Ingin Stres Berkurang saat Pandemik? Lakukan Aktivitas Super Sederhana Ini

Foto: www.gettyimages.com

Salah satu efek social distancing dan pandemik: mood kamu bisa turun drastis. Dan kabar baiknya, ada satu aktivitas yang bisa membuat suasana hatimu membaik. Aktivitas ini tidak membutuhkan usaha, kerja keras apalagi modal. Gratis. Sudah bisa menebak aktivitas apa yang dimaksudkan? Uh-uh, jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah: tidur!

Aktivitas Apa yang Bisa Memperbaiki Mood?

Hasil penelitian ini didapatkan oleh para ilmuwan baik hati dari Iowa State University. Diterbitkan di American Journal of Preventive Medicine, studi ini menemukan bahwa mengganti waktu sedentari dengan tidur bisa mengurangi stres, memperbaiki mood, dan menurunkan body mass index (BMI).

Yap, tidur. Wow.

Mudah, ya?

Namun, para peneliti ini menyarankan untuk memiliki pola tidur yang sehat untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tidur. Yakni, tidak begadang menonton TV, tidur lebih dini dan bangun pagi pada waktu yang sama setiap hari. Dengan begini, tubuh akan mendapatkan waktu yang cukup untuk pulih. “Tidur juga merupakan sesuatu yang unik karena di saat itu kamu tidak melakukan hal lain yang problematik, seperti makan junk food saat duduk di depan TV,” jelas Jacob Meyer, penulit utama dan asisten profesor kinesiologi di Iowa State University.

Kok profesor ini tahu ya, kebiasaan kita?

Adakah Aktivitas Positif Lain untuk Menjaga Kesehatan Mental?

Selain tidur, ada satu hal lagi yang disarankan peneliti ini untuk memperbaiki suasana hatimu, yakni dengan melakukan aktivitas fisik ringan. Seperti, berjalan beberapa langkah di sekitar rumah, berdiri, atau melakukan pekerjaan rumah.

Dan tidak hanya mempengaruhi mood-mu hari ini, aktivitas ringan juga menurunkan BMI bahkan sampai tahun depan.

Hasil penelitian ini didapat setelah mengamati sejumlah partisipan dari usia 21 sampai 35 tahun selama 10 hari. Para partisipan ini menggunakan armband yang merekam pengeluaran energi, pola tidur, dan aktivitas fisik dan sedentari waktu yang dilakukan oleh mereka.

itulah sebabnya, Meyer mengatakan bahwa penelitian ini memberikan harapan bahwa aktivitas fisik ringan pun bisa memiliki efek positif bagi kesehatan. Dan ini merupakan sebuah kabar baik. Alasannya?”Akan lebih mudah bagi seseorang untuk mengubah perilakunya jika mereka merasa hal tersebut sederhana dan tidak membutuhkan perubahan besar,” katanya.

Dan meski penelitian ini dilakukan sebelum pandemik COVID-19, Meyer mengatakan bahwa hasil tersebut penting diketahui semua orang, mengingat isu kesehatan mental yang menjadi kekhawatiran banyak orang saat ini.

“Dengan melihat apa yang terjadi saat ini, ini [kegiatan fisik ringan] adalah sesuatu yang bisa kita lakukan dan ini berpotensi membantu kesehatan mental kita,” tegasnya.

Well, silakan merebahkan diri. Dan jangan lupa setelah bangun, cuci piring, cuci baju dan bersihkan rumah.

Selanjutnya: Saat masih di tempat tidur, lakukan hal ini agar suasana hatimu semakin membaik.

podcast button