Pertanyaan #PentingNggakPenting: Tomat Disimpan di Kulkas atau di Lemari Biasa, ya?

menyimpan tomat
Foto: www.stocksy.com

Kabar baik untuk kamu yang pernah berdebat dengan orang rumah—atau tidak bisa tidur nyenyak—karena perihal di mana tempat yang paling tepat menyimpan tomat: di kulkas atau dibiarkan saja bebas di dapur. Hei, bagi sebagian orang ini misteri yang perlu dipecahkan karena menyimpan sayuran dengan benar itu artinya mereka segar lebih lama dan hati tidak perlu tersayat saat melihat tomat busuk. Dan pastinya, tomat adalah sesuatu yang tidak berbahaya ketika kamu ingin melempar sesuatu ke dinding saat sedang emosi.

Di mana Menyimpan Tomat yang Paling Tepat?

Untungnya, sebuah penelitian baru yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Plant Science, menemukan jawaban dari pertanyaan ini. Well, lebih tepatnya, sedikit menyingkap misteri tentang di mana menyimpan tomat yang tepat.

Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Göttingen, di mana kamu menyimpan tomat bukanlah hal terpenting ketika ingin mempertahankan rasanya. Oh.

Untuk menemukan jawaban ini, para peneliti menanam lima jenis tomat yang berbeda dan menyimpannya pada suhu ruangan (sekitar 20°C) dan di kulkas (sekitar 7°C). Kemudian, mereka meminta panel juri yang terdiri dari 12 ahli pancaindera untuk mencicipi rasa tomat.

Hasilnya? Tidak ada perbedaan yang signifikan antara tomat yang disimpan di kulkas dan di suhu ruangan, selama mereka berasal dari varietas yang sama.

Apa Lagi yang Dihasilkan oleh Penelitian Ini?

Penelitian ini memperlihatkan bahwa rasa tidak dipengaruhi oleh di mana kamu menyimpan tomat, melainkan dari jenis tomat yang kamu simpan. Sama seperti jenis sayuran lain, rasa tomat terbaik akan kamu dapatkan ketika tomat sedang musim. Dalam hal ini, di musim kemarau, sekitar Mei sampai Oktober.

Jadi, di mana tempat terbaik menyimpan tomat? Well, jika kamu khawatir tomat akan berubah benyek di kulkas, maka taruh saja di meja dapur. Sebaliknya, jika meletakkan tomat di atas meja membuatnya lebih cepat matang, simpan di kulkas.

Dan jika kamu ingin tomat yang manis, pilih tomat ceri, tomat anggur, dan tomat yang ada tangkainya. Untuk yang dengan rasa sedikit manis dan asem, pilih tomat bistik. Dan jika kamu ingin mencari tomat asem (seperti hidup), pilihlah tomat hijau.

Selanjutnya: Dan ini daftar makanan sehat yang wajib selalu ada di rumah, menurut ahli dari Harvard.

podcast button