Wajib Baca: 11 Rekomendasi Novel Bahasa Indonesia Terbaik

novel bahasa Indonesia
Foto: Istimewa

Eksistensi novel bahasa Indonesia tidak pernah ketinggalan untuk menarik minat pembaca. Sebab hingga saat ini telah banyak bermunculan penulis dalam negeri dengan karya yang berkualitas.

Di antara banyaknya judul serta penulis yang ada di Tanah Air, terdapat beberapa bacaan yang sangat sayang jika dilewatkan. Berikut 11 rekomendasi novel bahasa Indonesia terbaik yang wajib dibaca dengan jalan cerita yang menarik.

Kekasih Musim Gugur | Laksmi Pamuntjak

novel bahasa Indonesia
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Penggemar karya Laksmi Pamuntjak rasanya tidak boleh ketinggalan untuk membaca Kekasih Musim Gugur. Sebab di dalam buku ini, kamu akan bertemu dengan anak Amba dan Bhisma yang bernama Srikandi (Siri).

Setelah memutuskan untuk hidup di Berlin demi menghindar dari masa lalu keluarganya, karena sebuah kabar Siri pun terpaksa harus pulang ke Jakarta. Seolah dunia masih belum memihak kepadanya, perempuan ini harus kembali menghadapi lika-liku tentang keluarganya.  

Apalagi ketika salah satu pamerannya harus mendapatkan hujatan dan dilarang karena dianggap melanggar asusila.   

Sumur | Eka Kurniawan

Foto: www.gramedia.com

Buku ini bercerita tentang kisah cinta hubungan Toyib dan Siti. Sejak dahulu, Meski telah saling menyukai sejak kecil, namun sayangnya mereka berdua tidak pernah bisa bersama.

Karena suatu kejadian, hubungan antara keduanya pun renggang, bahkan memaksa mereka untuk saling menghindar. Ketika tidak sengaja bertemu di sebuah sumur, Toyib dan Siti sama-sama merasa canggung.

Namun tak disangka, sumur pun menjadi saksi bisu atas pertemuan dan perbincangan antara Toyib dan Siti. Bahkan di tempat itu, sebuah peristiwa tidak terduga kembali membuat mereka berdua harus kembali berpisah.

Rapijali | Dee Lestari

Foto: www.goodreads.com

Ditulis berseri, buku karya Dee Lestari ini terdiri dari tiga bagian yakni Rapijali 1, Rapijali 2: Menjadi, dan Rapijali 3: Kembali. Ketiganya berpusat pada kehidupan Ping dan dunia musik.

Ping merasa bahwa ia telah memiliki semua hal yang dibutuhkan, mulai dari rumah yang penuh dengan alat musik hingga orang-orang yang menyayanginya. Namun dibalik itu semua, Ping diam-diam menyimpan kegelisahan tentang masa depannya.

Kehidupannya pun berubah 180 derajat ketika ia memutuskan untuk pindah ke Jakarta. Sebab gadis ini harus melakukan aktivitas baru, teman-teman baru, dan pastinya tantangan yang baru.

The Star and I | Ilana Tan

Foto: www.goodreads.com

Untuk mencari tahu keberadaan orang tua kandungnya, Olivia Mitchell pun menyewa detektif. Namun disayangkan, usahanya tersebut tidak membuahkan hasil.

Akhirnya sebelum kembali ke Inggris, Olive pun memutuskan untuk memperpanjang masa tinggalnya di New York sampai ia bisa bertemu dengan orang tua kandungnya.

Baca Juga :  11 Novel Kehidupan Masa Remaja Yang Wajib Dibaca

Tiba-tiba, sahabat kecilnya yang bernama Rex menawarkan diri untuk membantunya.

Padahal selama sembilan tahun ini, hubungan Olive dan Rex tidak berjalan dengan baik. Ini disebabkan karena terjadinya kesalahpahaman antara keduanya.  

Off The Record 3 | Ria SW

Foto: www.goodreads.com

Youtuber yang satu ini memang selalu membuat video makanan enak yang dijamin bikin penonton berkeinginan untuk ikut menyantapnya.

Namun selama menyaksikan videonya, mungkin kebanyakan dari kita akan bertanya terkait proses pembuatan video tersebut.

Oleh karena itu, food vlogger ini pun menceritakan kisah di balik perjuangannya, mulai dari menyusun konsep hingga proses penyuntingan. Menariknya buku ini juga ikut dilengkapi dengan ilustrasi lucu yang membuat pembaca tidak merasa bosan.

Jika kamu tertarik untuk mengikuti kisahnya, pastikan bahwa perut sudah berada dalam kondisi kenyang. Supaya tidak ngiler ketika membaca cerita-cerita dari Ria.

Pulang | Leila S. Chudori

novel bahasa Indonesia
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Dimas, Nugroho, Tjai, dan Risjaf merupakan mantan wartawan yang mendirikan Restoran Tanah Air di Paris.

Ini semua terjadi ketika keempat sahabat tersebut tidak bisa pulang ke Indonesia, selain karena tidak berani untuk menghadapi situasi politik saat itu, ternyata paspor mereka juga dicabut.

