Gaya Retro Andalanmu Tidak Akan Lengkap Tanpa 7 Sepatu Ini

Foto: www.gettyimages.com

Jika kamu sudah nyaris eneg dengan 2020 dan ingin bernostalgia ke masa tempoe doeloe di mana bisa nongkrong dan jalan-jalan tanpa mencuci tangan setiap lima menit dan memakai masker setiap saat, retro style adalah pilihan yang tepat. Ingin mengintegrasikan gaya ini ke dalam penampilanmu sehari-hari? Ijin diberikan, tapi pastikan kamu mengusung retro style itu dengan 7 alas kaki ini. Oh, tetap pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak saat memamerkan gaya retro favoritmu, ya.

Nike Cortez

Salah satu iconik sneakers di dunia. Awalnya didesain untuk lari (Forrest Gump memakai sepatu ini saat berlari), tapi berevolusi menjadi simbol anak gaul dan retro style. Untuk yang belum tahu, sepatu ini dirilis pada masa Olimpiade 1972, dan sejak itu dipuja-puji dan dipakai berbagai kalangan.

Padukan dengan apapun yang kamu punya, tapi untuk benar-benar memamerkannya coba kombinasikan dengan shirt dress sederhana.

Nike – Cortez Basic Shoe
Nike – Cortez QS UD ‘Stranger Things’ Sneakers

Sandal dengan Strap Ganda

FYI, sandal ini dianggap sebagai “sandal buruk rupa” dalam dunia mode. Namun, akhir-akhir ini semakin banyak selebriti yang dengan bangga memakainya (sebut saja Katie Holmes, Heidi Klum, Kendall Jenner). Mix & match dengan kaus putih dan wash denim skirt. Atau, kombinasikan dengan blazer untuk penampilan yang lebih memukau dan tidak bisa.

Calvin Klein – Buckled Strap Sandals
Birkenstock – Arizona EVA Sandals

Keds Champion Originals

Keds Champion Originals menguarkan aroma nostalgia dan nuansa retro yang super duper kuat. Belum lagi mereka ini super sederhana, nyaman dan harganya sangat terjangkau! Padukan dengan apapun yang ada di lemarimu, mulai dari gaun, rok lipit, hingga mom jeans.

KEDS – Champion Breton Stripe
KEDS – Champion Wild Rose

Fisherman Sandals

Sandal/ sepatu super nyaman ini tiba-tiba terihat di mana-mana di tahun 2020, dan tersedia dalam berbagai versi. Tidak heran sih, karena model alas kaki ini memang sangat praktis, nyaman dan bisa dijadikan investasi. Dengan kata lain, ini adalah salah satu barang yang bisa kamu beli di 2020 saat semua hal lain membuat kamu bingung dan gelisah. Coba kenakan dengan kaus kaki lucu dan sundress bervolume.

FOREVER 21 – Faux Leather Fisherman Sandals
retro style
Dr. Martens – Geraldo Sandals

Combat Shoes

Gaya grunge dari era 90an ini kembali lagi, jadi tidak heran jika kamu melihat Dr. Martens di mana-mana. Sepatu berbahan kulit berwarna hitam masih menjadi favorit sebagian besar pecinta retro style, tapi jangan ragu untuk memilih yang berwarna putih atau deep burgundy untuk membuat penampilanmu terlihat berbeda.

Apa padu padan yang paling tepat untuk sepatu retro ini? Opposite attract adalah kuncinya. Kombinasikan item-item super feminin seperti rok berbahan sutra atau sweter terbuat dari kasmir dan tas cantik. Hanya pastikan rok yang kamu pakai tidak melebihi bagian tengah betis. Dan hindari boyfriend jeans atau wide-leg pants, karena akan membuat penampilan tidak rapi.

retro style
Marsèll – Combat Boots
retro style
ZARA – Bot Semata Kaki Rata Kulit Bertali

Square Toe

Square toe merupakan bagian dari kejayaan era 90an. Dan model alas kaki ini biasanya muncul dalam berbagai siluet, mulai dari block heel, Victorian, dan masih banyak lagi. Akan tetapi jangan terintimidasi dengan penampakannya, karena sepatu retro sebenarnya mudah dipakai.

Pecinta gaun? Kamu bisa memadukannya dengan dress romantic untuk menambahkan unsur modern. Meski begitu, jangan lupa memperhatikan panjang hem gaun saat memakai square toe sepatu atau sandal. Hindari memakai gaun yang terlalu panjang hingga mencapai ujung kaki. Gaun sepanjang lutut adalah pilihan terbaik.

Bukan pecinta dress? Pasangkan wide-leg pants (terbuat dari denim atau bahan) yang ujungnya tepat berakhir di titik tengah kakimu. Square toe shoes terlihat super ciamik jika dipadankan dengan celana dengan warna yang kontras (celana cokelat, sepatu biru atau sepatu camel dengan celana putih, misalnya).

retro style
Mango – Squared Toe Leather Ankle Boots
retro style
Jacquemus – 80mm Square-toe Mules

Platform Shoes

Era 1970an langsung terlihat saat memakai satu item ini: platform shoes. Entah itu model kulit dengan pernak-pernik metalik atau potongan sederhana, retro style kamu akan terlihat sempurna saat menggunakan alas kaki ini.

retro style
H&M – Platform Sandals
retro style
Steve Madden – Marisol Platform Sandals

Selanjutnya: Ini cara mix and match gaya vintage.