Pasangan Sepertinya Mau Putus? Coba Perhatikan Kata-Kata yang Digunakannya

mau putus
Foto: www.freepik.com

Ada yang bilang "tindakan berbicara lebih keras dibandingkan kata-kata"—tapi sepertinya agak tidak berlaku pada pasangan yang mau putus. Faktanya, sebuah penelian terbaru menemukan bahwa pola bahasa spesifik bisa menjadi prediksi putus hubungan bahkan berbulan-bulan sebelum hal tersebut terjadi. Penelitian ini diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences.

Apa yang Dilakukan Penelitian Ini?

Untuk studi ini, para peneliti dari Universitas Texas di Austin meninjau lebih dari satu juta unggahan Reddit dari 6.800 pengguna. Secara spesifik, mereka memerhatikan pengguna yang mengumumkan putus hubungan di saluran subreddit r/BreakUps dan menganalisa unggahan mereka dari satu tahun sebelum dan satu tahun setelah putus.

Penemuannya? Para peneliti menemukan bahwa putus hubungan mulai memengaruhi orang—dan cara mereka berbicara—hingga tiga bulan sebelum hubungan berakhir. Dan efeknya cenderung bertahan hingga enam bulan. Nuh-uh, indikatornya bukan lagu-lagu Adele atau Taylor Swift, tapi kata-kata ganti yang lebih samar.

Apa yang Dikatakan Seseorang Ketika Mau Putus?

Para peneliti ini menemukan orang-orang yang ingin putus mulai menggunakan kata ganti "aku" dan "kami" lebih sering tiga bulan sebelum hubungan berakhir.

Secara keseluruhan, bahasa yang dipakai oleh orang yang mau putus dengan pasangannya, dan juga pihak yang diputuskan, menjadi kurang formal dan lebih personal.

"Ini tandanya bahwa seseorang memiliki beban kognitif yang berat," kata Sarah Seraj, M.S., peneliti utama dan kandidat doktoral psikologi. "Mereka berpikir dan mengolah sesuatu dan menjadi lebih fokus pada diri sendiri."

Intinya, orang yang mengalami depresi atau sedih lebih sering menggunakan kata "saya", jelas Seraj. "Ketika orang depresi, mereka cenderung fokus pada diri sendiri dan tidak terlalu banyak terkoneksi dengan orang lain."

Baca Juga :  Ternyata, Pasangan yang Bertemu Online Juga Serius dan Sepuas Mereka yang Bertemu Nondigital

Bagi mayoritas orang, pola ini mulai memudar setelah enam bulan, sebagian lagi belum kembali normal hingga satu tahun setelah putus. Mereka yang lama move-on setelah putus cenderung menceritakan kembali kisah patah hati berbulan-bulan setelah hal tersebut terjadi. Para peneliti beranggapan kelompok ini mengalami kesulitan untuk pulih.

Bisa mendeteksi kata-kata samar ini bisa membantu orang menyediakan dukungan bagi orang-orang terdekat sebelum, selama dan setelah mereka putus. Dan seandainya kamu terus-menerus memikirkan akhir hubungan ini, begini cara mengatasi overthinking.

Selanjutnya: Perlukah Membuat Mantan Menyesal?