Galau dan Ingin Menghubungi Mantan saat Pandemik? Mungkin Ini Alasannya

menghubungi mantan
Foto: www.istockphoto.com

Ada banyak hal yang mendadak ingin kamu lakukan saat pandemik dan bekerja dari rumah, salah satunya: menghubungi mantan. Uh-uh. Dorongan untuk mengirim pesan—bahkan hanya satu emoji (yang pasti bukan terong)—semakin besar. Apa yang sebenarnya terjadi pada dirimu? Ada beberapa kemungkinan, well paling tidak menurut Gwendolyn Seidman, Ph.D., seorang psikolog dari Albright College. Di antaranya:

√ Bekerja dari rumah membuat sulit bertemu calon cinta potensial.

√ Banyak orang (termasuk kamu) merasa kesepian dan bosan saat ini. “Menghubungi mantan bisa menjadi salah satu cara untuk membuat rutinitas monoton lebih menarik,” tulisnya di Psychology Today.

√ Krisis seperti sekarang ini adalah alasan yang tepat untuk menghubungi mantan. Jika kamu selama ini memang mencari-cari alasan untuk menghubungi si mantan yang “the one that got away” dan berharap bisa pacaran lagi—ini adalah saat yang tepat. Atau, apabila kamu hanya ingin bernostalgia. Atau sekadar mengecek apakah dia baik-baik saja—yep, pandemik ini adalah momen yang bisa kamu gunakan.

Apa pun alasan kamu menghubungi mereka, sebelum melakukannya Seidman menyarankan untuk menanyakan hal ini pada diri sendiri: mengapa kamu ingin melakukan kontak dengannya. Apakah karena bosan? Kesepian? Ingin balikan? Iseng?

Lalu, pikirkan respon mantan saat kamu menghubunginya. Apakah dia mungkin menerjemahkan hal tersebut karena kamu ingin kembali, soalnya kamu masih cinta? Atau sebaliknya, kamu tidak punya maksud apa pun, tapi kamu tahu si dia masih sayang.

“Mantanmu mungkin saja sangat responsif saat membalas telepon atau pesan kamu sekarang karena mereka juga merasa bosan atau kesepian. Pastinya, kamu perlu hati-hati untuk membaca situasi dan memastikan kamu tidak membangun harapan palsu atas reuni romantis pasca-pandemi,” tulisnya.

Dan hei, tidak ada yang salah dengan menghubungi mantan pacar selama krisis sepert ini. “… tapi penting untuk memikirkan secara matang motif dan apa yang kamu harapkan dari hal tersebut, juga kemungkinan respon mantanmu,” sarannya.

Selanjutnya: ini mengapa pandemik momen yang tepat menggunakan aplikasi online dating.