Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Saat Ciuman?

saat berciuman
Foto: www.unsplash.com

Peringatan: di era pandemik ini, hati-hati berciuman dengan orang lain—terutama jika orang tersebut baru kamu kenal. Sementara itu, jika kamu sudah menikah atau tinggal dengan pasangan tetapmu—silakan saja (dengan catatan kalian berdua sehat). Oke, setelah memberitahukan peringatan tersebut, ini jawaban tentang berapa kalori yang terbakar saat berciuman.

Yep, kondisi 24/7 bersama pasangan, menghabiskan dan melakukan banyak kontak fisik, membuat kita bertanya-tanya berapa kalori terbakar karena ciuman.

Tergantung.  Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang kardiolog bernama Joseph S. Alpert ciuman yang melibatkan lebih dari kecupan bibir—bisa membakar 2 sampai 3 kalori per menit. Ehm, sedikit, ya.

Eits, jangan sedih dulu. Alpert mengestimasi bahwa jika kamu dan pasangan berciuman secara intens maka sebanyak 26 kalori bisa terbakar dalam setiap menitnya. Mungkin yang dimaksudkan dengan “intens” adalah seperti adegan tembok di Another Oh Hae Young atau ciuman-berlumur-air-hujan di film Notebook.

Kok bisa ciuman membakar kalori? Alpert menuliskan bahwa ketika kamu melakukan kontak fisik ini, otot-otot ikut bergerak. Ini artinya, meski ciuman tidak bisa disebut “olahraga”, tapi ketika berciuman tubuh membakar kalori dengan cara yang sama dengan olahraga. Yakni, melalui pergerakan otot. Alpert menambahkan ciuman intens dan penuh gairah bisa melibatkan 34 otot wajah, sebagian besar ditemukan di orbicularis oris, yaitu otot di sekitar mulut.

Pssst… tidak hanya otot mulut. Posisi juga mempengaruhi jumlah kalori yang terbakar. FYI, sebanyak 112 otot postur (terdapat di panggul, perut, dan punggung) juga bisa ikut terlibat saat berciuman. Meski, memang tergantung pada posisi tubuh (apakah duduk, berdiri, tiduran), dan apakah kamu bergerak. Dengan kata lain, semakin heboh dan panas ciuman, maka semakin banyak kalori yang terbakar.

Phiuuh, kok jadi terasa panas, ya? Anyway, meski ciuman menyenangkan dan bisa membakar kalori, tetap saja tidak memberikan manfaat yang sama seperti yoga atau lari. Jadi, tetap berolahraga, cuci tangan—dan silakan berciuman.

Selanjutnya: ini cara tahu kamu terlalu lelah untuk berolahraga.