Musik Ini Hanya Butuh 9 Menit untuk Mengurangi Kesedihan, Kata Studi

efek terapis musik
Foto: www.rawpixel.com

Seperti para musisi tahu sesuatu tentang musik saat mengadakan konser daring di era pandemik. Mungkin mereka tahu bahwa musik memiliki efek terapis seperti yang baru ditemukan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Academy of Sound Therapy (BAST).

“Psikologis musik telah membuktikan bahwa musik mempengaruhi kesehatan. Mengacu pada hal tersebut, bukankah hal yang hebat jika kita bisa menyarakan musik untuk membantu kondisi emosi tertentu?” kata penelitian tersebut.

Untuk itulah, para ilmuwan ini mencari tahu jenis musik seperti apa yang bisa menolong kondisi hati seseorang menjadi lebih baik.

Di sebuah pre-trial survei, 89% dari 7.581 orang yang terlibat dalam penelitian ini mengatakan bahwa musik menjadi sesuatu yang esensial untuk kesehatan mereka.

Dan setelah melakukan penelitian, hasilnya: 13 menit adalah waktu yang dibutuhkan untuk membuat seseorang merasa rileks. Musik yang memiliki efek ini digambarkan sebagai musik dengan tempo pelan, melodi sederhana dan tanpa lirik. Seperti lagu Weightless oleh Marconi Union.

“Subjek penelitian kami melaporkan keuntungan positif dari musik termasuk mengurangi ketegangan otot, menghilangkan pikiran jelas, merasa damai dan puas dan bisa tidur lebih nyenyak,” kata studi tersebut.

Tidak hanya rileks, penelitian ini juga menemukan bahwa mendengarkan musik dengan ritme dan tempo yang cepat dengan lirik bahagia bisa mengurangi kesedihan dalam waktu… 9 menit! Hampir 89% partisipan studi ini mengatakan bahwa musik ceria meningkatkan energi level mereka, 65% mengaku membuat mereka lebih mudah tertawa dan merasa bahagia. Sementara 82% merasa beban berkurang dan lebih memiliki kendali atas hidup mereka.

“Mendengarkan musik saat sedang sedih membuat para pendengar merasa lega, rasa penat berkurang, merasa lebih stabil dan menjadi tidak terlalu fokus pada penyebab kesedihan tersebut,” kata studi ini.

Jadi, dengarkan musik favorit kamu sekarang juga. Di masa pandemik ini, sepertinya kita butuh melakukan hal-hal yang membuat senang. Setuju? Dan ini daftar lagu yang menurut ahli bisa memberikan efek terapis untuk rasa cemas yang melandamu.