5 Manfaat Daun Sirsak Dan Buahnya Untuk Kesehatan

manfaat daun sirsak bagi kesehatan
Foto: www.freepik.com

Sirsak adalah buah populer dengan rasa yang lezat dan menyegarkan. Selain buahnya yang memiliki kandungan nutrisi tinggi, ternyata ada manfaat daun sirsak yang baik untuk kesehatan.

Terus gulir artikel ini sampai habis untuk melihat berbagai manfaat daun sirsak dan buahnya, serta bagaimana cara menambahkan sirsak ke dalam pengaturan pola makan yang tepat.

Apa Itu Buah Sirsak?

manfaat daun sirsak bagi kesehatan
Foto: www.freepik.com

Sirsak atau yang memiliki nama lain graviola atau annona muricata, merupakan buah yang dapat tumbuh subur di daerah tropis.

Meski terdapat duri di bagian kulitnya yang berwarna hijau gelap, buah ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang kuat, bahkan terkadang sedikit asam.

Kebanyakan orang akan memakan sirsak secara langsung dengan memotongnya menjadi dua. Biasanya ukuran dari buah ini sangat bervariasi, mulai dari yang kecil hingga sangat besar.

Menariknya, hampir semua bagian dari pohon sirsak memiliki manfaat kesehatan, termasuk buah, daun, dan batangnya. Sehingga tidak heran jika banyak yang memanfaatkannya menjadi obat, memasaknya, atau digunakan langsung ke kulit.

Nutrisi Buah Sirsak

Foto: www.freepik.com

Selain karena rasanya yang nikmat, ternyata buah ini juga memiliki berbagai nutrisi di dalamnya. Berikut kandungan bermanfaat yang ada di dalam satu buah sirsak dengan berat 625 gram:

  • Kalori: 412
  • Protein: 6.3 gram
  • Karbohidrat: 105 gram
  • Serat: 20.6 gram
  • Vitamin C: 129 mg
  • Kalium: 1738 mg
  • Magnesium: 131 mg
  • Tiamin: 0.4 mg

Tak hanya kandungan di atas, sirsak juga mengandung sejumlah kecil niacin, riboflavin, folat, dan zat besi.

5 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan

manfaat daun sirsak bagi kesehatan
Foto: www.canva.com

Berikut sederet manfaat daun sirsak dan buahnya untuk kesehatan tubuh:

Mengandung antioksidan tinggi

Meski buah ini memiliki duri yang tidak begitu tajam, namun ternyata ada banyak manfaatnya untuk kesehatan. Salah satunya adalah mengandung antioksidan tinggi.

Antioksidan ini juga bisa ditemukan di dalam daun sirsak, yang mana dapat membantu menetralkan senyawa berbahaya yang disebut sebagai radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun sirsak dan buah yang mengandung antioksidan ini dapat berperan dalam mengurangi risiko berbagai penyakit. Termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Sebuah studi menunjukkan bahwa sifat antioksidan dalam sirsak mampu secara efektif melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Meski ini sangat menggiurkan, namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan seberapa bermanfaat antioksidan yang terkandung di dalam sirsak untuk kesehatan.

Membantu membunuh sel kanker

Sebuah penelitian yang mengobati sel kanker payudara dengan ekstrak sirsak menunjukkan bahwa buah yang satu ini dapat mengurangi ukuran tumor, membunuh sel kanker, dan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :  Tambahkan Sebagai Topping, Karena Biji Selasih Memiliki Banyak Manfaat

Meski bermanfaat, namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas dari buah sirsak untuk membunuh sel kanker.

Melawan bakteri

Selain sifat antioksidannya, manfaat daun sirsak dan buahnya juga dapat membantu tubuh untuk melawan bakteri. Soalnya, terdapat kandungan antibakteri yang kuat di dalam pohon yang tumbuh di negara tropis ini.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak sirsak dapat membunuh berbagai jenis bakteri secara efektif. Termasuk bakteri strain yang biasanya menyebabkan radang gusi, kerusakan gigi, dan infeksi jamur.

Studi tabung reaksi lainnya menunjukkan bahwa ekstrak sirsak dapat bekerja dengan maksimal untuk melawan bakteri yang menyebabkan infeksi kolera.

Terlepas dari hasil yang menjanjikan, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi potensi efek antibakteri buah yang satu ini.

Mengurangi peradangan

Ketika terjadi cedera, biasanya akan muncul peradangan. Akan tetapi, peradangan juga bisa berubah menjadi kondisi yang kronis dan menyebabkan berbagai penyakit.

Dalam sebuah studi, ekstrak sirsak dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan yang dialami.

Meski penelitian saat ini masih terbatas dan hanya dilakukan pada hewan, oleh karenanya dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas sirsak dalam mengurangi peradangan pada manusia.

Menstabilkan gula darah

Ternyata, sirsak juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Dalam sebuah penelitian, tikus yang mengalami diabetes, disuntik dengan ekstrak sirsak selama dua minggu dan hasilnya kadar gula darah hewan tersebut berkurang hingga lima kali.

Akan tetapi penelitian ini hanya dilakukan pada hewan, sehingga diperlukan adanya penelitian lebih lanjut untuk melihat dampaknya pada manusia.

Cara Mengonsumsi Sirsak

Foto: www.freepik.com

Kebanyakan orang akan langsung memakan sirsak dengan memotong buahnya menjadi dua atau beberapa bagian.

Akan tetapi ada juga yang menambahkan dan mengolahnya menjadi berbagai hidangan, seperti daging buahnya yang ditambahkan ke dalam smoothie. Sementara daun sirsak, biasanya akan diolah dan direbus bersama air, atau bisa juga dijadikan sebagai teh.

Jika ingin mengonsumsi buah sirsak, sebaiknya memilih buah yang telah lunak atau dibiarkan matang selama beberapa hari sebelum memakannya. Jangan lupa untuk membuang biji sirsak, sebab bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Efek Samping Mengonsumsi Sirsak

manfaat daun sirsak bagi kesehatan
Foto: www.canva.com

Meski terdapat berbagai manfaat daun sirsak dan buahnya, akan tetapi sirsak juga bisa menimbulkan efek samping pada tubuh.

Apalagi ketika kamu mengonsumsi daun sirsak secara berlebihan, yang mana bisa menimbulkan perkembangan penyakit, termasuk gangguan hati dan ginjal, serta Parkinson atau penyakit pada sistem saraf.

Kesimpulan

Foto: www.canva.com

Sirsak merupakan buah yang serbaguna, karena memiliki rasa yang segar sekaligus bermanfaat. Jika dikombinasikan dengan pengaturan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat, buah ini akan memberikan dampak baik bagi kesehatan.