Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Kecap Inggris dan Kecap Ikan

kecap inggris
Foto: www.rawpixel.com

Saat belanja di supermarket, mungkin kamu sering menemukan kecap inggris di deretan saus yang dapat menambah rasa pada hidangan. Jenis kecap yang satu ini ternyata dapat memiliki aroma yang khas dan bisa memberikan rasa gurih pada masakan.

Berkat kandungan ikan yang difermentasi, membuat kecap yang satu ini menjadi salah satu bahan yang populer untuk digunakan. Berikut jenis-jenis dari kecap inggris, serta perbedaannya dengan kecap ikan dan kecap asin yang perlu kamu ketahui.

Apa Itu Kecap Inggris?

kecap inggris
Foto: www.freepik.com

Kecap inggris atau yang dikenal dengan sebutan saus Worcestershire ini merupakan fermentasi dari cuka yang dibumbui dengan ikan teri, tebu, asam, bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya.

Uniknya, kecap yang satu ini memiliki rasa yang gurih, kuat, asin, dan manis dengan bau khas yang dihasilkan oleh cuka yang telah difermentasi selama 18 bulan.

Biasanya, kecap yang memiliki tekstur cenderung encer dengan warna cokelat gelap ini digunakan untuk marinasi daging atau sebagai campuran yang ditambahkan ke dalam salad. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan kecap inggris sebagai bumbu yang ditambahkan ke dalam hidangan, seperti tumis sayuran.

Jenis-jenis Worcestershire

Foto: www.freepik.com

Berikut jenis-jenis kecap inggris yang wajib kamu ketahui

Kecap inggris bebas gluten

Sebagian orang mulai mengurangi asupan gluten, sehingga alasan tersebut membuat produsen kecap inggris menggunakan cuka putih suling sebagai bahan utamanya. Sebab, cuka malt yang umumnya digunakan sebagai Worcestershire mengandung gluten.

Untuk memastikan produk kecap yang kamu pilih telah bebas dari gluten, ada baiknya untuk memeriksa label komposisinya terlebih dahulu.

Kecap inggris vegan

Selain cuka, bahan utama yang digunakan dalam kecap yang satu ini adalah ikan teri. Namun pada Worcestershire vegan, ikan teri ini dihilangkan. Biasanya keterangan ini akan ditampilkan dengan jelas pada label komposisi.

Worcestershire sodium rendah

Untukmu yang sedang menjalankan diet rendah sodium, atau memang tidak menyukai rasa asin, maka tidak perlu khawatir. Karena saat ini terdapat beberapa merek yang telah memproduksi kecap inggris dengan kadar sodium yang lebih rendah.

Cara Memilih Saus Worcestershire

kecap inggris
Foto: www.canva.com

Cara terbaik untuk memilih saus Worcestershire adalah dengan mencicipi berbagai merek dan varietas atau jenisnya. Selain itu, kamu juga bisa bereksperimen dengan menambahkannya ke dalam resep, sama seperti menggunakan kecap manis, saus tiram, atau kecap ikan. Berikut cara memilih kecap yang terbuat dari ikan teri ini:

Pilih berdasarkan bahan kandungan

Umumnya, kecap inggris mengandung cuka, molase, ikan teri, bawang merah, bawang putih, serta bahan-bahan lainnya. Karena memiliki bahan alami di dalamnya, hal ini juga membuat Worcestershire mengandung sejumlah vitamin dan mineral.

Tak jarang, beberapa produsen juga menambahkan pengawet, pewarna, dan pengental, sehingga sebaiknya kamu memeriksa terlebih dahulu terkait bahan dan komposisinya.

Pertimbangkan bahan kemasannya

Sebagian besar produk kecap ini dikemas dalam bentuk botol, baik itu terbuat dari plastik maupun botol kaca. Untuk yang terbuat dari plastik, kemasannya akan sangat ringan dan tidak mudah pecah.

Namun kemasan botol kaca biasanya dianggap lebih berkualitas dan bermanfaat untuk kesehatan. Karena kemasan tersebut tidak akan mengubah kualitasitas produk.

Pertimbangkan ukuran kemasan

Jika ini pertama kalinya kamu akan mencoba Worcestershire, maka ada baiknya memilih kemasan yang berukuran kecil. Sebab, semakin lama kamu menyimpan kecap ini, maka aroma dan rasa yang dihasilkan akan lebih kuat.

Perbedaan Kecap Inggris dan Kecap Asin

Foto: www.unsplash.com

Meski keduanya merupakan hasil dari fermentasi, akan tetapi kecap asin merupakan fermentasi dari kedelai dan gandum. Sementara kecap inggris terbuat dari cuka dan ikan teri yang difermentasi, sehingga menghasilkan rasa yang asin, manis, dan gurih.

