Untuk Pertama Kalinya, Ilmuwan Berhasil Memetakan Mikroba Vagina

Foto: www.unsplash.com

Yep, zaman sudah super canggih, tapi baru pertama kalinya para ilmuwan sukses memetakan gen mikroba vagina. Namanya, peta VIRGO, atau human vaginal non-redundant gene catalog. Dengan keberhasilan ini, harapannya adalah dunia medis bisa membantu mendiagnosa dan akhirnya, mengobati penyakit vagina.

Sebelum ini, memang sudah diketahui bahwa mikroba memegang peranan penting dalam penyakit vaginal, tapi sifatnya masih sangat terbatas. Terutama untuk membantu pengobatan infeksi vagina dan beberapa tipe STD (sexually transmitted diseases) tertentu. irth. Dengan penemuan tim dari University of Maryland School of Medicine (UMSOM) ini, para tenaga medis sekarang sudah memiliki database referensi yang berkaitan dengan kesehatan wanita. Para peneliti ini memperkirakan bahwa database ini terdiri dari 95 persen dari semua gen yang ditemukan di mikroba vagina, dan bisa diterapkan pada perempuan di Amerika Utara, Afrika dan Asia.

FYI, peta VIRGO ini merupakan hasil dari penelitian data lama dan panjang terhadap mikroba vaginal, yakni berlangsung selama 10 tahun dan melibatkan 200 perempuan. Dan peta ini sudah digunakan untuk mempelajari lebih dari 1.500 genom vagina. Dan penemuan dari penelitian ini luar biasa.

Salah satunya, ternyata bakteri pada vagina lebih beraneka ragam dari perkiraan kita selama ini. Dan perempuan memiliki bakteri yang berbeda-beda. Dan Lactobacilus bukan satu-satunya yang bertanggung jawab dalam mengoptimalkan kesehatan manusia. Sebagai informasi, Lactobacillus acidophilus adalah sejenis bakteri yang ditemukan di usus dan memiliki peranan penting dalam kesehatan manusia.

Dan seperti yang disebutkan tadi, penemuan ini merupakan sebuah gebrakan hebat karena akan membantu para ahli kesehatan untuk lebih mengerti lagi tentang mikroba vagina. Ini artinya, mereka juga akan bisa mengetahui bagaimana mikroba bisa membantu atau melukai bakteri vaginosis, STI (sexually transmitted infections) dan bahkan kelahiran prematur.

Wah, hebatnya! Kita tunggu saja perkembangan peta VIRGO ini dan bagaimana penemuan bisa membantu wanita mengoptimalkan kesehatan diri.

Selanjutnya: ini metode olahraga yang sangat dianjurkan untuk pemula.