Cara Jitu Tetap Positif Saat Orang Lain Terasa… Ugh… Menyebalkan

Foto: www.gettyimages.com

Asyik, musim liburan, nih! Sisi positif: bisa rebahan seharian. Sisi negatif: akan menghadiri cukup banyak pertemuan sosial sehingga kemungkinan besar akan bertemu dengan orang-orang tertentu yang selalu berhasil membuatmu ingin menjambak rambut sendiri karena kesal. Bagaimana caranya agar tetap positif (well, paling tidak 90% waktu) meski tingkah laku seseorang (selalu orang yang sama, kok) membuatmu ingin memancarkan sinar laser ala Superman ke jempol mereka? Seorang penulis dan blogger Dani DiPirro menuliskan di MindBodyGreen tentang tiga cara agar tetap positif meski lawan bicaramu memancarkan aura negatif.

Jangan Terlalu Diambil Hati secara Personal

Kalau kata teman di benua sebelah, ‘don’t take it personally‘. Pasalnya, saat suasana hati orang lain sedang sekelam Laut Mati, terkadang tidak ada kaitannya denganmu. Dan setiap orang punya hari menyebalkan dan kesulitan yang tersimpan. “Sangat sulit mengetahui apa yang sebenarnya berada di pikiran seseorang, jadi bisa sangat membantu jika kamu tidak mengambil hati setiap ucapan atau tindakan negatif secara personal,” saran DiPirro.

Ohm… Fokuslah pada Diri Sendiri

Sadari: kamu tidak bisa mengontrol tindakan orang lain, tapi kamu selalu bisa mengendalikan fokus, tindakan dan reaksimu. DiPirro menyarankan agar kamu berefleksi dan bertanya pada diri sendiri bagaimana cara tetap bisa bereaksi positif ketika orang lain negatif. Ingat: tujuan adalah bukan untuk memperbaiki tingkah laku orang lain, tapi dirimu sendiri.

Latih Diri untuk Mengucap Syukur

Well, well, ini memang sulit apalagi jika kamu merasa aura negatif dipancarkan dari seluruh penjuru mata angin oleh orang lain. Akan tetapi ada manfaatnya, karena “setiap interaksi negatif adalah sebuah kesempatan untuk melatih pikiran positif,” tulis DiPirro. Misalnya, saat melihat seseorang terus bersikap negatif, kamu bisa belajar untuk ‘syukurlah aku tidak seperti dia’.

Salah satu cara untuk menjadi orang positif: mengeliling diri dengan orang-orang positif. Begini cara melakukannya menurut psikolog. Dan ini adalah cara membantu anak memiliki pribadi positif dan bertanggung jawab. Dan ini trik menyebarkan aura positif di kantor.

podcast button