Wajib Diketahui: Perbedaan Eau de Toilette Dan Eau de Parfum

perbedaan eau de toilette dan eau de parfum
Foto: www.canva.com

Ketika membeli parfum, tak jarang kebanyakan orang akan berlama-lama untuk mencoba beberapa wewangian. Sebab selain memilih aromanya, kamu juga perlu mempertimbangkan bagaimana orang akan mengingatmu. Tidak boleh ketinggalan, wajib hukumnya untuk memahami perbedaan eau de toilette dan eau de parfum, salah satu kategori dasar di dunia wewangian.

Kedua istilah ini sangat penting karena dapat memengaruhimu dalam memilih parfum. Apalagi wewangian ini dapat meninggalkan kesan pada siapa pun yang kamu temui.

Oleh karenanya, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui perbedaan eau de toilette dan eau de parfum, sehingga kamu bisa mendapatkan produk yang tepat.

Perbedaan Eau de Toilette dan Eau de Parfum

Foto: www.canva.com

Sesungguhnya, pembeda utama dari jenis wewangian eau de toilette (EDT) dan eau de parfum (EDP) terletak pada kadar essential oil yang terkandung di dalamnya.

Eau de Parfum (EDP)

Jenis wewangian yang satu ini memiliki kadar yang lebih kuat, karena konsentrasi minyak yang ada di dalamnya lebih tinggi yakni sekitar 15-20%.

Berkat hal tersebut, EDP pun memiliki aroma yang lebih menyengat dan tahan lama dibandingkan dengan eau de toilette (EDT). Biasanya ketahanan aroma dari produk ini dapat bertahan selama empat hingga lima jam.

Akan tetapi konsentrasi ini biasanya akan bervariasi tergantung merek yang digunakan. Namun umumnya parfum akan cenderung lebih padat dan lebih kaya.

Eau de Toilette (EDT)

Meski disebut dengan eau de toilette, namun wewangian ini bukanlah pengharum ruangan untuk toilet. Jenis wewangian ini dianggap memiliki aroma yang lebih ringan dibanding eau de parfum. Sebab mengandung konsentrasi minyak sekitar 10-15%.

Produk yang satu ini biasanya akan terasa segar dan memberikan kesan yang ceria, sehingga akan sangat cocok untuk dikenakan sehari-hari.

Sayangnya, wewangian jenis ini mengandung alkohol tinggi yang dapat membuatnya lebih cepat menguap. Hal ini membuat eau de toilette hanya bisa bertahan selama dua hingga tiga jam.

Apakah Eau de Toilette dan Eau de Parfum Aromanya Sama?

perbedaan eau de toilette dan eau de parfum
Foto: www.canva.com

Jika kedua jenis wewangian ini dibuat dengan bahan yang sama, maka pastinya akan berbau serupa, tetapi tidak persis sama. Eau de parfum akan melepaskan konsentrasi wewangian yang lebih tinggi daripada eau de toilette.

Anggaplah seperti aroma yang sama dalam dua bentuk berbeda, seperti layaknya kembar. Meski akan ada sedikit kesamaan, tetapi masing-masing aroma dari parfum ini pasti akan terasa unik.

Baca Juga :  Apa Saja Kegunaan Belerang Untuk Kulit? Ini Penjelasan Dermatolog

Bagaimana Cara Memakai Eau de Toilette dan Eau de Parfum?

perbedaan eau de toilette dan eau de parfum
Foto: www.canva.com

Tak hanya terletak pada konsentrasi, terdapat perbedaan eau de toilette dan eau de parfum dalam penggunaannya.

Ketika mengaplikasikan  eau de parfum disarankan untuk hanya menggunakannya di area-area tertentu. Seperti pada pergelangan tangan bagian dalam, di dalam siku, leher, belakang telinga, atau belakang lutut.

Titik-titik tersebut akan menghasilkan suhu panas tubuh lebih tinggi, sehingga nantinya dapat membantu penyebaran aroma parfum ke seluruh tubuh.

Sangat disarankan untuk mengoleskan pelembap tubuh terlebih dahulu sebelum menggunakan wewangian. Kondisi kulit yang lembap dapat menahan aroma parfum agar lebih lama.

