan dengan sukulen lain, tanaman ini lebih membutuhkan perhatian karena harus sering disiram, tapi jangan sampai terendam air. Jadi, pastikan menanamknya di dalam pot dengan drainase.

Anggrek

Foto: www.decorholic.co

Ada banyak jenis anggrek yang bisa menjadi tanaman hias gantung. Pilihan pertama adalah anggrek Cattleya, yang memang super cantik dan mengeluarkan bunga wangi setahun sekali. Tanaman jenis ini membutuhkan sinar matahari secara langsung, jadi coba tempatkan di depan jendela dengan banyak paparan sinar matahari. Anggrek jenis ini juga cocok untuk yang memiliki hewan peliharaan.

Pilihan kedua adalah anggrek Vanda. Sama seperti Cattleya, tanaman hias ini juga membutuhkan sinar matahari langsung. Namun bedanya, mereka bisa hidup dengan akar telanjang. Satu yang patut diingat: tanaman ini membutuhkan banyak air, sehingga harus disiram setiap hari.

Pilihan ketiga adalah anggrek dengan batang. Dengan bentuk yang unik, tanaman hias ini memang akan membuat rumah semakin cantik. Akan tetapi, anggrek tipe ini membutuhkan perhatian lebih dibandingkan yang lain. Namun, setelah kamu terbiasa merawatnya, segalanya akan berjalan lancar. Semprot dengan air sekali sehari dan rendam sekali seminggu.

Selanjutnya: 5 tanaman rumah cantik ini sulit mati.

podcast button