10 Makanan Sehat Ini Wajib Ada di Rumah untuk Situasi Darurat, Kata Ahli dari Harvard

sejumlah makanan sehat
Foto: www.gettyimages.com

PSBB, social distancing, physical distancing dan karantina mandiri bisa membuat kita kesulitan untuk belanja makanan segar tiap hari. Dan akhirnya, kita berpotensi mengonsumsi makanan yang kurang sehat (hello, makanan instan dan junk food!). Oleh karenanya, untuk menghindari hal tersebut jarang terjadi, ada baiknya kita memastikan sejumlah makanan sehat selalu tersedia di rumah.

Mengapa Perlu Memiliki Stok Makanan Sehat di Rumah?

Untuk itu: “Pastikan pasokan bahan-bahan makanan serba guna selalu ada, sehingga kamu tetap bisa menyiapkan masakan sehat,” kata Emily Gelsomin, seorang ahli gizi dari rumah sakit afiliasi Harvard, Massachusetts General Hospital, kepada publikasi Harvard Health Publishing.

Seberapa banyak sebaiknya persediaan makanan sehat ini ada di rumah? Tergantung situasimu. Gelsomin menyarankan untuk menyimpan persediaan untuk konsumsi beberapa hari. Dan pastikan untuk memeriksa persediaan makanan sehat ini secara teratur, sehingga kamu tahu mana yang harus distok kembali.

Pasalnya, “tujuan melakukan ini adalah memastikan persediaan sejumlah makanan sehat tetap ada kapan pun kamu membutuhkannya,” jelasnya.

Apa Saja Makanan Sehat yang Sebaiknya Selalu Ada di Rumah?

Apa saja makanan sehat yang disarankan oleh Gelsomin untuk selalu ada di rumah? Berikut daftar lengkapnya.

  • Sayuran. Usahakan untuk menyimpan berbagai jenis sayuran dengan berbagai warna, bayam, wortel, kacang-kacangan, dan tomat. Dan tidak ada salahnya membeli sayuran beku atau membekukan sayuran-sayuran tersebut.
  • Buah-buahan. Pastikan menyediakan buah kering atau buah beku di rumah.
  • Tumbuhan polong. Polong-polongan adalah sumber protein, serat dan karbohidrat yang baik.
  • Ikan dan daging kaleng. Batasi jumlah daging kaleng yang disimpan dan perbanyak ikan kaleng, seperti tuna.
  • Gandum utuh. Seperti oatmeal, roti dan pasta yang terbuat dari gandum utuh, beras merah dan quinoa.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian. Jenis makanan ini juga kaya akan protein dan serat. Oleh karenanya, pastikan menyediakan kacang-kacangan di dalam rumah.
  • Susu. “Susu sapi adalah sumber protein yang tidak mahal dan bisa dibekukan,” kata Gelsomin. Untuk yang vegetarian atau vegan, pastikan kamu menyimpan susu dari tumbuhan seperti susu kedelai, oat dan almond yang biasanya rendah protein tapi diperkaya dengan nutrisi lain, seperti kalsium.
  • Lemak sehat tak jenuh. Pakai minyak zaitun atau minyak kanola untuk menumis.
  • Kaldu sup. Dengan bahan makanan ini, kamu bisa membuat masakan lebih enak dan bergizi.
  • Bumbu dapur. Pastikan semua bumbu dapur kesukaanmu—cabe, kunyit, jahe, daun kemangi, dan lain-lain—tersedia sepanjang waktu di rumah.

Selanjutnya: Dan jika pandemik membuatmu susah buang air besar, coba konsumsi sejumlah makanan sehat ini.

podcast button