Eau de parfum juga sangat cocok untuk digunakan saat beraktivitas di malam hari dan cuaca yang lebih dingin. Karena aroma dari jenis wewangian ini akan lebih cepat menghilang ketika udaranya kering.

Sementara untuk penggunaan eau de toilette, kamu bisa menyemprotkannya ke seluruh bagian tubuh. Atau bisa juga hanya ke titik-titik denyut nadi seperti pergelangan tangan, sisi kanan dan kiri leher, serta belakang siku.

Ketika cuaca terasa panas, cobalah untuk menyemprotkan eau de toilette yang ringan namun menyegarkan.

Bagaimana Memilih Eau de Toilette dan Eau de Parfum?

Foto: www.freepik.com

Cara yang paling sederhana untuk memilih eau de toilette dan eau de parfum adalah dengan bertanya kepada diri sendiri seberapa kuat aroma yang diinginkan.

Untukmu yang menyukai aroma kuat dan tidak terlalu mempermasalahkan tekstur yang berat dan kental, maka pilihlah EDP.

Selain itu, ketika aktivitas sehari-hari sangat padat dan tidak memiliki banyak waktu untuk menyemprotkan parfum sesering mungkin, maka eau de parfum dapat menjadi pilihan yang tepat. Karena jenis wewangian ini akan tahan lebih lama.

Namun jika kamu menyukai aroma yang ringan dan ingin menggunakan wewangian yang praktis, maka pilihlah eau de toilette. Sebab EDT memiliki bau yang menyegarkan.

Sayangnya, jenis wewangian ini kurang cocok untuk diaplikasikan pada pemilik kulit sensitif. Sebab kandungan alkohol yang tinggi di dalam produk ini bisa memicu munculnya iritasi pada kulit.

Rekomendasi Produk

Berikut enam rekomendasi parfum yang bisa menginspirasimu.

Versace Crystal Noir Pour Femme Eau de Toilette

Wewangian ini akan identik dengan aroma yang seksi, mewah, dan pastinya membuatmu tampil lebih percaya diri.

Dengan teksturnya yang ringan, kamu tetap bisa meninggalkan kesan yang menarik berkat aroma bunga-oriental yang feminin dan lembut.

Coach For Woman Eau de Parfum

Narciso Rodriguz For Her Fleur Musc Florale Eau De Toiletee

Pencampuran aroma bunga ini dapat membuat aroma tubuhmu terasa lebih hangat. Wewangian yang khusus dibuat untuk wanita ini diformulasikan agar memberikan aroma pink pepper dan bergamot di bagian atasnya.

Kemudian pada bagian tengah akan muncul aroma mawar dan musk. Sementara pada dasarnya akan mengeluarkan aroma woodsy notes, patchouli, dan amber.

Chloé Absolu de Parfum

Kombinasi antara mawar Damascena dengan mawar Centifolia, membuat wewangian ini terasa sangat lembut untuk digunakan. Wewangain yang ikonik ini benar-benar terasa elegan untuk dikenakan.

Apalagi dengan kemasannya yang sangat cantik dan dihiasi dengan pita halus, menjadikannya tampak semakin mewah.

Dior Miss Dior Roller Pearl Eau de Toilette

Eau de toilette ini berpusat pada aroma grasse rose yang dipanen setiap bulan Mei dan sesuai dengan tradisi.

Hal ini bertujuan untuk melestarikan semua sifat bunga yang berharga ini. Dijamin, kamu akan terkesan sangat lembut, menarik, dan lebih feminin.

Ini juga merupakan opsi terbaik untukmu yang kurang suka menyemprotkan parfum, sebab wewangian yang satu ini bisa kamu gunakan dengan mengoleskannya .

Gucci Flora Gorgeous Gardenia Eau De Parfum

Wewangian ini memadukan aroma gardenia cantik yang berkolaborasi dengan bunga matahari dan bunga lainnya yang dapat membuatmu merasa segar. Ini menjadi salah satu parfum terbaik ketika kamu ingin memberikan kesan yang menyenangkan dan penuh energi.