5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 18 Desember 2019

Foto: www.canva.com

Hello! Dari mana kamu mengakses dan membaca artikel ini? Tidak perlu minder jika ponselmu bukan iPhone 11 Pro, Samsung Galaxy S10, atau MacBook terbaru. Pasalnya, bahkan Vladimir Putin, yang konon merupakan salah satu orang terkaya di jagat raya, masih memakai komputer biasa dengan Windows XP! Yep, sepertinya stafnya lupa bilang kalau Microsoft berhenti merilis security updates untuk Windows XP sejak April 2014. Oopsss. Jadi, santuy dan woles saja kalau gadget pribadimu masih sama dengan 5 tahun yang lalu. Sudah merasa lebih baik dan mindermu berkurang? Berikutnya, nikmati lima berita penting hari ini.

Salju di Puncak Jaya Papua Diperkirakan akan Hilang dalam Satu Dekade ke Depan.

Hal ini disimpulkan oleh sebuah penelitian yang dilalukan oleh peneliti dari School of Earth Science di Ohio State University. Studi yang dipublikasikan di jurnal National Academy of Science mengungkapkan bahwa gletser yang dulu terhampar seluas 2.000 hektar menyusut menjadi kurang dari 100 hektar. Gletser semakin menurun, sementara pembentukan es sudah tidak terjadi lagi. Dan karena gletser di Papua relatif rendah, maka terancam punah dalam satu dekade atau bahkan lebih cepat. Baca berita lengkapnya di sini.

Gojek akan menghentikan beberapa servis GoLife.

Keputusan ini diambil karena performa GoLife yang stagnan (tidak termasuk GoClean dan GoMassage), empat tahun setelah dirilis pertama kali. Perwakilan GoLife mengatakaan bahwa akan menghentikan servis GoLaundry dan GoDaily per 31 Desember. Sementara GoFix, GoGlam dan Service Marketplace akan berhenti pada pertengahan Januari. Baca berita lengkapnya di sini.

Pemerintah Prancis akan tetap mengimplementasikan rencana reformasi pensiun.

Meski sudah hampir dilumpuhkan oleh mogok kerja dan protes dari organisasi buruh, pemerintah mengatakan akan tetap menjalankan rencana baru tersebut. Hal ini disampaikan oleh Perdana Menteri Edouard Philippe. Menurutnya, unjuk rasa yang dilakukan oleh pihak pekerja adalah sesuatu yang sah dan bagian dari demokrasi tapi tidak akan mengubah posisi pemerintah. Salah satu poin yang ditentang pekerja adalah “usia penting” 64 tahun. Yakni, hanya pada usia itulah para pekerja berhak mendapatkan pensiun, meski secara hukum usia pensiun adalah 62 tahun. Unjuk rasa yang dilakukan pekerja Prancis hampir melumpuhkan berbagai aktivitas umum, termasuk sekolah, kereta dan jadwal penerbangan. Baca berita lengkapnya di sini.

Presiden Samsung Electronics dinyatakan bersalah dan dihukum 18 bulan penjara.

Seperti yang diberitakan oleh Financial Times, Lee Sang-hoon terbukti telah melanggar undang-undang serikat buruh. Menurut jaksa penuntut umum, Lee bersama 24 pejabat Samsung lainnya menggunakan berbagai taktik untuk menghalangi aktivitas serikat pekerja. Mulai dari mengancam memotong gaji sampai membatalkan bisnis dengan perusahaan lain yang mendukung serikat pekerja. Meski keputusan pengadilan ini sepertinya tidak akan mempengaruhi investor, tetapi hal ini dipercaya akan memaksa Samsung untuk memperbaiki budaya kerjanya. Baca berita lengkapnya di sini.

Seorang ahli privasi mengingatkan agar tidak memasang Alexa di dalam kamar.

Hannah Fry yang juga seorang ahli matematika dengan keahlian di bidang teknologi teknologi, mengatakan dirinya sendiri tidak akan memasang smart speaker dari Amazon itu di ruangan pribadinya. Penyebabnya? Alexa menguping pembicaraan pribadi. Itulah sebabnya dia menyarankan untuk menjauhkan Alexa dari beberapa tempat di dalam rumah seperti kamar tidur dan toilet. Sebelumnya, Amazon menyangkal peralatan Echo-nya memata-matai penggunanya. Akan tetapi, awal tahun ini mereka mengakui bahwa karyawannya mendengarkan rekaman suara konsumennya untuk dipakai sebagai data untuk meningkatkan teknologi speech recognition. Amazon bukan satu-satunya yang mengumpulkan rekaman suara. HomePod milik Apple juga melakukan hal yang sama. Baca berita lengkapnya di sini.

Itu lima berita penting hari ini, sementara ini adalah yang wajib kamu baca untuk mencari tahu apakah kamu memiliki bakat seorang pembully.

podcast button