Begini Caranya agar Kamu Tidak Merasa Tersiksa Saat Sedang Diet

Foto: www.gettyimages.com

Social distancing menjadikan kamu mengalami PSBB (pembesaran skala berat badan). Alhasil, dua hari yang lalu kamu membulatkan tekad untuk melakukan diet. Artikel ini khusus untuk kamu yang ingin memiliki berat badan ideal dan berdiet dengan semangat dan bahagia. Baca terus untuk tahu bagaimana agar tidak tersiksa saat melakukan diet dan tetap bisa menikmati makanan (apalagi sebentar lagi Lebaran!) tanpa rasa bersalah.

Kenali Jenis-Jenis Diet 

Foto: www.pixabay.com

Pertama-tama ada baiknya untuk menyegarkan ingatan tentang jenis diet yang eksis di bawah langit Bumi. Leona Victoria, seorang praktisi ahli gizi bersertifikasi, menyebutkan bahwa pada dasarnya ada tiga jenis diet yang cocok untuk manusia, mulai dari yang paling umum sampai yang sedang trendi. “Tiga diet tersebut adalah low fat diet atau moderate protein yang paling umum diterapkan orang, high protein yang biasanya dipakai oleh atlet, dan high fat diet atau keto diet yang dikenal banyak orang,” paparnya kepada LIMONE melalui pesan singkat. Sebelumnya, Leona juga mengingatkan bahwa, “Sekali lagi tidak ada satu diet fit all, [diet yang cocok untuk] masing-masing orang akan berbeda.”

Cari Tahu Metode Diet yang Tepat Untukmu

melakukan diet
Foto: www.rawpixel.com

Berhubung diet mempengaruhi banyak hal (dari fisik sampai mental), ada baiknya untuk mencari tahu metode diet apa yang cocok untukmu. Pasalnya, cara diet yang salah juga dapat membahayakan kesehatan tubuh. Duh! Lantas seperti apa cara menurunkan berat badan yang sehat? “Saya lebih suka dengan cara mindful dieting, yakni kita secara sadar dan percaya bahwa tubuh tahu yang terbaik untuk diri sendiri,” jelas Leona.

Leona menambahkan dengan mengadopsi metode mindful dieting, kita bisa membedakan rasa lapar psikis (lapar mata) dan fisik (lapar karena perut kosong). “Dengan demikian [kita] tidak takut dengan makanan serta tidak terobsesi dengan makanan,” ujarnya. “Alangkah baiknya kalau sudah mengikuti satu jenis diet, jangan gonta-ganti atau cheating yang menyebabkan yoyo diet. Setelah cocok, teruskan saja,” sarannya.

Apa Sebenarnya Penyebab Diet Gagal?

melakukan diet
Foto: www.gettyimages.com

Selain strategi yang salah, ternyata rasa haus bisa menjadi penyebab utama diet gagal. “Saat dehidrasi, nafsu nyemil menjadi meningkat,” ungkapnya.

Faktor kedua adalah gaya pikir seseorang. Dalam artian, meski sudah kenyang, sering kali kita tetap makan, makan, dan makan. Ini acap kali terjadi pada seseorang yang memiliki semboyan hidup, “sayang kalau nggak habis,” katanya. Untuk kamu yang hampir selalu mengalami dilema seperti ini, coba perbaiki kebiasaan makan. Salah satu teknik yang bisa membantumu keluar dari situasi pelik itu adalah dengan mencoba mindful eating tadi, atau makan dengan penuh kesadaran.

Perlukah Sarapan dan Haruskah Melewatkan Makan Malam?

melakukan diet
Foto: www.isotckphoto.com

Tahukah kamu bahwa makan teratur dan tidak melewatkan waktu makan, misalnya sarapan pagi, sangat krusial dalam menurunkan berat badan? Tetaplah memiliki pola makan teratur, tidak perlu melewatkan waktu makan karena itu bisa membahayakan kesehatan. “Justru tidak boleh melewatkan jam makan malam. Ini akan berbahaya bagi penderita diabetes dan asam lambung,” tegas Leona.

“Menu diet yang baik adalah yang membuat tidak membuat kita tersiksa, bisa dilakukan dengan senang hati dan mengikuti isyarat hungry dan satiety dari tubuh,” jelasnya.

Apa Makanan yang Harus Dikonsumsi?

melakukan diet
Foto: www.unsplash.com

Jadi, intinya apa, nih? Ada pernyataan yang bilang bahwa melakukan diet itu tidak hanya tentang mengurangi makan, tapi lebih ke ‘memperhatikan apa yang dikonsumsi dan dimasukkan ke dalam tubuh’. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan, “yang tidak mengandung lemak jenuh dan trans fat karena biasanya hasil proses makanannya akan berlebih,” saran Leona.

Ia juga mengatakan sebaiknya hindari makanan yang tidak memberi kita rasa puas yang tahan lama, seperti makanan yang “tinggi gula ataupun kosong nutrisinya contohnya permen, gorengan, biskuit manis, sirup, bakso maupun makanan yang banyak tepungnya,” bebernya. “Karena tipe makanan seperti ini bisa membuat perut terasa kenyang tapi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga tubuh akan terus mencari makanan lain. Jadi kalori yang masuk pun sia-sia karena kosong nutrisi,” lanjutnya.

Bagaimana dengan makanan favorit? Ia menganjurkan bahwa semua makanan favorit apapun boleh dikonsumsi, asal perhatikan porsinya. “Saat makan, jangan terbawa nafsu. Nikmati perlahan maka rasa puas akan terasa dan tidak overeat,” tambahnya.

Bagaimana dengan Jumlah Kalori dan Kadar Air yang Dibutuhkan Saat Diet?

Foto: www.unsplash.com

Ah, hitung-hitung kalori. Terkadang saat sedang diet, kita terobsesi dengan kalori sehingga membawa kalkulator kemana-mana. Efektifkah ini untuk mengurangi berat badan?

Leona menyebutkan bahwa kebutuhan kalori dan diet akan berbeda pada setiap orang. “Panduan untuk mengurangi berat badan biasanya dikurangi 500-800 kalori per hari dari kebutuhan dasar,” jelasnya. Namun, untuk mengetahui lebih jelas tentang kebutuhan kalorimu yang didasarkan pada kondisi kesehatan dan aktivitas harian, Leona menyarankan untuk menggunakan aplikasi-aplikasi online yang tersedia.

“Sementara untuk kebutuhan air normal adalah 30ml dikali dengan berat badan. Kebutuhan air akan bertambah jika udara panas atau melakukan aktivitas fisik lebih banyak,” terangnya.

Selanjutnya: Ini alasan mengapa kamu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi sebelum memutuskan melakukan diet tertentu.

podcast button