13 Cerita Cinta Super Sedih yang Membuatmu Menangis Tersedu-sedu

cerita cinta sedih
Foto: Istimewa

Jatuh cinta memang menjadi salah satu hal indah yang bisa dirasakan oleh kebanyakan orang. Akan tetapi tidak semua orang memiliki kisah cinta yang mulus, sebut saja perjalanan cinta Romeo dan Juliet. Meski cerita cinta sedih terkadang menyedihkan, namun banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kisan tersebut.

Jika kamu sedang sedih dan membutuhkan bacaan yang bisa membuatmu menangis tersedu-sedu, maka berikut  13 rekomendasi cerita cinta sedih yang bisa kamu baca. Perhatikan mata sebelum keluar rumah, karena bisa jadi kondisinya bengkak.

A Walk to Remember | Nicholas Sparks

cerita cinta sedih
Foto: www.goodreads.com

Novel karya penulis kenamaan Amerika Serikat ini menceritakan tentang sosok Landon Carter yang jatuh cinta terhadap Jamie Sullivan. Sayangnya, mereka memiliki kehidupan yang berbeda 180 derajat.

Awalnya Jamie menolak kehadiran Landon di hidupnya, terlebih sang ayah juga melarangnya untuk berkencan. Namun lama-kelamaan Jamie tidak bisa menyembunyikan perasaannya dan terus meyakini ayahnya. Hingga sang ayah akhirnya luluh dan berpesan agar Jamie mengatakan dengan jujur kepada Landon tentang keadaan Jamie yang sebenarnya.

PS, I Love You | Cecelia Ahern

Foto: www.goodreads.com

Selepas ditinggal mati suaminya, Holly Kennedy merasa sangat kehilangan dan menyangka bahwa kehidupannya juga akan ikut berakhir. Ia juga merasa tidak mampu untuk menjalani kehidupannya. Pasalnya, perempuan ini sangat mencintai Gerry.

Untungnya Holly tidak sendirian, ia masih memiliki keluarga dan sahabat yang mendukungnya. Selain itu, ternyata Gerry juga telah mempersiapkan surat-surat yang berisi dukungan untuk Holly agar dapat melanjutkan hidupnya. Seperti judulnya, Gerry selalu menambahkan “P.S I Love You” di setiap akhir surat.

Forbidden | Tabitha Suzuma

Foto: www.goodreads.com

Cerita cinta sedih ini datang dari kakak-beradik Lochan dan Maya. Mereka berdua harus menggantikan sosok kedua orang tua untuk menjaga ketiga adik mereka. Pasalnya ibu mereka merupakan pecandu alkohol, sementara sang ayah telah menikah lagi dan pindah ke Australia.

Dipaksa untuk bertanggung jawab dan tumbuh dengan cepat demi adik-adik mereka, hal ini secara tidak sadar justru membuat mereka lebih dekat dibanding saudara kandung. Hingga akhirnya mereka saling jatuh cinta meski mengetahui bahwa hubungan ini salah dan tidak mungkin untuk dilanjutkan.

Gone with the Wind | Margaret Mitchell

Foto: www.goodreads.com

Sejatinya, hidup bukanlah cerita dongeng dengan akhir yang bahagia. Begitu pun yang dialami oleh Scarlet O’Hara ketika harus mengetahui bahwa pria yang ia sukai akan bertunangan dan menikah dengan gadis lain.

Dengan penuh kemarahan, ia memutuskan untuk menerima lamaran dari seorang pemuda bernama Charles. Sayangnya, seminggu setelah pernikahan, Charles harus pergi berperang. Kejadian itu membuat Scarlett kehilangan suaminya dan menjadi seorang janda.

The Phantom of the Opera | Gaston Leroux

cerita cinta sedih
Foto: www.goodreads.com

Dongeng tentang malaikat musik memang sudah sering didengar Christine sejak kecil. Namun ia tidak menyangka bahwa akhirnya akan dipertemukan dengan sosok tersebut.

Ketika ia sedang mempersiapkan pertunjukkannya di opera Paris, Christine mendengar suara nyanyian yang sangat indah. Lambat-laun suara itu mulai berbicara dan memperkenalkan dirinya sebagai sang malaikat musik.

Sosok tersebut akhirnya menawarkan bantuan pada Christine untuk mengajarinya bernyanyi. Namun di saat yang bersamaan, muncul rumor terkait hantu opera yang sering kali berkeliaran dan diduga telah membunuh salah satu petugas opera.

The Storyteller | Antonia Michaelis

Foto: www.amazon.com

Sepertinya kebanyakan remaja memiliki mimpi untuk bisa menjelajahi banyak hal. Begitu juga yang dialami oleh Anna, apalagi setelah ia menemukan boneka anak-anak milik Abel Tannatek, seorang penjual obat terlarang di sekolahnya.

