Ini Cara Tersehat Membuat Kopi

kopi yang disaring
Foto: www.rawpixel.com

Bagaimana cara kamu membuat kopi favoritmu di rumah atau di kantor? Yuh-uh, metode brewing ternyata memiliki peranan penting agar kamu bisa mendapatkan lebih banyak hal baik dari secangkir kopi. Untuk kamu yang coffee freak, pasti tahu bahwa meminum kopi memiliki banyak manfaat kesehatan. Sebut saja umur lebih panjang, mengurangi risiko mengidap diabetes dan penyakit kronis lainnya. Namun, metode brewing manakah yang lebih tepat? Jawabannya: kopi yang disaring.

Mengapa?

Sebuah publikasi yang diterbitkan di European Journal of Preventive Cardiology menemukan bahwa kopi yang disaring (filtered coffee)—bukan hanya menyeduh biji kopi dengan air panas—lebih baik untuk kesehatan. Terutama untuk orang yang lebih tua.

Kesimpulan ini didapat oleh para peneliti setelah menganalisa respons survei dari lebih 500.000 peminum kopi. Partisipan dalam kondisi sehat dan berusia antara 20 sampai 79 tahun yang diikuti selama kira-kira 20 tahun.

Pada orang yang berusia kurang dari 60 tahun dan meminum kopi satu sampai empat gelas per hari, yakni filtered coffee, memiliki angka penyakit pembuluh darah dan kematian yang rendah. Hal ini tetap terjadi bahkan ketika mereka berusia 60 tahun atau lebih, hanya saja kondisinya berubah dan menjadi lebih negatif pada mereka yang minum kopi lima gelas atau lebih per hari.

Meski studi ini bersifat observasi dan belum membuktikan filtered coffee lebih sehat dari pada yang tidak disaring (unfiltered coffee), tapi hal ini masuk akal.

“Kopi yang tidak disaring mengandung diterpenes, senyawa yang bisa meningkatkan kolesterol, dan penelitian ini menyebutkan bahwa kopi yang tidak disaring memiliki diterpenes 30 kali lebih banyak daripada kopi yang disaring,” tulis Harvard Health Publishing.

Jadi, apa artinya ini bagi kamu yang sulit berfungsi sebagai mahluk sosial sebelum menikmati mencangkir kopi di pagi hari? Mungkin mulai mempertimbangkan untuk meminum filtered coffee, dan membatasi konsumsi kopi, yakni maksimal lima gelas per hari.

Selanjutnya: Begini cara menyimpan tomat agar tidak cepat busuk dan rasanya enak.