Dari segi tampilan, keduanya memiliki warna dan tekstur yang hampir serupa. Kecap asin memiliki warna cokelat tua yang pekat dan tidak tembus cahaya. Sedangkan kecap inggris berwarna cokelat gelap dan cenderung lebih encer.

Namun kedua kecap ini memiliki aroma yang hampur berbeda. Biasanya kecap asin beraroma tidak terlalu kuat, sementara kecap yang berasal dari fermentasi ikan ini akan menawarkan bau yang khas dan cenderung lebih kuat.

Perbedaan Kecap Inggris dan Kecap Ikan

kecap inggris
Foto: www.canva.com

Sebenarnya, kandungan dari kecap ikan dan saus Worcestershire hampir sama, karena terbuat dari fermentasi ikan teri. Akan tetapi kecap inggris memiliki tambahan cuka, molase (tetes tebu), bawang merah, dan bawang putih, sehingga rasanya jadi lebih kaya.

Selain itu, saus Worcestershire difermentasikan selama 18 bulan, sedangkan kecap ikan difermentasi hingga dua tahun sehingga rasanya akan lebih kuat. Warna dari kecap ikan juga lebih terang dan bening, sementara saus Worcestershire akan lebih gelap dan encer.  

Biarkan hingga mendidih dan aduk sesekali, selama lima jam atau sampai cukup mengental. Setelahnya, saring saus Worcestershire ke dalam botol kaca dan dinginkan.

Cara Membuat Kecap Inggris Sendiri Di Rumah

kecap inggris
Foto: www.rawpixel.com

Ternyata, sangat mudah untuk membuat saus Worcestershire sendiri di rumah, asalkan kamu memiliki bahan dasarnya. Selain itu jangan lupa untuk bereksperimen dan menyesuaikan rasanya dengan seleramu.

Bahan yang perlu disiapkan adalah minyak zaitun bawang putih dan bombay, jahe, ikan teri, pasta tomat, cengkeh, lada hitam, cabai jalapeno, tetes tebu, cuka putih, jus jeruk, air, lemon, dan jeruk nipis.

Langkah pertama, panaskan minyak zaitun dan tumis bawang bombay di dalam panci besar. Kemudian tambahkan pasta tomat, bawang putih, jahe, dan cabai jalapeno. Lalu masak dengan api sedang-rendah selama lima menit. Selanjutnya tambahkan sisa bahan dan aduk secara rata.

Pengganti Kecap Inggris

Foto: www.canva.com

Karena tidak semua orang bisa mengonsumsi ikan, atau tidak merasa nyaman dengan aroma atau rasanya, maka berikut bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti kecap inggris.

Kecap inggris vegan

Sesungguhnya, terdapat varietas kecap inggris vegan yang bisa kamu konsumsi untuk menghindari kandungan ikan yang ada di dalam jenis saus Worcestershire biasa. Biasanya penyedap rasa ini akan terbuat jamur shiitake dan asam amino bebas yang diekstraksi dari nira kelapa.

Untukmu yang tidak bisa mengonsumsi ikan karena alergi, maka saus Worcestershire vegan merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi.

Rumput laut

Karena tinggi akan asam amino glutamat, menjadikan rumput laut juga memiliki rasa umami pada hidangan. Sehingga tak jarang tanaman ini ditambahkan ke dalam beberapa masakan.

Jenis rumput laut yang kaya akan kandungan glutamate adalah nori dan kombu. Namun untuk pengganti saus Worcestershire, maka kamu bisa menggunakan rumput laut segar dan kering.

Tamari

Di dalam tamari, terdapat air, garam, dan pasta miso yang mengandung kedelai. Sehingga produk ini dapat menjadi salah satu alternatif baik untuk pengganti saus Worcestershire.

Tak hanya itu, kecap ini hanya mengandung sedikit atau bahkan tanda gandum, membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk dikonsumsi ketika kamu menghindari gluten.

Kecap asin

Karena memiliki rasa yang hampir serupa, maka kamu bisa mengganti kecap inggris dengan kecap asin. Sebab, kecap asin tidak mengandung ikan tetapi bahan utamanya adalah fermentasi kedelai dan gandum sehingga aman dikonsumsi untukmu yang menghindari ikan.

Kesimpulan

Foto: www.canva.com

Difermentasikan dari ikan teri dan cuka, menjadikan saus Worcestershire dapat digunakan sebagai penambah rasa pada hidangan. Karena rasanya yang hampir serupa, terkadang kecap inggris sering dianggap sama dengan kecap ikan atau kecap asin.

Meski akan membuat masakan terasa lebih nikmat, namun tidak semua orang bisa mengonsumsinya. Apalagi jika kamu memiliki alergi terhadap ikan.