Bukannya menghindar, Anna justru tertarik dan terpesona dengan laki-laki ini, bahkan ingin belajar lebih banyak tentang kehidupannya. Hingga akhirnya, Anna tiba di rumah Abel dan menemukan seorang gadis berusia enam tahun bernama Micha, yang merupakan adik dari Abel.

Stolen: A Letter to My Captor | Lucy Christopher

Foto: www.goodreads.com

Saat itu, Gemma yang berusia enam belas tahun diculik dari bandara Bangkok dan dibawa ke pedalaman Australia. Gemma hanya memiliki dua pilihan, bertahan sampai ia bisa menemukan cara untuk melarikan diri, atau justru menyerah dan menghadapi siksaan yang tak ada habisnya.

Sang penculik, Ty, merupakan seorang pria yang masih muda dan sangat tampan. Ia tidak bermaksud jahat, dan justru mengira bahwa Ty telah menyelamatkan Gemma dengan cara menculiknya. Cerita cinta sedih ini berbentuk sebuah surat yang ditulis oleh Gemma kepada Ty.

The Scarlet Letter | Nathaniel Hawthorne

cerita cinta sedih
Foto: www.goodreads.com

Ketika harus mendapatkan sanksi sosial dengan mengenakan huruf A merah yang menyala di dadanya, Hester tetap berusaha tenang untuk menghadapi cobaan hidupnya. Alasan ia mendapatkan hukuman tersebut karena Hester dianggap sebagai pendosa dan telah mengandung anak hasil dari hubungan gelap ketika suaminya tengah bekerja di Boston.

Sang suami akhirnya kembali dengan identitas baru bernama Roger Chillingworth. Ia mengunjungi Hester dan bayinya di penjara, dan memaksa Hester untuk mengungkapkan pria yang telah menghamilinya.

The Thorn Birds | Colleen McCullough

Foto: www.goodreads.com

Setelah menjanda selama 33 tahun, Mary Carson akhirnya merasakan hawa segar ketika ia tertarik dengan seorang pastor bernama Ralph de Bricassart. Pemilik dan penguasa lahan luas bernama Drogheda ini merasa bahwa pastor Ralph memiliki kebaikan dan sifat yang patut diacungi jempol karena mau membantu umatnya yang membutuhkan.

Namun sayangnya, Ralph justru sedang membuat rencana dengan memanfaatkan kekuasaan serta kekayaan Mary demi menggapai cita-citanya.

One Day | David Nicholls

cerita cinta sedih
Foto: www.goodreads.com

Dexter merupakan sosok laki-laki yang telah dikagumi Emma sejak lama. Di hari kelulusannya, secara tidak sengaja Emma berhasil berbincang-bincang dengan Dexter. Keduanya pun menjadi akrab hingga akhirnya Dexter memutuskan untuk menginap di apartemen Emma.

Namun keesokan harinya, mereka berdua harus berpisah untuk menjalani kehidupannya masing-masing. Karena tidak ingin saling kehilangan, akhirnya sebuah janji pun dibuat dan mereka harus saling bertemu serta berbagi cerita di tanggal 15 Juli setiap tahunnya. Hal itu pun akhirnya dilakukan selama 20 tahun.

Salt to the Sea | Ruta Sepetys

Foto: www.amazon.com

Buku ini menceritakan tentang perjalanan Florian, Emilia, dan Joana yang tidak sengaja bergabung dalam rombongan warga sipil yang sedang mencari tempat yang aman. Pasalnya, saat itu sedang terjadi peperangan antara Jerman dan Rusia.

Mereka sepakat untuk melanjutkan perjalanannya menuju pelabuhan Gotenhafen agar bisa menaiki kapal pengungsian. Namun ternyata, petualangan mereka tidak berhenti sampai di sana, karena Florian, Emilia, dan Joana harus bertahan hidup ketika Kapal Wilhelm Gustloff yang mereka naiki ditembak oleh tentara Rusia pada malam hari.

Message in a Bottle | Nicholas Sparks

cerita cinta sedih
Foto: www.amazon.com

Bagi Garret, menulis surat dan memasukkannya ke dalam botol merupakan satu-satunya cara untuk mengungkapkan cintanya kepada gadis yang telah hilang dari hidupnya. Namun, siapa sangka jika botol tersebut justru ditemukan oleh Theresa Osborne, ketika ia sedang berlibur di pantai. Merasa penasaran dengan sosok dibalik surat tersebut, Theresa pun memutuskan untuk mencari Garret.

The Book Thief | Markus Zusak

Foto: www.goodreads.com

Novel ini dinarasikan oleh malaikat maut dengan menceritakan tentang Liesel, seorang pencuri buku yang harus kehilangan adik dan ibunya. Ketika pemakaman adiknya, Liesel menemukan sebuah buku dan ia pun mencuri buku tersebut.

Karena tidak bisa membaca, akhirnya ayah angkatnya, Hans, berusaha mengajarinya dengan sabar. Di tengah situasi Jerman yang sedang memanas, benda itu pun tetap menjadi senjata rahasia bagi Liesel.