Yeeey, Sarapan Porsi Besar Bisa Membakar Kalori Dua Kali Lebih Banyak!

Foto: www.gettyimages.com

Ini kabar gembira untuk kamu yang selalu makan banyak saat sarapan. FYI, makan sarapan porsi besar dibandingkan makan malam—bisa mencegah obesitas dan gula darah tinggi.

Yeaaay!

Penelitian baru yang diterbitkan di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism ini mendapatkan kesimpulan ini setelah melakukan studi laboratorium selama tiga hari pada 16 orang laki-laki. Di hari pertama, partisipan ini mengonsumsi sarapan rendah kalori dan tinggi kalori saat makan malam. Selanjutnya, di hari yang berbeda, pola ini ditukar. Dan mereka menemukan DIT (diet-induced thermogenesis) meningkat 2,5 kali lebih tinggi di pagi hari dibandingkan malam hari. Ini artinya, mereka yang makan sarapan porsi besar akan membakar kalori dua kali lebih banyak dibandingkan makan malam porsi besar.

Sebagai informasi DIT adalah sebuah proses di mana tubuh kita mengeluarkan energi ketika kita mencerna makanan. Energi ini digunakan menyerap, mencerna, menyalurkan dan menyimpan nutrisi. DIT bisa digunakan sebagai indikator apakah tubuh metabolisme kita bekerja dan kondisinya berbeda-beda, tergantung pada waktu makan.

Jadi, apakah ini artinya bagi pecinta sarapan porsi besar?

“Hasil penelitian kami memperlihatkan bahwa makanan dimakan saat sarapan, terlepas dari jumlah kalorinya, menghasilkan DIT dua kali lebih tinggi dibandingkan jika makan makanan yang sama saat malam,” kata Juliane Richter, M.Sc., Ph.D, dari Universitas Lübeck di Jerman. Akibatnya, konsentrasi insulin dan gula darah yang tinggi berkurang setelah sarapan dibandingkan saat makan malam. “Penemuan ini sifatnya signifikan untuk semua orang karena menegaskan pentingnya makan cukup saat sarapan,” lanjut Richter.

Satu lagi: jika sarapanmu rendah kalori, maka selera makanmu, terutama untuk makanan yang manis-manis, meningkat!

Dengan kata lain, disarankan agar orang sehat dan yang memiliki obesitas untuk mengonsumsi sarapan dalam porsi besar, bukan saat makan malam. Hal ini berfungsi “untuk mengurangi berat badan dan mencegah penyakit metabolisme,” tegas Richter.

Silakan diingat, dicatat dan bila perlu dilakukan, ya. Dan ini petunjuk agar bisa makan sehat dengan mudah setiap hari tanpa menderita.