Apa Olahraga Terbaik untuk yang Malas ke Gim? Coba 5 Tipe Olahraga Ini

jenis olahraga
Foto: www.gettyimages.com

Kamu mungkin bukan orang yang takut berkomitmen dalam hubungan, tapi beda ceritanya jika berkomitmen dengan gim dan olahraga. Kata “serius” jarang muncul dalam kamus perolahragaanmu. Kamu berolahraga agar sehat dan baju tetap pas di badan. Jika mau jujur, gim dan kelas-kelasnya membuat bulu kuduk merinding dan rambut seperti dijambak. Jadi, jenis olahraga yang paling tepat untukmu?

Berita baik: ada jenis olahraga untuk kamu yang malas ke gim. Dan berita yang kurang baik: tetap melibatkan komitmen dan bergerak. Meski memang kamu tidak perlu seserius atlet atau memiliki komitmen seteguh pelari maraton.

“Jenis ‘olahraga’ ini sangat baik untuk kesehatanmu. Olahraga ini akan membuat olahraga stabil, meningkatkan keseimbangan dan kemampuan gerak, memperkuat tulang, melindungi sendi, mencegah masalah kendali kandung kemih, dan bahkan menghindari kehilangan memori,” tulis publikasi Harvard Health Publishing.

Jenis olahraga apakah itu? Berikut lima aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Berenang

jenis olahraga
Foto: www.freepik.com

Menurut publikasi ini, berenang termasuk olahraga yang sempurna. “Berenang baik untuk orang yang memiliki artritis karena tidak memberatkan tubuh,” jelas Dr. I-Min Lee, profesor kedokteran di Harvard Medical School.

Penelitian juga menemukan bahwa berenang bisa meningkatkan kesehatan mental dan membuat mood lebih baik. Selain berenang, erobik air juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang suka olahraga air.

Tai chi

jenis olahraga
Foto: www.gettyimages.com

Seni bela dari asal China ini mengombinasikan gerakan dan rilekasi sehingga baik untuk tubuh dan pikiran. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai “meditasi bergerak”. Tai chi, “cocok untuk orang yang lebih tua karena keseimbangan merupakan sebuah komponen penting untuk menjaga kebugaran, dan keseimbangan juga sesuatu yang hilang semakin tua,” kata Dr. Lee.

Latihan Kekuatan

jenis olahraga
Foto: www.rawpixel.com

Satu hal: mengangkat beban tidak akan membuat ototmu membuncah seperti binaragawan, melainkan membuatnya kuat. Dan “jika otot tidak gunakana, kekuatannya akan hilang seiring waktu berlalu,” kata Dr. Lee.

Selain itu, otot juga membantu membakar kalori. “Semakin banyak otot yang kamu miliki, semakin banyak kalori yang dibakar, sehingga lebih mudah menjaga berat badan,” ujarnya. Dan latihan kekuatan juga menjaga kesehatan fungsi otak.

Jika kamu ingin melakukan hal ini, jangan lupa untuk melakukannya dengan benar. “Mulailah dengan bentuk latihan sederhana dan ringan, dengan satu sampai dua pon,” tulis publikasi ini. Untuk mengetahui apakah beban ini ringan, cara mengeceknya: kamu harusnya bisa mengangkatnya tanpa ngos-ngosan sebanyak 10 kali. Lalu tingkatkan berat beban setelah beberapa minggu jika kamu sudah bisa mengangkatnya 12 kali dengan mudah .

Jalan Kaki

Foto: www.rawpixel.com

Jika supermarket atau kantormu bisa ditempuh dengan jalan kaki, cobalah mencapainya dengan berjalan kaki. Aktivitas ini bisa: menjaga berat badan, meningkatkan kesehatan kolesterol, memperkuat tulang, menjaga kestabilan tekanan darah, memperbaiki mood, dan mengurangi penyakit (seperti diabetes dan jantung).

Saat ingin rajin jalan kaki, pastikan sepatu yang kamu pakai nyaman. Mulailah dengan berjalan selama 10 sampai 15 menit. Lalu, tambahkan durasinya, hingga 30 sampai 60 menit.

Latihan Kegel

Foto: www.istockphoto.com

“Latihan ini tidak akan membantu bentuk lebih baik, tapi bermanfaat untuk sesuatu yang sama pentingnya—menguatkan otot dasar panggul yang mendukung kandung kemih. Otot panggul yang kuat bisa membantu mencegah inkontinensia,” tulis publikasi ini. Dan jenis olahraga ini tidak hanya bermanfaat untuk perempuan, tapi juga laki-laki.

Selanjutnya: Dan ini panduan berolahraga saat memakai masker pelindung, menurut dokter.

podcast button