Etiket yang Wajib Kamu Lakukan Setiap Kali Mengunjungi Gim

etiket gim
Foto: www.unsplash.com

Bagaimana resolusi tahun baru kamu tentang lebih rajin mengunjungi gim? Apakah a) semakin rajin, b) hanya saat tidak hujan, atau c) masih dalam tahap mencari sepatu olahraga terbaik? Apa pun jawabanmu, sangat disarankan untuk mengingat dan melakukan aturan ini setiap kali datang gim. Gagal melakukannya, kemungkinan besar kamu menjadi sumber sumpah serapah penghuni gim lainnya. Catatan: daftar ini biasanya tidak dituliskan di mana pun di gim, juga bukanlah sebuah daftar yang komprehensif dan berlaku bagi semua orang. Akan tetapi, paling tidak menjadi sebuah langkah awal agar semua penghuni gim akur. Benar ‘kan, ya? Jadi, untuk semua gym-enthusiasts, berikut adalah etiket gim yang sebaiknya kamu terapkan dari sekarang sampai selamanya.

Kembalikan Alat Angkat Beban ke Tempat Semula

Bahkan jika kamu bukan orang paling rapi sedunia (misalnya, di rumah suka malas melipat baju dan tidak percaya dengan Marie Kondo), jangan bawa kebiasaan ini ke gim. Hanya butuh waktu kurang dari lima menit untuk mengembalikan dumbbell atau kettlebell yang kamu gunakan ke tempuat semula. Ingat: karma berlaku. Kamu tidak mau ‘kan naik darah dan kesal setengah mati karena tidak bisa menemukan 2kg dumbbells favoritmu?

Hindari Memonopoli Treadmill

Bisa diperdebatkan, tapi biasanya treadmill adalah alat sejuta umat, paling favorit dan sering dipakai oleh siapa pun, terutama pendatang baru dan yang sedang malas mencoba bentuk latihan lain. Nah itulah sebabnya, hindari memonopoli mesin ini karena jika kamu melihat ke belakangmu, yep… antriannya sudah panjang.

Jangan Menunggu dan Berkacak Pinggang di Dekat Mesin yang Ingin Kamu Pakai

Ini untuk yang sedang mengantri memakai treadmill atau alat favorit lainnya: hindari berdiri sambil berkacak pinggang dan mengamati orang yang sedang memakai alat tersebut. Serius, kebiasaan ini bahkan akan membuat Thanos kesal. Sambil menunggu orang tersebut selesai, coba melipir dan gunakan mesin terdekat.

Kendalikan Volume Musikmu

Yeah, yeah, kita tahu selera musikmu sangat edgy dan progresif—tapi cukup dinikmati sendiri. Dalam hal ini kamu tidak perlu bersedekah lagu. Jadi, bagaimana kamu tahu bahwa volume musikmu terlalu kencang? Atur volume sesuai yang kamu inginkan, lalu jauhkan headphone dari telinga untuk mengukur kekencangannya. Jika masih terdengar oleh orang lain, itu berarti volumenya perlu diturunkan.

Hindari Menerima Telepon dengan Suara Keras

Seperti prinsip yang di atas, hindari menerima telepon saat kamu sedang menggunakan alat atau menghadiri kelas. Jika pembicaraan di telepon itu memang harus terjadi, menjauhlah dari treadmill atau alat lain supaya bisa dipakai orang lain. Dan jangan lupa: kendalikan suaramu. Oh satu lagi: duduk di atas mesin olahraga sambil main Instagram juga bukan kebiasaan terpuji. Lakukan itu saat kamu sedang duduk di kafe.

Selalu Lap Alat yang Baru Saja Kamu Gunakan

Selalu. Lakukan. Bukan berarti kamu menjijikkan. Akan tetapi, meninggalkan alat di gim dengan cucuran keringatmu di atasnya—adalah sesuatu yang jorok. Sebagian besar gim biasanya menyediakan tisu dan semprotan antiseptik untuk dipakai membersihkan setiap mesin yang baru saja dipakai. Manfaatkan teknologi dasar ini.

Hindari Memakai Parfum

Para pengunjung setia gim pasti tahu bahwa ada banyak begitu aroma menguar dari dan di sekitar ruangan gim. Jadi, akan sangat membantu jika kamu menyemprot parfum kesayangan dan mahal itu hanya setelah mandi dan keluar dari gim.

Itu adalah etiket gim, sementara ini adalah etiket saat mengirim email yang harus diketahui semua profesional.

podcast button