Padahal, Dimas sendiri sangat ingin kembali ke tanah air, karena baginya ‘Indonesia’ adalah rumah. Sayangnya, pemerintah dan mungkin sebagian warga tidak menghendaki kehadirannya.

Setelah bertahun-tahun hidup di Paris, akhirnya mereka memeroleh status sebagai warga negara Prancis. Dan untuk bertahan hidup akhirnya Dimas, Nugroho, Tjai, dan Risjaf mendirikan restoran masakan Indonesia.

Si Putih | Tere Liye

novel bahasa Indonesia
Foto: www.gramedia.com

Si Putih merupakan hewan kesayangan milik Raib. Bukan termasuk ke dalam hewan biasa, Si Putih lahir di peradaban panjang klan Polaris yang penduduknya memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih serta modern.

Tetapi sebagian besar penduduk Klan Polaris telah melupakan suatu hal, yakni kemampuan unik yang dapat berbicara dengan hewan. Di tengah pandemi yang melanda, Si Putih membantu seorang anak kecil yang terinfeksi virus.

Kucing ini memberinya makan, menyelimutinya, hingga mencarikan air agar anak kecil bernama N-ou ini dapat pulih dan kembali beraktivitas.

Setelah itu, mereka berdua pun memutuskan untuk berjelajah mengelilingi klan Polaris dan memulai petualangan baru.

Negeri 5 Menara | Ahmad Fuadi

novel bahasa Indonesia
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Sejak kecil Alif memiliki cita-cita untuk menjadi seperti B.J. Habibie, namun sang ibu justru menginginkan putranya untuk menjadi seperti Buya Hamka.

Suatu ketika Alif diberikan dua pilihan untuk melanjutkan sekolahnya, yaitu di bidang keagamaan atau di pesantren.

Akhirnya ia pun dengan berat hati memilih untuk mondok di pesantren daerah Jawa Timur. Hal ini membuat ibunya merasa khawatir karena Alif tidak pernah keluar dari tanah Minang.

Untungnya Alif dikelilingi oleh teman-teman dan lingkungan pesantren yang selalu mendukungnya.

Baca Juga :  15 Novel dengan Cerita Cinta Romantis yang Pasti Membuat Hati Meleleh

Hal ini pun lama-kelamaan membuat pandangan Alif menjadi berubah, apalagi perkataan dari pimpinan pondok yang memotivasinya untuk berusaha mencapai mimpinya.

Bumi Manusia | Pramoedya Ananta Toer

novel bahasa Indonesia
Foto: www.goodreads.com

Rekomendasi novel bahasa Indonesia selanjutnya berkisah tentang Minke yang merupakan satu-satunya siswa Indonesia yang bersekolah di HBS. Ia mendapatkan kesempatan ini karena merupakan keturunan priayi.

Di kehidupan saat itu, priayi merupakan golongan tinggi yang diberi hak istimewa untuk menduduki karir yang terhormat. Dengan kecerdasan yang dimilikinya, ia pun berhasil bertemu dengan orang-orang hebat, termasuk Nyai Ontosoroh.

Pria ini mendapatkan banyak pelajaran berharga setelah bertemu dengan Nyai Ontosoroh. Tak hanya itu, ia juga telah jatuh cinta pada Annelies yang merupakan putri dari Nyai Ontosoroh.

Sang Pemimpi | Andrea Hirata

Foto: www.goodreads.com

Arai, Ikal, dan Jimbron merupakan remaja yang berasal dari Belitong yang kini melanjutkan sekolah di Manggar, SMA Negeri pertama yang ada di Manggar. Untuk membiayai sekolahnya, mereka harus bekerja paruh waktu sebagai kulit di pasar ikan.

Meski memiliki latar belakang dan minat yang berbeda, namun Arai, Ikal, dan Jimbron selalu berusaha untuk menguatkan antara satu sama lain. Mereka bertiga pun menjadi sahabat yang saling melengkapi.

Di tahun 2009, novel bahasa Indonesia ini diangkat ke film layar lebar dengan judul yang sama. Karena jalan ceritanya yang menarik, sekuel dari Laskar Pelangi ini berhasil meraih beberapa penghargaan internasional.

Sabtu Bersama Bapak | Adhitya Mulya

novel bahasa Indonesia
Foto: www.goodreads.com

Karena menderita suatu penyakit, Gunawan divonis hanya memiliki waktu selama satu tahun lagi. Namun hal ini tidak membatasinya untuk menyayangi keluarganya.

Sebelum meninggal dunia, ia membuat rekaman yang berisi pesan-pesan untuk kedua anaknya, Satya dan Cakra. Rekaman ini pun akan diputar setiap Sabtu, bahkan hingga mereka beranjak dewasa.

Selama ini, sang istri yang bernama Itje selalu bersikap bahagia dan tenang menghadapi cobaan yang dialaminya. Namun ternyata, ia memiliki sebuah rahasia yang disimpan rapat-rapat.