Upgrade Dirimu! Perlihatkan Sikap Positif Berikut Ketika Bekerja

Foto: www.freepik.com

Sedang ada wawancara kerja nih, di istana negara—apakah kamu menjadi salah satu yang dipanggil? Yang pasti apa pun profesimu saat ini, keahlian bukanlah satu-satunya. Tingkah dan sikap positif dan baik juga patut diperhatikan. Dua hal ini saling melengkapi dan membuat kariermu melaju pesat. Apa yang bisa membuatmu menjadi pekerja yang lebih positif dan dihargai oleh si bos? Berikut beberapa tipsnya. Psst… boleh nih, dibagikan kepada calon menteri (oops!).

Tepat Waktu

Informa – Jam Weker Twin Bell Alarm 80h8 10cm (Merah)

Ini harus dilakukan oleh penghuni kantor lama dan baru. Kesannya aangat tidak kompeten jika kamu sering terlambat ke kantor maupun mengikuti meeting kerja. Jangan menunda pekerjaan, selesaikan pekerjaanmu sesuai waktu yang ditentukan. Secerdas apapun kamu, jika tidak tepat waktu, citra negatif akan tercap dengan sendirinya. Jadi pintar-pintarlah membagi waktu.

Sopan Santun

Sheryl SandbergLean In

Lidah memang tidak bertulang, apalagi jika ada klien yang sikapnya merasa maha benar dan maha tahu. Akan tetapi, penting untuk tetap menjaga emosi dan sopan kepada siapa pun, termasuk klien, teman kerja dan bos. Dan sedekat apa pun kamu dengan atasan maupun rekan kerja, perlakukan mereka dengan sikap menghargai.

Selain memperhatikan pola bicara, tunjukkanlah sikap menghargai dalam hal bertingkah laku. Misalnya, ketika atasan atau rekan kerja berbicara denganmu tatap matanya dan jangan sesekali menggunakan ponsel di hadapannya. Perkataan dan perbuatan sangat menentukan dalam hal pencapaian karirmu.

Tebarkan Senyuman dan Ucapkan Terima Kasih

Oslo DavisThis Annoying Life

Kamu terlihat galak dan susah senyum? Siapa sangka senyum adalah hal yang mudah tapi sulit untuk dilakukan. Ketika kamu sulit untuk menyapa, belajarlah pelan-pelan dengan cara: memberikan senyuman pada tiap orang yang kamu temui. Selain menandakan kamu orang yang ramah, dengan senyuman kamu bisa lebih percaya diri dan membuat orang lain luluh. Ohya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada kepada siapa pun yang sudah membantumu (baik bantuannya kecil atau besar).

Menjadi Pendengar yang Baik

Kim ScottRadical Candor

Selain kontak mata secara langsung, menjadi pendengar yang baik merupakan salah satu komponen penting dalam pekerjaan. Sudah bukan rahasia, memiliki kemampun mendengar yang baik bisa menjadi modal sukses di dunia kerja. Dengarkan hal apa pun yang dibicarakan rekan kerja maupun atasanmu, maka kamu akan dianggap lebih antusias ketika bekerja.  Berikanlah perhatian lebih atau respon yang baik ketika mendengar, dengan menatap mata mereka, tidak menyela pembicaraan, dan berikan reaksi dengan mengangguk kepala pertanda paham.

Tunjukan Kemampuanmu

Michelle ObamaBecoming

Saat ada pembagian kerja, melakukan pekerjaan secara maksimal akan menjadi nilai positif bagi dirimu.

Selain itu, ambil inisiatif karena ini akan memperlihatkan bahwa kamu antusias dalam bekerja. Inisiatif dapat ditunjukkan dengan melakukan hal-hal sederhana seperti memulai pembicaraan dengan rekan kerja, atau dengan memberi usulan atau masukan walaupun tidak diminta. Namun, lakukanlah sesuai porsinya; terlalu berinisiatif akan cenderung mencampuri urusan orang lain. Akibatnya, kamu bakal tidak disenangi atasan maupun rekan kerja.

Terbuka Terhadap Kritik dan Saran

Chic & DarlingCall Upon Me Print

Mungkin ketika bekerja kamu melakukan kesalahan, jangan mengeluh apalagi mengelak jika atasan maupun rekan kerja memberimu kritik dan saran.  Terbukalah untuk kritikan, karena sesungguhnya kritikan akan membuatmu lebih baik.  Caramu menerima kesalahan akan membuat atasan atau rekan kerja percaya bahwa kamu mampu melakukan semua hal dan belajar dari kesalahan.

Hal-hal di atas terlihat “kecil”, tapi kekuatannya “besar”. Lakukanlah hal-hal tersebut, maka kariermu akan semakin berkembang. Begitu pula dengan karaktermu sebagai individu. Butuh tips lain? Coba baca tips ini tentang menjadikan ruang baca di rumah nyaman.

podcast button